Skip to main content

Update Terbaru Juknis TPG Madrasah Tahun 2019

Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Provesi Guru (JUKNIS TPG) untuk guru madrasah tahun 2019 telah di keluarkan. keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemenag Nomor; 7263 Tahun 2018 mengenai tata cara penyaluran tunjangan provesi Guru bagi Guru Madrasah tahun 2019. peraturan yang menjadi acuan untuk penyaluran TPG guru Ra dan Madrasah pada tahun 2019 ini sangatlah di nanti-nanti oleh provesi guru RAA dan Madrasah.walau Juknis tersebut telah di tanda tangani pada akhir desember 2018 namun juknis tentang TPG ini baru di publikasikan pada awal februari 2019.
Update Terbaru Juknis TPG Madrasah Tahun 2019


Petunjuk  teknis pembayaran tunjangan profesi guru untuk guru madrasah tahun 2019 ini berisikan tentang cara dalam menghitung dan menetapkan banyaknya kerja guru madrasah yang sudah mempunyai setifikat pendidik sertanomor registrasi guru(NRG) agar tunjangan profesinya dapat di bayarkan. sehingga mampu menjadi dasar dalam penyaluran TPG bagi guru madrasa se indonesia.

Seperti juknis TPG tahun kemarin (2018), juknis tahun ini hampir sama dari segi isi dan sisteamtik yang ada di dalam nya. secara umum sistematis dari juknis ini masi berupa;
  • Bab 1 Pendahuluan 
  • Bab II Besaran dan Sumber Dana
  • Bab III Penerimaan Tunjangan Profesi Guru
  • Bab IV Pembayaran  Tunjangan Profesi
  • Bab V Penutup
Sebagaima yang tercantum pada bagian Bab II Juknis TPG 2019, Besaran tunjangan yan akan di peroleh oleh guru dan juga pengawas madrasah tidak terdapat perbedaan dari tahun sebelum nya.Untuk PNS di berikan tunjangan sebesar gaji pokok perbulan, dan untuk guru non PNS yang inpasing, memperoleh tunjangan yang di sesuaikan dengan golongan ,pangkat,jabatan dan kualifikasi dalam akademik yang di milikinya seperti yang  tercantum pada Sk Inpasing.dan untuk guru non PNS dan bukan Inpasing mendapatkan tunjangan profesi guru sebesar 1,5 juta perbulan nya.

Baca juga: Juknis KTSP RA

Perubahan Ekuivalensi Tugas Tambahan

Berdasarkan juknis penyaluran TPG madrasah tahun 2019, dalam Bab III di utamakan bahwa ,penerima tunjangan profesi guru terdapat beberapa perubahan yang berkaitan dengan pengakuan ekuivalensi tugas tambahan guru. tugas tambahan yang di berkan dengan tujuan agar guru mampu memenuhi beban kerja yang terbagi menjadi dua yakni tugas tambahan dan tugas tambahan lain.

Tugas tambahan guru antaralain dapat dilihat di bwah ini:
  1. Waka Madrasah  Dan Kordinator Bidang Pendidikan (Untuk MI), Ekuivalen 12 JAM TATAP MUKA.
  2. Ka Perpustakaan Satuan Pendidikan, Ekuivalen 12 JAM TATAP MUKA.
  3. Ka Laboratorium / Kepala Bengkel, Ekuivalen 12 JAM TATAP MUKA.
  4. Ketua Program Studi, Ekuivalen 12 JAM TATAP MUKA.
  5. Pembimbingan Khusus Pada Satuan Pendidikan Yang Menyelenggarakan Pendidikan Inklusi Atau Pendidikan Terpadu / Pembina Asrama, Ekuivalen 12 JAM TATAP MUKA.
Sedangakan Tugas tambahan lain guru sebagai berikut:
  1. Wali Kelas, ekuivalen 2 JAM TATAP MUKA.
  2. Pembina OSIS, ekuivalen 2 JAM TATAP MUKA.
  3. Pembina Ekstrakurikuler, ekuivalen 2 JAM TATAP MUKA.
  4. Koordinator PPKB / Koordinator PKG / Koordinator BKK, ekuivalen 2 JAM TATAP MUKA.
  5. Penilai Kinerja Guru, ekuivalen 2 JAM TATAP MUKA.
  6. Guru Piket, ekuivalen 1 JAM TATAP MUKA.
  7. Ketua lembaga sertifikasi profesi pihak pertama, ekuivalen 1 JAM TATAP MUKA.
  8. Pengurus organisasi/asosiasi profesi guru, ekuivalen 3 JAM TATAP MUKA untuk tingkat nasional, 2 JAM TATAP MUKA untuk tingkat provinsi, 1 JAM TATAP MUKAuntuk tingkat kabupaten/kota.
Untuk tugas tambahan lain guru dapat dikomulatifkan dengan batas maksimal 6 Jam Tatap Muka. sedangkan untuk yang mengampu tugas tambahan seperti ka perpustakaan, wakamad dll , dapat menerima tugas tambahan lain namun tidak di hitung dalam ekuivalensinya.

Dari daftar tugas tambahan di atas terpat jenis tugas tambahan baru yaitu seperti pengurus organisasi perofesi guru yang dalam juknis terdahulu tidak tercantum namun sekarang sudah ada.selain itu ada juga perunahan lain yang berkenaan dengan jumlah ekuivalensi beban kerja terutam untuk wali kelas serta pembina pramuka yang pada juknis sebelumnya di akuisi 6 Jam Tatap Muka namun pada juknis 2019 hanya di akui menjadi 2 Jam Tatap Muka.

Berkenaan dengan pemenuhan beban kerja serta ekuivalensi beban tugas tambahan guru di atas, sudah di bahas secara mendetail.

Untuk dapat mengetahui lebih jelasnya terkait dengan kriteria dan tata cara pembayaran tunjangan profesi guru madrasah tahun 2019, maka dapat anda unduh serta mempelajari SK dirjen Pendis Kemenag no.7263 tahun 2018 tentang petunjuk Teknis (JUKNIS) penyaluran TPG Madrasah Tahun 2019 serta lampirannya di bawah ini.

Baca Juga: Juknis PKKM dirjen pendis no 1111 tahun 2019

Download Juknis TPG Madrasah 2019

Agar lebih mudah untuk mempelajari Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Nomor: 7263 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan profesi Guru Bagi Guru Madrasah Tahun 2019. maka kami akan memberikan file JKNIS TPG Madrasah Tahun 2019.

Juknis TPG Madrasah Tahun 2019

FIle Juknis TPG Madrasah Tahun 2019 yang akan saya berikan  terdiri dari 2 bagian sebagai berikut;
  1. SK Dirjen Pendis Kemenag no: 7263 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan profesi Guru Bagi Guru Madrasah Tahun 2019. Unduh ==DISINI==
  2. lampiran berupa Juknis Penyaluran TPG Madrasah Tahun 2019. Unduh ==DISINI==
Mungkin itu saja mengenai Juknis TPG Madrasah 2019 yang dapat saya berikan,semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh semua pihak sehingga tunjangan profesi guru madrasah tahun 2019 dapat di berikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

1.SK Dirjen Pendis Kemenag no: 7263 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan profesi Guru Bagi Guru Madrasah Tahun 2019.


2.lampiran berupa Juknis Penyaluran TPG Madrasah Tahun 2019


Sumber file Download: ayomadrasah.blogspot.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar