MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tujuan Negosiasi: Arti dan Manfaat Negosiasi

Apasih tujuan dilakukannya Ngosiasi? 

Namun sebelum kita membahas tujuan dilakukannya negosiasi alangkah lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apasih negosiasi itu? 

Pengertian negosiasi menurut Wikipedia Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak-pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. 

Sedangkan  Menurut sumber yang lain yakni dari kamus Oxford, yang dimaksud dengan negosiasi adalah suatu cara yang dilakukan untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi formal.

Jika kita melangkah sedikit lebih jauh dalam bidang Advokasi Negosiasi juga di sebut Lobi hanya saja yang membedakan adalah formal dan informal. 

Dalam bentuk formalnya di sebut Negosiasi, sedangkan informalnya disebut dengan lobi, yang membedakannya adalah jika Negosiasi terikat dengan waktu dan tempat yang ditetapkan, sedangkan lobi dilakukan secara terus menerus tanpa mengenal waktu dan tempat. 

Nah setalah mengetahui apa yang dimaksud dengan negosiasi serta penggolongan dari ngosiasi formal dan informal, maka kita akan masuk ke pembahasan inti yakni Tujuan Negosiasi.

Tujuan Negosiasi: Arti dan Manfaat Negosiasi
(Sumber: Pixabay)

Tujuan Ngeosiasi

Tujuan diadakanya negosiasi adalah untuk mempertemukan dua kepentingan yang berbeda. Dalam sekala besar, negosiasi sangat penting guna mendapatkan titik temu yang kemudian menghasilkan apa yang disebut dengan Memorandum of undersanding (MoU). Negosiasi merupakan tahapan awal sebelum masuk kedalam fase kesepakatan atau masuk dalam fase prakontraktual. 

Dalam buku yang di tulis Budiono, Kusumohamidjojo, 1999, Panduan Negosiasi Kontrak, Grasindo, Jakarta, hal. 9, menjelaskan bahwa Tujuan utama Negosiassi yaitu "Dalam setiap proses negosiasi  sasaran atau tujuan para pihak sebenarnya hanya satu yakni untuk mencapai kata sepakat dari kedua pihak".

Contoh Negosiasi bisa anda baca artikel jurnal ini yang brisikan 10 tahun negosiasi konversi iklim berlalu. Saya rasa jurnal tersebut layak sebagai contoh selain itu juga memiliki manfaat yang baik sebagai sumber bacaan hehe.
Untuk mendukung Tujuan Negosiasi diatas maka saya akan mencoba mendefinisikan tujuan negosiasi dengan pengalaman yang sudah saya alami tentang tujuan pada setiap negosiasi yang saya lakukan. Berikut saya mendefiniskan tujuan negosiasi menjadi 3 yaitu:

1. Tujuan Ngeosiasi yang pertman menurut saya udalah untuk mencapai suatu kesepakatan yang dianggap menguntungkan semua pihak.

2. Tujuan Negosiasi yang Kedua adalah Untuk menyelesaikan suatu masalah dan menemukan solusi dari masalah yang tengah dihadapi pihak-pihak yang bernegosiasi.

3. Tujuan Negosiasi yang Ketiga adalah Untuk mencapai suatu kondisi yang saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang bernegosiasi dimana semuanya mendapatkan manfaat.

Dari ketiga definisi yang saya berikan tersebut saya simpulan bahwa Tujuan Negosiasi tidak lain dan tidak bukan yakni agar mendapatkan hasil kesepakatan yang di inginkan oleh semua pihak.

Setelah membahasa secara detail perihal tujuan negosiasi maka kita akan masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu Manfaat Negosiasi. 

Manfaat Negosiasi

Selain tujuan kenapa harus dilakukannya negosiasi, pasti setelah tujuan itu tercapai akan ada manfaat yang akan didapat bukan. Oleh karena itu, saya juga akan memberikan bebrapa contoh manfaat dari Negosiasi.

Manfaat dari melakukan negosiasi sebenarnya ada banyak, namun pada artikel ini saya hanya akan memberika 3 contoh manfaat negosiasi yang umum di dapatkan oleh semua orang setelah melakukannya.

Pertama, Terjalinannya kerjasama antara satu pihak dengan pihak lainnya untuk mencapai tujuan masing-masing.

Kedua, Adanya saling pengertian antara masing-masing pihak yang bernegosiasi mengenai kesepakatan yang akan diambil dan dampaknya bagi semua pihak.

Ketiga, Negosiasi bermanfaat bagi terciptanya suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang bernegosiasi.

Demikian lah pebahasan mengenai Tujuan,arti dan manfaat dari negosiasi, semoga apa yang saya sampaikan dari sumber-sumber terpercaya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. 

Catatan: Sebelum anda melakukan negosiasi ada baiknya teman-teman memahami terlebih dahulu mengenai Kemampuan dasar Bernegosiasi. 

Kemampuan dasar Bernegosiasi

Berikut ini adalah Tambahan yang akan saya berikan agar dalam setiap negosiasi yang teman-teman lakukan akan berjalan dengan lancar.

Ada 8 hal yang wajib kamu fahami sebelum melakukan negosiasi simak berikut ini:
  • Tajam dalam berpikir
  • Sabar dalam bertindak
  • Dapat beradaptasi dengan baik
  • Memiliki daya tahan
  • Kemampuan sosialisasi yang baik
  • Kemampuan konsentrasi yang baik
  • Memiliki kemampuan artikulasi
  • Punya selera humor yang baik
Nah itu tadi adalah 8 hal yang harus anda kuasai agar negosiasi berjalan dengan baik. Jangan lupa berlangganan  di www.pejuangspd.com agar selalu mendapatkan informasi terupdate dari kami.
Share This Article :
Candra fitriyanto

Mahasiswa matematika namun lebih suka sastra.

5606159572399492275

Subscribe