MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Ruang lingkup pendidikan seumur hidup

Ruang lingkup pendidikan seumur hidup

RUANG LINGKUP PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP
IAIN METRO LAMPUNG

Nama: Candra Fitriyanto
(1801044001)
E-Mail: Candrafitriyanto5@gmail.com

       Ruang Lingkup Pendidikan seumur hidup merupakan sebuah sistem konsep pendidikan yang menjelaskan keseluruhan peristiwa-peristiwa kegiatan belajar menajar yang berlangsung pada kehidupan manusia secara keseluruhan Menurut (Basuki dan miftahul ulum, Pengantar ilmu pendidikan islam (ponorogo: STAIN Po Prees,2007), 157.)

        Pendidikan seumur hidup adalah proses pendidikan berkelanjutan yang berlangsung tanpa batas dan tempatnya. yang dimulai dari lahir hingga akhir hayat. Itulah yang terjadi dalam keluarga, di sekolah, di tempat kerja dan di kehidupan publik. Tujuan pendidikan umur panjang adalah untuk mengembangkan potensi kepribadian manusia sesuai dengan sifat dan esensi, mengembangkan awarnes yang tumbuh dan berkembang.Pengembangan kepribadian manusia dinamis dan dinamis, memperluas dan meningkatkan harapan dan kehidupan manusia. Implikasi program pendidikan umur panjang dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori: pendidikan keaksaraan fungsional, pendidikan kejuruan, pendidikan profesional, pendidikan dalam arah perubahan dan pengembangan dan pendidikan kewarganegaraan dan kematangan berpolitik. (Jannah, Fathul. "Pendidikan Seumur Hidup dan Implikasinya." Dinamika Ilmu 13.1 (2013).)

    Adapun tujuan pendidikan seumur hidup adalah bahwa mengingat proses pertumbuhan dan perkembangan kepribadian manusia bersifat dinamis, maka pendidikan wajar berlangsung seumur hidup umtuk mengembangkan potensi kepribadian manusia sesuai dengan kodrat nya.

   Adapun pengertian pendidikan seumur hidup bertujuan yakni: 1)Mengembangkan potensi kepribadian manusia sesuai dengan urodat dan hakikatnya, yakni seluruh aspek pembawaannya seoptimal mungkin. 2) Dengan mengingat proses pertumbuhan dan perkembangan kepribadian manusia bersifat hidup dan dinamis maka pendidikan sewajarnya berlangsung selama manusia hidup.
           

Karakteristik Pendidikan Seumur Hidup.
  1. Hidup seumur hidup seumur hidup dan pendidikan merupakan tiga istilah pokok yang menentukan lengkap-lengkap dan makna pendidikan seumur hidup.
  2. Pendidikan tidaklah selesai setelah berakhirnya masa sekolah, tetapi merupakan sebuah proses yang berlangsung sepanjang hidup.
  3. Pendidikan seumur hidup tidak berarti sebagai pendidikan orang dewasa tetapi pendidikan seumur hidup mencakup dan memadukan seumur hidup tahap pendidikan.
  4. Pendidikan seumur hidup mencakup pola-pola formal baik kegiatan-kegiatan belajar insidentil.
  5. Rumah memainkan peranan pertama peran yang paling halus dan sangat penting mengikuti proses belajar seumur hidup.
  6. Masyarakat juga memainkan suatu yang penting dalam sistem pendidikan seumur hidup.
  7. Lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah, universitas dan pusat latihan tentu mempunyai peranan penting tetapi semuanya itu hanya sebagai salah satu bentuk lembaga pendidikan seumur hidup.
  8. Pendidikan seumur hidup menghendaki keberlanjutan, kebersambungannya di rensi – dirensi vertikal atau longdinal dari pendidikan.
  9. Pendidikan seumur hidup juga menghendaki keterpaduan dirensi-dirensi horizontal dan kedalam dari pendidikan pada setiap tahap hidup.
  10. Bertentangan dengan lembaga/ bentuk pendidikan yang bersifat elestis pendidikan seumur hidup bersifat universal.
Sumber: 
Share This Article :
Candra fitriyanto

Mahasiswa matematika namun lebih suka sastra.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

5606159572399492275

Subscribe