Skip to main content

Download Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013

Download Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013- Muatan / materi pelajaran Informatika adalah perluasan dan pendalaman Materi Pelajaran TIK yang pada awal diberlakukannya Kurikulum 2013 yang aplikasinya diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran melalui pembelajaran berbasis TIK. Ekspansi dan pendalaman berdampak pada perbedaan mendasar dalam ruang lingkup materi, proses pembelajaran, dan tujuan pembelajaran seperti yang dijelaskan lebih rinci dalam Lampiran A.
Download Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013

Kompetensi informatika tidak hanya menjadikan siswa sebagai pengguna dan konsumen, tetapi lebih menekankan pada kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan mengajukan solusi, kemudian secara kreatif dan inovatif menghasilkan produk teknologi informasi sesuai dengan aturan teknologi informasi, rekayasa perangkat keras, perangkat lunak, dan mengolah data dalam bentuk digital menjadi informasi.

Kompetensi ini meliputi keterampilan digital yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari (life skill), penggunaan teknologi informasi, hingga informasi ilmiah. Proses pembelajaran dilakukan secara bertahap, bertahap, dan berkesinambungan mulai dari SD / MI, SMP / MTs, dan SMA / MA.

Konten informatika berisi seperangkat KI (kompetensi inti) dan KD (kompetensi dasar) yang dirancang untuk memberikan pengetahuan teknologi informasi kepada siswa pendidikan dasar dan menengah. Ketentuan yang dimaksud mencakup kemampuan berikut.

1. Berpikir, yaitu berpikir komputasi yang merupakan dasar dan prinsip pemecahan masalah yang akan dipecahkan dengan bantuan komputer.

2. Bekerja dan dilatih, yaitu kemampuan untuk menggunakan dan menghasilkan produk-produk TIK dan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dalam dunia digital dengan menggunakan fasilitas TIK.

3. Pengetahuan, yaitu kemampuan teknologi informasi yang mengatur lima bidang pengetahuan informatika, yaitu Teknik Komputer, Jaringan Komputer / Internet, Analisis Data, Algoritma, dan Pemrograman, dan Dampak Sosial Informatika.

4. Karakter, yang mampu memanfaatkan teknologi untuk mendukung kehidupan dan berkomunikasi.

Tujuan Metode ini ditulis dengan tujuan membantu semua pemangku kepentingan untuk:

  • memahami pemahaman, ruang lingkup, dan posisi Informatika dalam pendidikan dasar dan menengah;
  • memahami konsep Informatika, konten, dan alat kurikulum;
  • memahami proses pembelajaran yang diharapkan akan dilakukan;
  • mencari tahu kriteria untuk menerapkan sekolah subjek Teknologi Informasi; dan 5. memahami prinsip, tahapan, dan strategi untuk menerapkan Informasi / materi pelajaran di sekolah.

Sasaran  Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013

Tujuan Pedoman ini disusun untuk semua pihak yang terlibat dalam administrasi konten / peta informatika, yaitu: (1) kantor pendidikan provinsi dan kabupaten / kota sesuai dengan kewenangannya; (2) sekolah; dan (3) guru.

Adapun Ruang Lingkup  Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 Sebagai berikut:

RuangLingkup Pedoman Panduan ini untuk implementasi memiliki ruang lingkup sebagai berikut:

  • Pemahaman, ruang lingkup, dan posisi informatika di tingkat pendidikan dasar dan menengah.
  • Ketentuan implementasi.
  • Konten kurikulum informatika.
  • Mekanisme untuk implementasi konten informasi / materi pelajaran di sekolah.
  • Strategi implementasi.

Download Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013

Untuk mengunduh Pedoman Implementasi Kurikulum Konten 2013 / Subjek Implementasi, silakan unduh melalui tautan unduhan berikut: UNDUH

Demikian artikel tentang Pedoman Penerapan materi / Subjek untuk Kurikulum Informasi 2013, semoga bermanfaat bagi Anda semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar