MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Sebutkan Isi Perjanjian Aqabah !!

Apa saja sih isi dari perjanjian Aqabah?

Perjanjian aqabah adalah sebuah perjanjian yang terbagi menjadi 2 perjanjian yaitu Perjanjian Aqabah ke 1 dan Perjanjian Aqabaah ke 2

Sebutkan Isi Perjanjian Aqabah !!

Disini kami WWW.PEJUANGSPD.COM akan memberikan jawaban sebuah soal "Sebutkan Isi Perjanjian Aqobah!" nah kami akan memberikan jawaban dari dua sumber yang terpercaya yakni dari laman Wikipedia.org serta laman Brainli.co.id.

1.Perjanjian Aqabah Ke 1

Menurut wikipedia perjanjian aqabah 1 adalah Bai'at 'Aqabah I (621 M) adalah perjanjian Nabi Muhammad Sallallahu'Alaihi Wasallam dengan 12 orang dari Yatsrib yang kemudian mereka memeluk Islam. Bai'at 'Aqabah ini terjadi pada tahun kedua belas kenabiannya. Kemudian mereka berbaiat (bersumpah setia) kepada Muhammad. Isi baiat itu ada tiga perkara:

  1. Tidak menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu apapun.
  2. Melaksanakan apa yang Allah perintahkan.
  3. Meninggalkan apa yang Allah larang.

Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam mengirim Mush’ab bin ‘Umair dan ‘Amr bin Ummi Maktum ke Yatsrib bersama mereka untuk mengajarkan kepada manusia perkara-perkara Agama Islam, membaca Al Qur'an, salat dan sebagainya.

Menrut jawaban terferivikasi brainly bahawa "Perjanjian Aqabah 1 adalah perjanjian yang dibuat dengan suku Khazraj di al-Aqabah pada tahun kedua belas sesudah kenabian Muhammad Saw. Perjanjian Aqabah 1 disebut juga dengan Perjanjian Wanita, karena hadirnya seorang wanita dalam perjanjian tersebut. Wanita tersebut adalah Afra binti Abid Ibnu Tsa’labah.:

Pembahasan
Isi perjanjian Aqabah 1 atau Perjanjian Wanita adalah

  1. Kami tidak akan mempersekutukan Allah
  2. Kami tidak akan mencuri
  3. Kami tidak akan berzina
  4. Kami tidak akan membunuh anak-anak kami
  5. Kami tidak akan memfitnah dan menghasut
  6. Kami tidak akan mendurhakai Nabi Muhammad Saw.  

2. Perjanjian Aqabah 2 

Bai'at 'Aqabah II (622 M) adalah perjanjian yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Sallallahu'Alaihi Wasallam terhadap 73 orang pria dan 2 orang wanita dari Yatsrib pada waktu tengah malam. Wanita itu adalah Nusaibah bintu Ka’ab dan Asma’ bintu ‘Amr bin ‘Adiy. Perjanjian ini terjadi pada tahun ketiga belas kenabian. Mush’ab bin ‘Umair kembali ikut bersamanya beserta dengan penduduk Yatsrib yang sudah terlebih dahulu masuk Islam.


Perjanjian aqabah yang ke 2 ini dibuat antara Nabi Muhammad Saw dengan 73 orang penduduk Madinah yang berkunjung Mekkah untuk meminta Nabi Muhammad Saw pindah ke Madinah pada tahun ketiga belas masa kenabian Muhammad Saw.

Jadi isi perjanjian Aqabah 2 adalah persetujuan Nabi Muhammad Saw untuk pindah ke Madinah.

Dalam perjanjian Aqabah 2, Rasulullah Saw. didampingi oleh Abbas, paman beliau yang belum masuk Islam. Abbas berpesan agar suku Aus dan Khazraj dapat menjaga keselamatan Rasulullah Saw., serta berjanji akan membela, menjaga keselamatan Rasulullah  dari serangan musuh dan mendukung segala dakwah Beliau.

Nah itu tadi merupakan Isi dari Perjanjian Aqabah yang kami himpun(Kutip) dari Sumber terpercaya yakni Wikipedia dan juga Brainly. semoga jawaban yang kami berikan di atasa mampu menjawab pertanyaan teman-teman semua mengenai Apa Isi Perjanjaian Aqabah?
Share This Article :
Candra fitriyanto

Mahasiswa matematika namun lebih suka sastra.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

5606159572399492275

Subscribe