Skip to main content

Mengapa Papua Mendapatkan Otonomi Khusus?

Hai sahabat pejuang S.Pd, mungkin kalian bertanya-tanya ya menganai kenapa papua mendapatkan hak otonomi daerah khusus? Nah untuk menanggapi pertnayaan kalian mengenai kenapa papua mendapatkan otonomi khusus.kami pejuangspd.com akan menjawab pertanyaan sahabat semua.

Mengapa Papua Mendapatkan Otonomi Khusus?

Namun sebelum kita membahas kenapa papua mendapatkan hak otonomi daerah khusus, kami akan terlebih adahulu memberikan apa sih yang di maksud otonomi daerah dan apa tujuan otonomi daerah?

Pengertian otonomi daerah: Otonomi Daerah adalah sebuah kewenangan yang di berikamelalui peraturan perundang undangan kepada daerah untuk membuat kebijakan nya sendiri.

Tujuan otnomi daerah: Otnomi daerah bertujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahtaraan masyarakatmelalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran masyarakat dalam membangun daerah tersebut.

Sumber rujukan; Haris, Syamsuddin. Desentralisasi dan otonomi daerah: desentralisasi, demokratisasi & akuntabilitas pemerintahan daerah. Yayasan Obor Indonesia, 2005.

Kenapa Papua Mendapatkan Otonomi Dareah Khusus?

Papua mendaptkan otonomi daerah khusus bertujuan untuk menutupi bahwa papaua terlalu terekploitasi atau tertinggal dari jakarta, Papua tidak di perhatikan dan untuk mengurangi tensi sparatis guna mencari dudkungan kepada negara lain. Deangan adanya otonomi khusus untuk papua, ketika ada kelompok sparatis yang menginginkan kemerdekaan danreferendum ulang, maka pemerintah mempunyai jjawaban yang kuat. Karena pemerintah hanya tinggal mengatakan bahwa “papua saja sudah di berikan hak otonomi daerah khusus, papua bisa menjalankan roda pemerintahan dengan luas tanapa ada batasan nya" .itu berarti bahwa tidak ada pelanggaran ham di papua itu sendiri.

Nah itu tadi adalah alasan atau jawaban kenapa papua mendapatkan otonomi daerah khusus. jika jawaban yang kami berikan masi kurang tepat untuk kalian maka silahkan tinggalkan komentar di bawah tentang pendapat mu mengenai otonomi khusus yang di berikan kepada papua. sekian terimakasi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar