MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Juknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) No. 3 Tahun 2019

Juknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) No. 3 Tahun 2019

PEJUANGSPD.COM Kali ini kana memberikan informasi tentang Petunjuk Teknis atau Juknis BOS2019, Bantuan Operasional Sekolah Reguler 2019 dituangkan dalam Peraturan Menteri Pembelajaran serta Kebudayaan Republik Indonesia No 3 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Permendikbud 3 tahun 2019 ditandatangani oleh Mendikbud Muhadjir Effendy pada bertepatan pada 22 Januari 2019 serta diundangakan oleh Ditjen Peraturan Perundang-Undangan Kemenkumham pada bertepatan pada 25 Januari 2019.


Adapaun hasil intisari dari Petunjuk Teknis BOS 2019:
1.     Latar Belakang untuk meningkatkan akses serta kualitas pembelajaran bagaikan salah satu prioritas pembangunan nasional, butuh mendesak pemerintah wilayah dalam menyelenggarakan pembelajaran untuk warga lewat pengalokasian dana Bantuan operasional sekolah reguler.
2.  Supaya pengalokasian dana Bantuan operasional sekolah reguler setimpal dengan tujuan serta pas target, butuh menyusun petunjuk teknis.
3.      Buat membiasakan dengan kebutuhan hukum warga.

Status


Peraturan Menteri ini mengubah/ mencabut Peraturan Menteri Pembelajaran serta Kebudayaan No 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 No 136).

Isu Pokok Regulasi

Sebagian perihal yang diatur dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019 tentang Peraturan Teknis BOS Reguler 2019 ialah bagaikan berikut:
1.   BOS Reguler dikasih kepada SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), SDLB, SMPLB, SMALB, serta SLB yang didasarkan pada informasi hasil cut off Dapodik pada bertepatan pada 31 Januari serta bertepatan pada 31 Oktober.

2.      Besaran BOS Reguler yang diberikan untuk:
a.    SD sebesar Rp800.000, 00 per 1 peserta didik tiap 1 tahun
b.    SMP sebesar Rp1.000.000, 00 per 1 peserta didik tiap 1 tahun
c.    SMA sebesar Rp1.400.000, 00 per 1 peserta didik tiap 1 tahun
d.    Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebesar Rp1.600.000, 00 per 1 peserta didik tiap 1 tahun
e.    SDLB, SMPLB, SMALB, serta SLB sebesar Rp2.000.000, 00 per 1 peserta didik tiap 1 tahun.
1.      Komponen yang bisa dibiayai oleh BOS Reguler bagaikan berikut:
a.    Pengembangan Bibliotek dengan syarat: Pembelian buku maksimal 20% dari dana BOS Reguler yang diterima buat buku bacaan serta buku non bacaan, kecuali sekolah yang sudah penuhi syarat penyediaan buku layaknya Standar Nasional Pembelajaran (SNP).
b.    Penerimaan Peserta Didik Baru
c.    Kegiatan Pendidikan serta Ekstrakurikuler
d.    Kegiatan Penilaian Pendidikan serta Ekstrakurikuler
e.    Pengelolaan Sekolah
f. Pengembangan Profesi Guru serta Tenaga Kependidikan, dan Pengembangan Manajemen Sekolah
g.    Pemeliharaan Fasilitas serta Prasarana Sekolah
h.    Pembayaran Honor tercantum honor guru dengan syarat
1. SD, SMP, serta SLB yang diselenggarakan oleh pemerintah wilayah sangat banyak 15% serta buat SD, SMP, serta SLB yang diselenggarakan warga sangat banyak 15% dari total BOS Reguler yang diterima
2. SMA serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diselenggarakan oleh pemerintah wilayah sangat banyak 15% serta SMA serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diselenggarakan warga sangat banyak 15% dari total BOS Reguler yang diterima
3.    Guru honor yang bisa dibiayai wajib mempunyai kualifikasi akademik S-1/ D-IV serta menemukan penugasan dari pemerintah wilayah.
i.    Pembelian/Perawatan Perlengkapan Multi Media Pendidikan
j. Penyelenggaraan Kegiatan Uji Kompetensi Kemampuan, Sertifikasi Kompetensi Kemampuan, serta Uji Kompetensi Keahlian Bahasa Inggris Berstandar Internasional, Khusus buat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
k.  Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus (BKK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Praktik Kerja Industri (Prakerin) Praktik Kerja Lapangan (PKL), di dalam negara, Pemantauan Kebekerjaan, Pemagangan serta Lembaga Sertifikasi Profesi P-1, Khusus buat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
l.   Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMALB atau Praktik Kerja Industri (Prakerin)/Praktik Kerja Lapangan (PKL) serta Pemagangan, Khusus buat SLB.

Untuk mendapatkan informasi lebih etailnya silahkankunjungi situs resmi https://bos.kemdikbud.go.id/. Demikian informasi mengenai juknis BOS 2019 yang bisa kami berikan semoga bemanfaat trimakasi.
Share This Article :
Candra fitriyanto

Pemuda dari desa yang ingin menjadi pebisnis, yang saat ini masi bekuliah di IAIN Metro Lampung Tandris Matematika (alamat: Mujirahayu kecamatan; seputih agung Kab: lam-teng)

5606159572399492275