Skip to main content

Juknis Penulisan Ijazah Tahun 2019 Lengkap Untuk semua jenjang Pendidikan

Juknis Penulisan Ijazah Tahun 2019


Berkenaan akan segera berakhirnya masa pembelajaran bagi siswa kelas 6 SD/MI, SMP/MTs, Kelas 3 SMA/SMK/MA/MK. Maka pejuangspd.com akan memberikan perihal bagaimana cara pengisian (penulisan ijazah) untuk semua jenjang tingkat pendidikan SD, SMP,SMA lengkap.

Menanggapi bahwabegitu pentignya petunjuk teknis untuk mengisi sebuah ijazah agar tidak terjadi sebuah kesalahan yang tidak kita inginkan, maka sudah sepatunya kita sebagai dewan guru terlebih dahulu mengtahui dan memahami tentang petunjuk teknis dalam pengisian ijazah SD/MI, Ijazah SMP/MTs, SMA/SMK, MA/MK.

Pedoman Bentuk Ijazah, Spesifikasi Teknis, Tata cara dan Mekanisme pengisian Blangko Ijazah pada satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Ini tercantup Pada Surat Keputusan Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah Normor: 0038/D/HK/2019 Yang Berisi Sebagai berikut:

Menimmbang:
  • Untuk menjamin kualitas, keaslian, dan keabsahan Blangko ijazah pada SD,SDLB,SMP, SMPLB,SMA,SMALB, SMK, SILN, SPK maka di perlukan pedoman untuk bentuk, spesifikasi teknis, tata cara pengisinan blangko jazah pada satuan pendidkan dengan peraturan jendral pendidikan yang telah di tentukan.
  • Berdasarkan pertimbangan pada poin a, maka perlu di tetapkannya peraturan direktur jendral pendidikan dasar dan pendidkan menengah mengenai pedoman bentuk, spesifikasi teknis, tata cara pengisian blangko ijazah pada satuan pendidikan dasar dan pendidkan menengah.
Mengingat:

  • Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tcntang Sistcm Pcndidikan Nasional (Lcmbaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301); 
  • Peraturan Pemrintah Nomor l9 Tahun 2005 tentang Slander Nasional Pcndidikan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Pemcrintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor l9 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 45, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5670); 
  • Peraturan Pemerintah Nomor l7 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah bebcrapa kali diubah terakhir dengan Pcraturan Pcmerintah Nomor 66 mhun 2010 tentang Perubahan ates Peraturan Pemcrintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pcngelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2010 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5157); 
  •  Pcraturan Presiden Nomor l4 tahun 2015 tcntang Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (lembaran Negara Tahun 2015 Nomor 15); 
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor l4 Tahun 2017 tentang ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional (lembaran Negara Tahun 2017 Nomor 538);
  •  Peraturan kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Nomor 037/H/EP/2018 tentang Ijazah pada Saman Pendidikan Dasar dan Menengah; 

MEMUTUSKAN: 

Mnetapkan : PEDOMAN BENTUK, SPESIFIKASI TEKNIS, TATA CARA. DAN MEKANISME PENGISIAN BMNGKO IJAZAH PADA SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH. 

Pasal 1
Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan : 

  1. ljazah adalah dokumen resmi yang diterbitkan sebagai pengankuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus dari satuan pendidikan. 
  2. lsian ljazah adalah format baku yang berisi identitas peserta didik, identitas saman pendidikan, pemyataan lulus peserta didik dari satuan pendidikan dan daftar mata pelajaran. 
  3. Satuan Pendidikan adalah satuan pendidikan dasar dan menengah yang meliputj Sekolah Dasar (SD), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama (8MP), Sekolah Menengnh Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Alas Luar Biasa (SMALB), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Saman Pendidikan Kerjasama (SPK), dan Sekolah Indonesia Luar Ncgcri (SILN). 
  4. Belangko ljazah adalah format resmi yang dicetak oleh Pemerintah yang akan digunakan sebagai Ijazah. 
  5. Direktur Jendcral adalah Direktur Jendcral Pendidikan Dasar dan Mcnengah. 
Pasal 2 
Pedoman bentuk, spesiflkasi, tata cara, dan mekanisme blangko ijazah jcnjang pendidikan dasar dan menengah disusun sebagai acuan untuk keperluan:

a. pengadaan blangko ijazah pada direktorat tcknis yang meliputi:

  1. Pencarian referensi; 
  2. Pcnyusunan Harga Perkiraan Sementara; 
  3. Penyusunan Dokumen Pengadaan; 

b.Pengisian Blangko ljazah olch pcmangku kcpentingan.

Pasal 3

  1. Bentuk dan spesikaasi teknis blangko ijazah pads satuan pcndidikan dasar dan pendidikan menengah sebagaimana Lercantum dalam lampiran kesatu yang mempakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direkrur Jenderal ini. 
  2. Tata cara dun mckanisme pengisian blangko ijazah pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan mencegah sebagaimana temantum dalam lampiran kedua yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jenderal ini. 
  3. Isi blangko ijazah pada satuan pendidiknn dasar dan pendidikan menengah sebagaimana tercantum dalam lampiran kedga yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jenderal ini. 
  4. Contoh blangko Ijazah pada satuan pendidikan dasar dan pcndidikan menengah sebagnimana tercantum dalam lampiran kecmpat yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jendral ini

Pansal 4 
Satuan pendidikan yang terbukti mcngeluarkan Bentuk dan Spesinkasi Blangko Ijazah yang tidak sesuai dengan yang diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal ini dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pasal 5
Peraturan Direktur Jenderal Ini mulai berlaku pada tanggal yang telah di tetapkan.

Untuk lebih jelasnya silahkan unduh Juknis Penulisan(pengisian Ijazah) tahun 2019 untuk semua jenjang satuan pendidikan ==SINI==

Demikian lah informasi Juknis Penulisan Ijazah tahun 2019 yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu guru dewan guru. Silahkan share kepada rekan guru seprofesi trimaksih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar