MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pengertian Negara Menurut Para Ahli Lengakap Dengan Tugas dan Fungsi Negara

Pengertian Negara Menurut Para Ahli Lengakap Dengan Tugas dan Fungsin Negara

Pengertian negara menurut para ahli 

Apa yang dimaksud dengan negara?

Secara umum definisi negara bisa dipenuhi jika terdapat warga, pemerintahan, wilayah dan pengakuan. Meski begitu arti negara bisa didefinisikan lebih luas dari itu. Apakah pengertian negara secara umum?

Secara definisi, negara bukan hanya berarti area wilayah yang ditempati. Ada hal lain juga yang termasuk dalam definisinya. Selain itu juga terdapat fungsi dan tujuan negara, misalnya menciptakan keamanan dan ketertiban bagi warganya atau memastikan terjaminnya hak-hak asasi manusia warga negara.

Sebuah negara dapat terbentuk jika memenuhi syarat-syarat terbentuknya negara. Adapun unsur-unsur negara yang harus ada antara lain adalah warga negara, pemerintahan yang berdaulat, wilayah serta pengakuan dari negara lain. Hal ini harus ada pada sebuah negara.

Ada banyak jumlah negara di dunia saat ini. Saat ini kita hidup di negara Indonesia. Sementara contoh nama negara di dunia lainnya adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Korea Selatan, India, Arab Saudi, Australia, Jerman, Italia, Inggris, Spanyol, Prancis, Amerika Serikat, Kanada dan lain-lain.

Pengertian Negara

Perlu kita ketahui bahwa istilah negara mengacu pada sebuah organisasi yang terdapat sekolompok orang didalamnya. Kata negara adalah terjemahan dari bahasa Inggris yakni state, sedangkan dari bahsa Belanda & Jerman adalah staat, dan dari bahasa perancis yaitu etat.

Semua kata tersebut didapat dari bahasa latin yaitu status atau statum yang artinya suatu kedaan yang tegak dan tetap atau sesuatu yang mempunyai sifat yang tegak dan tetap. Di negara kita Indonesia kata negara di ambil dari bahasa sansekerta yakni nagari atau negara yang artinya wilayah atau penguasa.

Pengertian Negara Secara Umum

Negara adalah  sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan.

Istilah “Negara” diambil dari bahasa “Latin” yakni berasal dari kata “status” atau “statum”, yang berarti keadaan yang tegak serta tetap atau sesuatu yang memiliki sifat-sifat yang tegak serta tetap.

Sedangkan di negara kita Indonesia istilah “Negara” berasal dari bahasa Sansekerta nagari atau nagara yang diartikan sebagai wilayah atau penguasa.

Pengertian Negara secara Terminologi artinya oraganisasi tertinggi di antara suatu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu hidup dalam daerah tertentu dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat.

Arti Kata Negara Menurut KBBI

Pengertian negara menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat.

Definisi negara juga dapat diartikan sebagai kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya

Pengertian Negara Menurut Para Ahli


Berikut ini adalah pengertian  sebuah negara menurut para ahali:

Max Weber
Menurut Max Weber, Negara merupakan suatu masyarakat yang memonopoli penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah).

Harold J. Laski
Pengertian Negara Menurut Harold J. Laski adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat.

Roger H. Soltau
Menurut Roger H. Soltau pegertian Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.

J.J. Rousseau
Menurut J.J. Rousseau pengertian Negara adalah perserikatan dari rakyat bersama-sama yang melindungi dan mempertahankan hak masing-masing diri dan harta benda anggota-anggota yang tetap hidup dengan bebas merdeka.

Bellefroid
Menurut Bellefroid pengertian Negara adalah suatu persekutuan hukum yang menempati suatu wilayah untuk selama-lamanya dan dilengkapi dengan suatu kekuasaan tertinggi untuk menyelenggarakan kemakmuran rakyat sebesar-besarnya.

Roger H. Soltau
Menurut Roger H. Soltau pengertian Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.

Krannenburg
Pengertian Negara menurut Krannenburg adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

Ibnu Chaldun
Pengertian Negara menurut Ibnu Chaldun adalah masyarakat yang mempunyai wazi’ dan mulk (kewibawaan dan kekuasaan).

Mac Iver
Pengertian Negara menurut Mac Iver adalah persembatanan (penarikan) yang bertindak lewat hukum yang direalisasikan oleh pemerintah yang dilengkapi dengan kekuasaan untuk memaksa dalam satu kehidupan yang dibatasi secara teritorial mempertegak syarat-syarat lahir yang umum dari ketertiban sosial

Pendapat Aristoteles
Pengertian negara menurut Aristoteles adalah suatu persekutuan dari keluarga dan desa untuk mencapai kehidupan yang sebaik-baiknya.

Pendapat Plato
Pengertian negara menurut Plato adalah suatu organisasi kekuasaan manusia dan merupakan sarana untuk tercapainya tujuan bersama.

Pendapatt Max Weber
Pengertian negara menurut Max Weber merupakan suatu masyarakat yang mempunyai sebuah monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik yang telah berlaku dalam wilayah tertentu.

Pendapat John Locke
Pengertian negara menurut John Locke merupakan sebuah badan atau organisasi hasil dari perjanjian yang diputuskan masyarakat.

Pendapat Karl Marx
Pengertian negara menurut Karl Marx adalah alat kelas yang berkuasa untuk menindas atau mengeksploitasi kelas yang lainnya.

Pendapat Prof. Mirian Bujiardjo
Arti negara adalah sebuah organisasi dalam sebuah wilayah tertentuk yang dapat memaksakan kekuasaan secara sah kepada selluruh golongan kekuasaan yang lain yang dapat menerapkan tujuan dari kehidupan masyarakat bersama. Artinya, negara adalah sekelompok manusia yang tinggal dalam sebuah wilayah tertentu serta diorganisasikan oleh pemerintah negara yang berlaku yang umumnya mempunyai kedaulatan.

Pendapat Mac Iver
Arti negara menurut Mac Iver adalah persembatanan yang bertindak lewat hukum yang direalisasikan oleh pemerintah yang dilengkapi dengan kekuasaan untuk memaksa dalam satu kehidupan yang dibatasi secara teritorial mempertegak syarat-syarat lahir yang umum dari ketertiban sosial.

Pendapat Ibnu Chaldun
Berdasarkan pendapat Ibnu Chaldun, definisi negara secara umum adalah masyarakat yang mempunyai kewibawaan dan kekuasaan.

Pendapat Roger F. Soleau
Menurut pendapat Roger F. Soleau, arti negara merupakan sebuat sarana atau dapat disebut sebuah wewenang yang mengendalikan dan mengatur masalah-masalah yang bersifat umum dalam kehidupan masyarakat.

Pendapat Hugo de Groot (Grotius)
Pengertian negara menurut pendapat dari Hugo de Groot merupakan ikatan manusia yang inshaf akan arti dan panggilan hukum kodrat

Pendapat Dr. W.L.G. Lemaire
Berdasarkan pendapat Dr. W.L.G. Lemaire, arti negara tampak sebagai suatu masyarakat manusia teritorial yang diorganisasikan.

Pendapat Harold J. Laski
Pengertian negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat.

Pendapat Prof. Mr. Soenarko
Definisi negara berdasarkan Prof. Mr. Soenarko yaitu sebuah organisasi masyarakat yang memiliki wilayah tertentu dimana kekuasaan negara tersebut berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan.

Pendapat Logeman
Pengertian negara versi Logeman adalah organisasi kemasyarakatan yang dengan kekuasaannya bertujuan untuk mengatur dan mengurus masyarakat tertentu.

Pendapat Georg Wilhelm Friedrich Hegel
Negara menurut Hegel adalah organisasi kesusilaan yang timbul sebagai sintesis antara kemerdekaan individu dengan kemerdekaan universal.

Pendapat Roelof Krannenburg
Menurut Krannenburg, pengertian negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

Pendapat Bellefroid
Bellefroid mengemukakan pendapat bahwa negara adalah suatu persekutuan hukum yang menempati suatu wilayah untuk selama-lamanya dan dilengkapi dengan suatu kekuasaan tertinggi untuk menyelenggarakan kemakmuran rakyat sebesar-besarnya.

Pendapat Prof. Mr. L. J. Van Apeldoorn
Pengertian negara dapat didefinisikan sebagai suatu daerah yang didalamnya didiami oleh suatu bangsa di bawah kekuasaan tertinggi.

Pendapat M. Nasroen
Pengertian negara menurut M. Nasroen adalah suatu bentuk pergaulan hidup dan realisasi ide-negara yang muncul dari suatu kemauan umum.

Pendapat Sunarko
Menurut Sunarko, arti negara secara umum adalah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah yang mana kekuasaan Negara berlaku sebagai kedaulatan.

Pendapat Prof. R. Djokosutono, SH
Prof. R. Djokosutono mengungkapkan bahwa negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

Pendapat Leon Duguit
Definisi negara menurut Leon Duguit adalah kekuasaan orang-orang kuat yang memerintah orang-orang lemah dan kekuasaan orang-orang kuat tersebut diperoleh karena factor politik.

Pendapat M. Solly Lubis. SH
Negara adalah suatu bentuk pergaulan hidup manusia yang merupakan suatu komunitas dengan syarat-syarat tertentu, seperti memiliki wilayah, rakyat dan pemerintahan.

Pendapat George Jellinek
Pengertian negara menurut George Jellinek adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah menetap di wilayah tertentu.

Pendapat J.J. Rousseau
Negara adalah perserikatan dari rakyat bersama-sama yang melindungi dan mempertahankan hak masing-masing diri dan harta benda anggota-anggota yang tetap hidup dengan bebas merdeka.

Pendapat Kranwer
Negara menurut Kranwer adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik militer, ekonomi, politik, sosial maupun budaya diatur oleh pemerintah yang berada di wilayah negara tersebut.

Pendapat Dr. Wiryono Prodjodikoro. SH
Negara merupakan suatu organisasi di antara kelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia.

Pendapat Dr. Oeripan Notohamidjojo
Arti negara menurut Oeripan Notohamidjojo adalah organisasi masyarakat yang bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya.

Pendapat Benedictus de Spinoza
Negara merupakan susunan masyarakat yang kesatuan (integral) antara semua golongan dan bagian dari seluruh anggota masyarakat (persatuan masyarkat organis).

Pendapat G. Pringgodigdo, SH
Negara adalah suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan unsur-unsur tertentu, yaitu harus memiliki pemerintahan yang berdaulat, wilayah tertentu, dan rakyat yang hidup teratur sehingga merupakan suatu bangsa.

Unsur-unsur Terbentuknya Sebuah Negara

Unsur-unsur negara merupakan bagian terpenting untuk membangun sebuah negara agar negara mempunyai pengertian yang utuh. Jika satu saja unsur tersebut tidak terpenuhi maka negara tersebut tidak sempurna dan tidak bisa dikatakan negara.

Negara bisa menjadi kokoh apabila didukung oleh setidaknya tiga unsur pokok yakni rakyat, wilayah dan pemerintahan. Namun selain tiga unsur pokok tersebut ada unsur lain yang juga mampu menunjang terbentuknya sebuah negara, yaitu pengakuan dari negara lain.

#Rakyat
Sebuah negara harus mempunyai rakyat yang tetap. Rakyat adalah unsur yang paling penting dari terbentuknya suatu negara. Rakyat menjadi unsur vital dalam pembentukan sebuah negara.

Hal ini disebabkan karena rakyatlah yang merencanakan, mengendalikan, dan menyelenggarakan sebuah negara. Dalam konteks ini rakyat adalah semua orang yang berada didalam wilayah suatu negara serta tunduk pada kekuasaan yang ada pada negara tersebut.

#Wilayah
Adanya suatu wilayah merupakan sesuatu hal yang wajib bagi sebuah negara. Wilayah adalah tempat rakyat yang tinggal dan menetap. Wilayah yang dimaksudkan dalam hal ini meliputi wilayah daratan, lautan, udara, ekstrateritorial, dan batas wilayah negara.

Wilayah adalah unsur vital kedua setelah rakyat. Dengan adanya suatu wilayah yang dihuni oleh manusia maka sebuah negara akan terbentuk.

Tujuan Negara

Tujuan negara secara umum, diantaranya :

  • Mencapai penghidupan dan kehidupan yang aman dan tenteram.
  • Memelihara dan memastikan terlaksananya hak-hak asasi manusia.
  • Memajukan kesusilaan insan sebagai pribadi dan sebagai makhluk sosial.
  • Menciptakan kondisi rakyat agar dapat mencapai keinginan-keinginannya secara maksimal.
  • Mengusahakan terciptanya ketertiban, keamanan, dan ketentraman agar tercapai destinasi negara yang tertinggi, yaitu kemakmuran bersama.

Dalam pembukaan UUD 1945 alenia ke-4 disebutkan bahwa tujuan negara Indonesia, yaitu :

  • Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
  • Memajukan kesejahteraan umum
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa
  • Ikut melaksanakan ketertiban dunia

Fungsi Negara Secara Umum


  • Fungsi Pertahanan dan Keamanan. Negara harus melindungi elemen negara yaitu warga, wilayah dan pemerintah dan mempertahankan kelangsungan hidup suatu bangsa dari segala ancaman, hambatan, dan gangguan, serta tantangan lain yang berasal dari internal maupun eksternal. Contoh: penjaga militer perbatasan negara
  • Fungsi Keadilan. Negara harus menegakkan keadilan bagi seluruh warganya, berlaku adil di depan hukum tanpa diskriminasi atau kepentingan tertentu. Contoh: Seseorang yang melakukan tindakan kriminal dihukum tanpa memandang posisi maupun jabatan.
  • Fungsi Pengaturan dan Keadilan. Negara membuat peraturan perundang-undangan  untuk menjalankan kebijakan dengan adanya landasan yang kuat untuk membentuk tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  • Fungsi Kesejahteraan dan Kemakmuran. Negara harus dapat mengeksplorasi sumber daya alam yang dimiliki dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih makmur dan sejahtera terutama dalam bidang ekonomi dan sosial masyarakat.
Nah Demikian pembahasan mengenai pengertian negara menurut pendapat para hali beserta definisi sebuah negara secara lengkap baik itu fingsi, tujuan sebuah negara.

Semoga pembahasan yang kami rangkum dari berbagai sumber buku maupun situs yang terperya ini mampu menjelaskan pertanyaan apa sih pengertian sebuah negara, tujuan negara, fungsi negara?
Share This Article :
Candra fitriyanto

Pemuda dari desa yang ingin menjadi pebisnis, yang saat ini masi bekuliah di IAIN Metro Lampung Tandris Matematika (alamat: Mujirahayu kecamatan; seputih agung Kab: lam-teng)

5606159572399492275

Subscribe