Skip to main content

Ini Dia Juknis penilaian kinerja Kepala Madrasah (SK Dirjen No. 1111 Tahun 2019)

Juknis penilaian kinrja Kepala Madrasah (SK Ditejen No. 111 Tahun 2019)-Perihal telah di keluarkannya Surat keputusan Direktur jendral Pendidikan Islam Kemenag Nomor 1111 Tahun 2019 mengenai Petunjuk Teknis penilaian Kinerja Kepala Madrasah.dikluerkan nya juknis penilaian Kinerja kepala Madrasah ini berkaitan dengan Implementasi PMA nomor 24 tahun 2018 mengenai Kepala madrasah. dan juga perbahan peraturan menteri agama atas PMA nomor 58 tahun 2017 tentang kepala madrasah yang mewajibkan adanya tentang penilaian kinerja kepala madrasah.

Juknis penilaian kinerja Kepala Madrasah (SK Dirjen No. 1111 Tahun 2019)

Apa si yang di maksud Penilaian Kinerja kepala Madrasah(PKKM)?

PKKM adalah suatu tahapan pengumpulan ,pengolahan, analisis, serta interprestasi data mengenai kualitas knerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya.

jika anda bertanya, kapan sih penilaian ini di lakukan? Penilaian terhadap kinerja kepala madrasah akan di lakukan secara berkala pada setiap tahunya dan empatahunan sekali.

Sehubungan dengan di adakannya penilaian kinerja Kepala madrasah tersebut. Direktur jendral pendidikan Islam melaliu instansi Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan madrasah menyusun jukni Penilaian Kinerja Kepala Madrasah(JUKNIS PKKM) yang di tetapkan melalui surat keputusan DIRJEN PENDIS NO 1111 TAHUN 2019.

Sedangkan hal yang di cakup oleh jukni ini terdapat lima hal utama yaitu;

  1. tata cra penilaian kinerja kepala madrasah
  2. ruang lingkup penilaian kinerja kepala madrasah
  3. perangkay penilaian kinerja kepala madrasah
  4. prosedur penilaian kinerja kepala madrasah
  5. Pengendalian, pengawasan, evaluasi dan pelaporan

sebagaimana yang terdapat pada juknis bahwa penilaian kinerja kepala madrasah terdiri dari emat tugas utama sebagai kepala madrasah dan ditambah denbgan satu tugas tambahan sen=hingga menjadi lima komponen sebaga berikut:

  1. usaha pembangunan madrasah
  2. Pelaksanaan tugas manageral
  3. Pengembangan kewirausahaan
  4. Upervesi kepada Guru dan tenaga kependidikan
  5. Hasil kinerja Kepala Sekolah

Dari Kelima kompone di atas terdapat 2 pemagaian masa penilaian yakni empat komponen tugas utama kepala madrasah dinila setiap tahun dan tugas satu tugas tambahan dinila4 tahun sekali.

Pembagian Penilaian Kinerja Kepala Madrasah

1.Untuk penilaian tahunan dilakukan pada awal tahun secara priodik dan pada akhir tahun. dan penilaian ini di lakukan oleh pengawas dengan menggunakan metode penilaian sebagaimana empat komponen utama di atas tadi.

2. Penilaian Kinerja empat tahunan merupaka penilaian kinerja akhir priode jabatan, yang di kalkulasi dari penilaian kinerja tahuna di tambah dengan komponen tambahan. Dan Penilaian ini dilakuka oleh tim penilai kinerja kepala madrasah.

Download SK Ditjen Pendis No.1111 Tahun 2019

Mengingat Begitu Pentingnya JUKNIS PKKM ini, maka sudah seharusnya Kepala Madrasah memiliki JUKNIS Penilaian kinerja kepala madrasah(PKKM) yang tercantum di dalam SK Ditjen Pendis No 1111 Tahun 2019. Dan berikut ini kami berikan JUKNIS PKKM (SK Dirjen Pendis no 1111 tahun 2019).


UNDUH JUKNIS Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (SK Dirjen Pendis no 1111 tahun 2019)
Juknis penilaian kinerja Kepala Madrasah (SK Dirjen No. 1111 Tahun 2019)

==DISINI==

Baca Juga:


Dalam Juknis diatas dimuat secara lengkap perihal kompone beserta indikator penilaian hingga contoh-contoh format perangkat penilaian.

Adapun Tujuan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah dilakukan dengan tujuan untuk melihat kinerja kepala madrasah dalam melakukan tugasnya. Baik dalam membangun madrasah, pengenmbangan madrasah, kewirausahaan, manajemen madrasah dan juga pegawasan terhadap guru dan tenaga kependidikan pada lembaga madrasah yang di kepalainya.

Semoga dengan di berikannya Juknis penilaian kinrja Kepala Madrasah(SK Dirjen No. 1111 Tahun 2019) dapat bermanfaat bagi kepala madrasah semuanya, silahkan unduh agar dapat di gunakan sebagai mana mestinya. trimakasi.

Sumber file Download: ayomadrasah.blogspot.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar