MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tarekat Syattariyah: Tujuan dan Isi Tarekat Syattariyah

Tarekat Syattariyah?

Tarekat Syattariyah: Tujuan dan Isi Tarekat Syattariyah

Mungakin banyak yang belum mengetahui apa yang di maksud dengan tarekat syattariyat. Seperti yang di tanyakan oleh teman saya kepada salah satu dosen agama di lingkungan kampus tempat saya menempuh pendidikan S1 saat ini, dimana ia bertanya kepada dosen tersebut seperti ini " Pak, Apa sih sebenernya yang dimaksud dengan Tarekat Syattariyah? dan apa tujuan dikembangkannya Tarekat teresbut? Mohon penjelasaannya sambil tersenyum hehe".

Nah, mendengar pertanyaan tersebut dosen yang bersangkutan (yang ditanya) menjawab seperti di bawah ini.

Tarekat Syattariyah adalah aliran tarekat yang pertama kali muncul di India pada abad ke 15. Tarekat ini dinisbahkan kepada tokoh yang mempopulerkan dan berjasa mengembangkannya, Abdullah asy-Syattar.

Awalnya tarekat ini lebih dikenal di Iran dan Transoksania (Asia Tengah) dengan nama Isyqiyah. Sedangkan di wilayah Turki Usmani, tarekat ini disebut Bistamiyah. Kedua nama ini diturunkan dari nama Abu Yazid al-Isyqi, yang dianggap sebagai tokoh utamanya. Akan tetapi dalam perkembangan selanjutnya Tarekat Syattariyah tidak menganggap dirinya sebagai cabang dari persatuan sufi mana pun.

Adapun Isi dari Tarekat Syattariyah sendiri terdiri dari dua garis besar ucap dosen PAI tersebut yang pertama  Hubungan Antara Tuhan dengan Alam, yang kedua Dzikir dalam Tarekat Syattariyah.

Demikian lah pembahasan mengenai Tarekat Syattairyah yang bisa saya berikan, seemua sumber informasi tersebut saya himpun dari penndengaran yang saya tangkap dari penjelasan seorang dosen Pendidikann Agama Islam..

Semoga apa yang saya berikan diatasa dapat bermanfaat bagi saudara-saudar semua aminn..
Share This Article :
Candra fitriyanto

Mahasiswa matematika namun lebih suka sastra.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

5606159572399492275

Subscribe