MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Statistika Terapan: Hubungan Statistika Dalam kehidupan Sehari hari

A.Statistika Dalam Kehidupan Sehari hari
Statistika Terapan: Hubungan Statistika Dalam kehidupan Sehari hari

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat dipisahkan dari statistika. Para peneliti menggunakan statitika sebagai alat bantu dalam memahami geiala-gejala yang diamatinya. Statistika membantu para peneliti mampu menyederhanakan kompleksitas suatu gejala sehingga Iebih mudah dipahami oleh pemikiran manusia yang terbatas. Atas bantuan statistika, penemuan-penemuan yang dihasilkan oleh para ilmuwan juga dapat dikomunikasikan ke masyarakat secara kompak, singkat dan akurat.

Seorang manger yang berpacu dengan waktu mungkin merasa enggan untuk membaca laporan survai atau evaluasi yang panjang. Laporan yang disajikan secara kompak, singkat, clan akurat dapat membantu mereka untuk membaca dan mempertimbangkan keadaan obyektif dalam menentukan keputusan dan kebijakannya secara tepat.

Seorang guru di sekolah dituntut untuk menentukan dan melaporkan keberhasilan siswa-siswanya dalam mencapai tujuan-tujuan pembelajaran yang ditentukan. Berbagai informasi yang diperoleh melalui tes dan pengamatan sehari-hari harus dianalisis dan dilaporkan secara singkat dan akurat kepada siswa yang bersangkutan, orang tua, dan pihak-pihak lain yang terkait.

Berbagai informasi di koran, majalah, dan media masa lainnya tidak jarang di sajikan dalam bentuk grafik, tabel,  atau ukuran-ukuran tertentu baik dalam bentuk angka maupun kata-kata. Informasi semacam ini menuntut para pembaca untuk mampu memahami makna lambanglambang itu secara tepat. Kekeliruan penafsiran terhadap lambang-lambang tersebut dapat menimbulkan kesalahpahaman pembaca atas maksud informasi yang disampaikan.

Ilustrasi di atas merupakan beberapa contoh kegunaan statistika dalam kehidupan sehari-hari.

Secara singkat dapat dikatakan bahwa statistika diperlukan dan bermanfaat untuk membantu kita memahami dan menyajikan keadaan objektif yang kita amari. Statistika tidak hanya diperlukan oleh mereka yang bergerak dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, melainkan juga oleh para praktisi di berbagai bidang :ekonomi, hukum, kedokteran, pendidikan, pertanian, politik, psikologi, Teknik , dan lain-lain. 

Oleh karena itu, tidaldah berlebihan jika Jaegcr (1990) sampai pada suatu kesimpulan bahwa statistika tidak dapat dipisahkan dari kehidupan para peneliti, pendidik, manajer, analis olah raga, analis politik, pengusaha, dan hampir semua orang yang terdidik.

Keperluan kita akan statistika tidak jarang berbeda-beda, baik dengan kedalamannya maupun jenis teknilmya. Para peneliti, misalnya, perlu memahami statistika dalam tingkat yang cukup dalam sehingga mampu memilih dan menggunakan teknik statistika untuk berbagai desain penelitian secara tepat. Kadangkala pemahaman peneliti terhadap statistika dapat menyebabkan mereka terjebak ke dalam kesulitan dan kekeliman yang fatal dalam mengambil kesimpulan tentang gejala yang 
ditelusuri.

Sebaliknya, para manajer dan pengambil kebijakan mungkin merasa cukup jika telah mampu membaca graflk, tabel dan ukuranukuran .rtatz'm'k yang disajikan dalam laporan penelitian atau evaluasi. Keperluan mereka untuk memahami statistika mungkin lebih terarah pada logika dan pola berflkir yang mendasari analisis statistik sehingga mereka mampu memahami laporan itu secara tepat tanpa harus mampu menggunakan teknik analisis statistik dengan mngamnya atau dengan bantuan komputer. Sebagian orang mungkin merasa cukup jika telah memahami statistika deskriptif dan menggunakannya untuk keperluan sehari-hari.

Terlepas dari perbedaan keperluan itu, para pemakai statistika perlu memahami pemikiran yang mendasari sedap ukuran statisdk yang dibacanya atau teknik statisdk yang digunakannya. Pemakajan statistika yang bersifat mckanisu'k tidak jammg menimbulkan analisis data yang tidak tepat yang pada gilirannya akan memberikan informasi yang keliru kepada pembuat kebijakan atau keputusan dan masyarakat yang memerlukannya.

Sumber:
Judul: Buku Statistika terapan untuk penelitian
Penulis: Prof. Furqon, Ph.D.
Penerbit:Alfabeta Bandung
Share This Article :
Candra fitriyanto

Pemuda dari desa yang ingin menjadi pebisnis, yang saat ini masi bekuliah di IAIN Metro Lampung Tandris Matematika (alamat: Mujirahayu kecamatan; seputih agung Kab: lam-teng)

5606159572399492275