Skip to main content

Fungsi pancasila sebagai pandangan hidup di indonesia

Fungsi panacasila sebagai pandangan hidup  bangsa memiliki artian bahwa pancasila menjadi petunjuk dan juga pedoman dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. jika pancasila di di jadikan sebagai pandangan hidup, maka pancasila juga berfungsi sebagai pegangan hidup, landasan diri(norma) dan juga menjdi pedoman di smeua aktivitas kehidupan nya. Mulai dari kehidupan di keluarga, masyarakat, serta kehidupan berbangsa dan bernegara. semua aspek kehidupan yang mejadikan pancasila sebagai pandangan hidup, maka semua telah di atur di dalam UUD 1945 dan Pancasila yang menjadi dasar bangsa indonesia.

Fungsi pancasila sebagai pandangan hidup di indonesia

Sebelum membahasa apa saja fungsi pancasila, kami akan sedikit bercerita tentang kejadian yang cukup memalukan dan tidak di sangka-sangkat yang terjadi si sebuah acara televisi. Pada saat itu ada seorang anggota DPR yang ditanya tentang bunyi pancasila untuk sila yang keempat, dan tidak di sangkah bahwa anggota DPR tersebut tidak hafal dan juga salah dalam menjawab pertanyaan mengenai pancasila dengan sila yang keempat tersebut.

Hal tersebut bisa dibilang sangat miris sekali karena seorang angggota komponen negara yang bekedudukan hampir sama dengan presiden tidak megtahui bahkan tidak hafal bunyi sila ke empat.
Kami para mahasiswa terus bertanya-tanya, sebuah pancasila saja tidak hafal, lantas bagaian kepemimpinannya? Padahal teks pancasila sudah kita pelajari dan hafal dari sejak kecil mulai dari PAUD, SD,SMP,SMA bahkan perguruan tinggi, namun anggota DPR tersebut tidak hafal bunyi teks pancasila hmmm.

Fungsi Panca Sila sebagai pandangan hidup

Fungsi pancasila sebagai pandangan hidup di indonesia

Setelah kita membahas pancasila di atas bahwa pancasila bisa di sebut pandangan hidup yag mampu mewujudkan pencerminan dari keperibadian bangsa yang luhur ini. Dan berikut adalah fungsi pancasila sebgai pandangan hidup.
  1. Pancasila berfugsi sebagai petunjuk untuk menyelesaian berbagai macam persoalan yang ada pada masyarakat indonesia.
  2. Pancasila dapat di gunakan sebagia petunjuk untuk menyelesaikan persoalan budaya, agama, sosial, ekonmi serta politik.
  3. Denga menggunakan pancasila, bangsa indonesi mampu membangun jati diri dengan sebuah keperibadian atau ciri khas dari bangsa indonesia. Karen a konsep dasar bangsa indonsia telah terkandung di dalmnya yakni ” keadilan sosial bagi selruh rakyat indonesia”.
  4. Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Kesimpulan

Begitu besarnya fungsi pancasila Bagi dasar bangsa negara indonesia, dengan hanya mengggunakan pancasila, bangsa indonesia mampu hidup rukun . padahal bangsa indonesia memiliki banyak sekali macam suku, agama dan juga kebudayaan. Oleh kaena itu bangsa indonesia sangat di kagumi oleh negara lain yang kagum akan keragaman bangsa indonesia namn dapat hidup menjadi satu kesatuan yakni bangsa indonesia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar