MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Definisi Hukum: Pengertian Hukum Menurut Immanuel Kant dan Para Ahli

Definisi hukum - Apa yang dimaksud dengan hukum? Hukum adalah istilah yang mengacu pada peraturan yang mengikat untuk komunitas tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Ada sanski atau hukuman yang diperoleh untuk pelanggar hukum. Jadi apa sebenarnya arti dan definisi hukum menurut pendapat para ahli?

Tujuan hukum adalah menjadi instrumen untuk mencari keadilan. Hukum juga menjamin hak-hak masyarakat sehingga mereka tidak terganggu oleh orang lain. Tanpa hukum, semua orang akan bertindak sesuai keinginan tanpa aturan yang jelas. Karena alasan ini, fungsi hukum juga penting untuk memastikan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat.

Hukum menjadi alat yang bisa digunakan untuk menegakkan dan mencari keadilan. Karena itu, setiap komunitas berhak atas pembelaan di depan hukum. Hukum itu sendiri dapat berupa hukum tertulis atau hukum tidak tertulis. Untuk pelanggar hukum, ada sanksi dan hukuman yang akan dia dapatkan.

Hukum bersifat memaksa, artinya setiap orang harus mematuhinya tanpa kecuali. Umumnya undang-undang dibuat oleh lembaga yang berwenang, misalnya pemerintah suatu negara. Di Indonesia, aturan hukum telah diatur dalam konstitusi seperti UUD 1945, peraturan perundang-undangan, dan sebagainya.

Definisi Hukum: Pengertian Hukum Menurut Immanuel Kant dan Para Ahli

Definisi hukum menurut Immanuel Kant adalah hukum sebagai keseluruhan kondisi dimana kehendak bebas seseorang dapat disesuaikan dengan kehendak bebas orang lain, mematuhi aturan hukum mengenai kemerdekaan.

Penjelasan Hukum Menurut Immanuel Kant dan Para Ahli

Pada kesempatan ini kita akan belajar bersama tentang materi Ppkn. Untuk menambah pengetahuan semua saudara dan saudari, mari kita merujuk pada pembahasan di bawah ini.

Ada beberapa ahli yang menyatakan pendapatnya tentang pengertian hukum, yaitu:
  1. Prof. Mr. E.M. Meyers, mengartikan hukum sebagai semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan.
  2. R. Soeroso, S.H. berpendapat bahwa hukum adalah seperangkat peraturan yang dibuat oleh otoritas dengan tujuan mengatur tatanan kehidupan masyarakat.
  3. Leon Duguit percaya bahwa hukum adalah kode perilaku yang harus dipatuhi oleh masyarakat sebagai jaminan kepentingan bersama.
  4. Utrecht, seorang ahli hukum Indonesia, menjelaskan hukum sebagai seperangkat peraturan yang mengatur kehidupan.

Arti Hukum Menurut KBBI

Pengertian hukum menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah. Hukum juga dapat diartikan sebagai undang-undang, peraturan, dan sebagainya untuk mengatur pergaulan hidup masyarakat.

Definisi Hukum Secara Umum

Pengertian hukum secara umum adalah peraturan yang berupa norma dan sanksi yang dibuat dengan tujuan untuk mengatur tingkah laku manusia, menjaga ketertiban, keadilan, mencegah terjadinya kekacauan. Hukum menjadi pedoman bagi masyarakat dalam bertindak. Masyarakat juga berhak mendapat kepastian dan perlindungan hukum. Terdapat sanksi dan hukuman bagi orang yang melanggar hukum.

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa arti dan definisi hukum menurut para ahli hukum beserta penjelasan lengkapnya, baik dari dalam maupun luar negeri.

Menurut Immanuel Kant: Definisi hukum menurut Immanuel Kant adalah seluruh aturan yang dapat mempertahankan kehendak bebas orang lain. Dengan demikian setiap orang harus menghormati hak dan kebebasan orang lain selama tidak merugikan.

Menurut Plato: Definisi hukum menurut Plato adalah seperangkat aturan yang terstruktur dengan baik dan tertib yang mengikat hakim dan publik.

Menurut Aristoteles: Memahami hukum menurut Aristoteles tidak hanya berarti kumpulan aturan yang dapat mengikat dan berlaku bagi masyarakat, tetapi juga berlaku untuk hakim itu sendiri. Dengan kata lain hukum tidak dimaksudkan dan ditaati hanya oleh masyarakat, tetapi juga harus ditaati oleh pejabat negara.

Menurut Karl Max: Definisi hukum menurut Karl Max merupakan cerminan dari hubungan hukum ekonomi suatu masyarakat dalam tahap perkembangan tertentu.

Menurut E. M. Meyers: Menurut E. M. Meyers, pengertian hukum adalah aturan yang berisi pertimbangan moral yang ditujukan pada perilaku manusia dalam suatu masyarakat dan menjadi referensi atau pedoman bagi otoritas negara dalam menjalankan tugasnya.

Menurut Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja: Arti hukum adalah aturan keseluruhan dan semua prinsip yang mengatur kehidupan sosial dan memiliki tujuan untuk menjaga ketertiban dan memasukkan berbagai institusi dan proses untuk dapat mewujudkan aturan hukum sebagai kenyataan dalam masyarakat.

Menurut Soerojo Wignjodiporeo: Definisi hukum menurut Soerojo Wignjodiporeo adalah aturan hidup yang dibuat oleh manusia untuk menentukan perilaku manusia. Aturan ini bersifat memaksa dan semua warga negara dalam warga negara harus mematuhinya. Jika ada pelanggaran, sanksi akan diberikan dalam bentuk hukuman.

Menurut Benjamin Cardozo: Menurut Benjamin Cardozo, gagasan hukum adalah kegiatan seorang hakim di pengadilan yang terikat oleh tujuan hukum yang merupakan kepentingan hukum.

Menurut Tullius Cicerco: Definisi hukum menurut Tullius Cicerco adalah hasil dari pemikiran atau alasan tertinggi yang mengatur apa yang baik dan apa yang tidak.

Menurut Achmad Ali: Pengertian hukum adalah seperangkat norma tentang sesuatu yang benar dan salah, dibuat dan diakui oleh pemerintah, baik dalam bentuk aturan tertulis atau tidak, terikat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara keseluruhan, dan dengan sanksi bagi mereka yang melanggar norma-norma ini.

Menurut Leon Duguit: Memahami hukum adalah seperangkat aturan perilaku anggota masyarakat, di mana aturan ini harus diperhatikan oleh masing-masing komunitas sebagai jaminan kepentingan bersama dan jika dilanggar akan menimbulkan reaksi bersama terhadap orang yang melanggar hukum.

Menurut J. C. T. Simorangkir: Memahami hukum secara umum adalah semua peraturan yang bersifat memaksa dan menentukan semua perilaku manusia dalam masyarakat, yang dibuat oleh lembaga yang berwenang.

Menurut David M. Trubruch: Definisi hukum secara umum memiliki tiga karakteristik utama yaitu sistem pengaturan, suatu bentuk tindakan manusia, dan bagian yang otonom dan sekaligus dari negara.

Menurut M.H. Tirtaatmidjaja: Hukum adalah keseluruhan aturan atau norma yang harus diikuti dalam berbagai tindakan dan perilaku dalam pergaulan hidup. Bagi mereka yang melanggar hukum akan dikenakan sanksi, denda, kurungan, penjara atau sanksi lainnya.

Menurut Utrecht: Definisi hukum adalah seperangkat instruksi untuk kehidupan (perintah dan larangan) yang mengatur ketertiban dalam masyarakat yang harus dipatuhi oleh anggota masyarakat dan jika dilanggar dapat menyebabkan tindakan dari pemerintah.

Menurut S. M. Amin: Definisi hukum adalah seperangkat peraturan yang terdiri dari norma-norma dan sanksi di mana tujuannya adalah untuk membangun ketertiban dalam pergaulan orang-orang dalam suatu masyarakat, sehingga ketertiban dan keamanan dipertahankan dan dipertahankan.

Menurut Prof. Dr. Van Kan: Arti hukum menurut Van Kan adalah seluruh peraturan kehidupan yang bersifat paksaan di mana tujuannya adalah untuk melindungi kepentingan manusia dalam masyarakat suatu negara.

Menurut Austin: Memahami hukum menurut Austin adalah aturan yang diciptakan untuk memberikan panduan bagi makhluk cerdas oleh makhluk cerdas yang memiliki kekuasaan atas mereka.

Menurut Bambang Sunggono: Pengertian hukum menurut Bambang Sunggono diartikan sebagai subordinasi atau produk dari hasil kepentingan politik.

Menurut Montesquieu: Definisi hukum menurut Montesquieu adalah fenomena sosial dan perbedaan hukum karena perbedaan sifat, politik, etnis, sejarah dan faktor-faktor lain dari tatanan sosial, untuk itu hukum suatu negara harus dibandingkan dengan hukum negara lain.

Demikian lah pembahasan Pengertian Hukum menurut Immanuel kant dan para ahli, semoga apa yang kami berikan bermanfaat bagi teman-teman semua. Silahkan gunakan artikel ini sebagai referensi teman-teman dan jangan lupa share kepada teman teman anda trimaksih....
Share This Article :
Candra fitriyanto

Mahasiswa matematika namun lebih suka sastra.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

5606159572399492275

Subscribe