MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

11+ Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Peristiwa dan Lengkap Strukturnya

Contoh Teks eksplansi - tekas ekspalnsi (Teks penjelasan), sekarang dipelajari oleh siswa baik di sekolah menengah dan menengah. Jenis teks penjelasan memang agak lebih rumit daripada teks lainnya, karena membutuhkan kemampuan khusus dan harus dikuasai.
11+ Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Peristiwa dan Lengkap Strukturnya

Bahan tertulis. Cukup sering siswa mengalami kesulitan dalam membuatnya, dan memerlukan banyak contoh teks penjelasan. Artikel ini akan menjelaskan karakteristik, struktur, dan contoh teks penjelasan, sehingga setelah membaca artikel ini pembaca dapat segera mempraktikkan persiapan teks penjelasan.

Pengertian Teks Eksplanasi

Menurut asalnya,kata eklsplansi memiliki arti berarti memberikan penjelasan. Teks penjelasan berisi penjelasan tentang bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi atau hubungan sebab akibat dalam suatu peristiwa. Menurut Restuti, teks penjelasan dapat digunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena, baik fenomena sosial maupun fenomena alam.

11+ Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Peristiwa dan Lengkap Strukturnya
Sumber: pixabay.com

Kemudian menurut Mahsun, ada beberapa bagian dalam teks penjelasan, yaitu, pernyataan umum, penjelasan, dan interpretasi. Berdasarkan pendapat ini, teks penjelasan dapat dikembangkan dengan struktur yang jelas.

Dalam perkembangannya, teks penjelasan juga dapat disusun berdasarkan fenomena sosial, budaya, dan lainnya.

Luasnya tema teks eksplansi kemudian menyebabkan kesalahpahaman pada siswa dan menyulitkan mereka untuk membedakan apakah suatu teks termasuk dalam teks penjelasan atau tidak. Berikut ini adalah detail dari karakteristik yang dapat membedakan teks penjelasan dan jenis teks lainnya. Dengan mengenali ciri-cirinya, penulis akan lebih mudah dalam menyusun teks penjelasan untuk menjelaskan fenomena yang akan diangkat.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Untuk lebih memahami teks penjelasan, jangan lupa untuk mengetahui karakteristik teks penjelasan. Beberapa karakteristik teks penjelasan yang penting untuk diketahui meliputi:

1. Informasi Dalam Teks Merupakan Peristiwa Yang Nyata

Karakteristik jelas pertama dari teks penjelasan adalah bahwa informasi dalam teks adalah peristiwa nyata. Informasi dari peristiwa nyata dapat didukung oleh fakta yang terkait dengan peristiwa ini.

Penulis dapat memberikan pemahaman tentang fenomena yang akan diangkat, kemudian memberikan penjelasan dalam rangkaian penjelasan. Rangkaian penjelasan ini adalah bukti bahwa fenomena itu memang terjadi dan juga dapat memberikan deskripsi sebab dan akibat pada pembaca.

2. Adanya Unsur Ilmu Pengetahuan Dalam Teks

Karakteristik kedua adalah unsur sains dalam teks. Karena membahas tentang peristiwa nyata, maka untuk menjelaskan penyebab peristiwa ini penulis perlu menggunakan dasar ilmiah yang jelas. Misalnya kelahiran, terkait ilmu alam, khususnya biologi.

Ilmu pengetahuan alam memiliki kemungkinan paling besar untuk teks penjelasan, karena dalam ilmu ini banyak kata-kata ilmiah harus dijelaskan secara lebih rinci. Kemudian topik lain yang bisa diangkat adalah fenomena sosial seperti pengangguran.

Untuk memperdalam diskusi tentang fenomena ini, dapat dipelajari dari psikologi dan ekonomi. Psikologi dan ekonomi terkait dengan penggunaan istilah asing dan sulit. Kata-kata yang sulit dipahami dapat diberikan penjelasan lebih lanjut untuk memudahkan pembaca mencerna informasi baru yang berkaitan dengan topik.

3. Sifat Teks Yang Informatif Namun Tidak mempengaruhi pembaca

Karakteristik ketiga, adalah sifat teks yang informatif tetapi tidak mempengaruhi pembaca. Dalam teks eksplanatori dapat diberikan penjelasan tentang penyebab suatu fenomena. Tetapi penulis tidak boleh mengundang pembaca untuk datang untuk membenci atau menghakimi.

Dengan kalimat-kalimat yang memberikan informasi penulis memungkinkan pembaca untuk menyimpulkan sendiri apakah hal-hal negatif yang terjadi perlu ditiru atau tidak.

4. Menggunakan Kata Yang Digunakan Untuk Mengurutkan Kejadian

Karakteristik berikutnya adalah, menggunakan kata-kata yang digunakan untuk mengurutkan peristiwa. Misalnya kata nanti, setelah itu, lalu, dan sebagainya. Kata-kata ini berfungsi untuk menunjukkan urutan peristiwa yang terjadi dan informasi yang bersifat kausal.

Penggunaan subjek manusia, sering terjadi dalam teks berita. Dalam teks penjelasan, diskusi tentang manusia sebagai aktor diminimalkan terutama pada topik yang melibatkan peristiwa alam. Fenomena yang dibahas tampaknya merupakan peristiwa ilmiah dan terjadi karena hubungan sebab akibat di alam.

Kaidah Kebahasaan Teks

Aturan bahasa adalah karakteristik bahasa dari contoh teks penjelasan dalam hal pemilihan kata dan organisasi kalimat. Berikut adalah beberapa karakter dari bahasa yang dapat digunakan sebagai contoh teks penjelasan.

1. Kalimat Pasif

Kalimat pasif, biasanya menggunakan awalan dalam, tar, ke dan kata ganti dalam predikat. Misalnya dikejar, ditangkap, dihancurkan, dipanaskan, dan sebagainya. Penggunaan kalimat pasif dimaksudkan untuk mengurangi subjek manusia, dan menggeser fokus ke peristiwa yang terjadi. Kalimat pasif juga digunakan untuk menekankan bahwa suatu peristiwa adalah kejadian kebetulan atau alami.

2. Konjungsi Kausal dan Waktu

Konjungsi, adalah kata hubung sedangkan kausal adalah penyebabnya. Oleh karena itu, konjungsi kausal dapat dipahami sebagai konjungsi yang digunakan untuk mengekspresikan sebab dan akibat. Termasuk dalam konjungsi kausal adalah jika, karena, begitu, begitu, begitu, dan seterusnya.

Waktu konjungsi, adalah konjungsi yang terkait dengan waktu. Kata-kata yang termasuk dalam grup konjungsi ini adalah setelah, sebelum, sesudah, jadi, selesai, sementara, sementara, sampai, sementara, setelah, sejak, sejak, kapan, kapan, selama, dan lain-lain. Dua konjungsi digunakan secara bergantian dengan bagian wajar dari contoh teks penjelasan.

3. Terdapat Istilah Ilmiah

Istilah ilmiah yang digunakan dalam teks penjelasan berfungsi untuk menjelaskan fenomena yang terjadi berdasarkan disiplin ilmu terkait. Penggunaan istilah ilmiah dalam bahasa asing juga diperbolehkan, tetapi akan lebih baik jika dijelaskan dalam bahasa Indonesia sehingga pembaca yang tidak terbiasa dalam hal itu dapat memahami informasi yang disajikan.

Ini karena kemungkinan teks dibaca oleh orang yang tidak mengerti konteks kalimat yang sedang dibahas. Kata-kata ilmiah dalam biologi, misalnya spesies hewan tertentu, hanya dipahami oleh orang-orang yang telah belajar tentang sains. Sementara pembaca biasa mungkin tidak tahu apa yang dimaksud binatang sehingga informasi tidak sampai secara penuh.

4. Informatif

Poin ini adalah hal terpenting dalam persiapan contoh teks penjelasan. Tujuan utama teks ini adalah untuk memberikan penjelasan dan informasi tentang peristiwa atau fenomena alam tertentu. Jadi, setiap kalimat dalam teks ini harus berfungsi dengan baik sebagai cara untuk menginformasikan pengetahuan pembaca yang baru.

Dengan elemen informatif dalam teks penjelasan, pembaca dapat menemukan hal-hal baru yang akan memperkaya pengetahuannya. Oleh karena itu, jenis teks penjelasan diajarkan sejak anak-anak usia sekolah menengah pertama sehingga selain memahami informasi dalam membaca, siswa sekolah menengah pertama dapat berlatih menyusun contoh-contoh teks penjelasan sederhana.

Beberapa Contoh Teks Eksplanasi Yang Lengkap

1.Teks Eksplanasi Fenomena Alam
11+ Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Peristiwa dan Lengkap Strukturnya
Sumber: pixabay.com


Metamorfosis adalah peristiwa di mana hewan berubah menjadi bentuk dewasa. Fenomena ini terjadi pada sebagian besar serangga, amfibi, krustasea, moluska, echinodermata, dan lainnya. Perubahan bentuk ini tidak selalu melibatkan perubahan bentuk ekstrim atau perubahan habitat.

Ada dua jenis metamorfosis, yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Metamorfosis atau holometabola sempurna terjadi pada serangga seperti kupu-kupu. Hewan ini menetas dari telur, menjadi ulat atau larva. Seekor ulat menghabiskan masa makan daunnya, lalu berubah menjadi pupa atau kepompong.

Kepompong adalah sejenis selimut yang menutupi ulat selama beberapa hari. Setelah perubahan dalam kepompong sempurna, kupu-kupu akan keluar dari sari di pupa dan merentangkan sayapnya sehingga bisa terbang. Perubahan dalam bentuk ulat menjadi kupu-kupu termasuk dalam metamorfosis sempurna karena ada perubahan bentuk disertai dengan perusakan tubuh larva dan menyisakan beberapa sel.

Sel-sel kemudian tumbuh kembali menjadi kupu-kupu yang kemudian muncul dari pupa. Metamorfosis sempurna tidak hanya terjadi pada kupu-kupu. Lalat dan kepik rumah juga melewati fase pupa dan melewati tahap metamorfosis yang sempurna.

Metamorfosis yang tidak sempurna adalah proses mengubah bentuk hewan yang tidak melewati fase pupa. Dalam proses metamorfosis ini, hewan tidak mengalami banyak perubahan. Biasanya perubahan terjadi dalam ukuran, pertumbuhan organ-organ tertentu seperti sayap, dan perubahan kulit yang juga disebut instar.

Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna termasuk belalang dan kecoak. Belalang menetas dari telur, kemudian menjadi larva / nimfa, dan tumbuh lebih besar menjadi belalang dewasa yang juga disebut imago. Mengubah belalang dari nimfa menjadi imago tidak mengubah makanan habitat atau belalang. Dia tetap di pohon, makan daun, dan bernafas dengan trakea. Selain serangga, metamorfosis juga terjadi pada amfibi.

Katak, termasuk amfibi, mengalami proses metamorfosis yang mengubah bentuk dari telur menjadi katak dewasa. Katak betina dewasa meninggalkan telurnya di dalam air. Setelah sepuluh hari, telur akan menetas dan mengeluarkan berudu. Berudu berbentuk seperti ikan kecil dan habitat bawah air. Setelah 2 hari menetas, berudu akan menumbuhkan insang yang berfungsi bernapas dalam air. Tahap ini berlangsung selama 3 minggu.

Setelah 3 minggu, insang akan tertutup oleh kulit itu sendiri. Pada 8 minggu, kaki belakang berudu mulai tumbuh, diikuti oleh kaki depan. Saat kaki depan dan belakang tumbuh, bentuk kecebong akan menyerupai katak ekor.

Ekor ini akan memendek dan tidak berfungsi sebagai penggerak bawah air. Akhirnya katak akan bernafas dengan paru-paru dan dapat hidup di luar air. Metamorfosis ini berakhir ketika katak dapat hidup di darat dan berbentuk katak dewasa dengan 4 kaki.

Berdasarkan penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa metamorfosis terjadi pada serangga, amfibi, dan beberapa jenis hewan lainnya. Perubahan fisik ini terjadi sejak hewan itu menetas hingga menjadi dewasa. Ada dua jenis metamorfosis pada serangga, yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Metamorfosis sempurna melalui tahap pupa yang menghancurkan sebagian besar sel tubuh, kemudian membentuk sel baru dengan bentuk berbeda. Sedangkan metamorfosis tidak sempurna tidak melewati fase pupa, namun hanya melalui perubahan bentuk, ukuran, pergantian kulit dan penambahan organ.

2. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Fenomena Sosial
11+ Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Peristiwa dan Lengkap Strukturnya
Sumber: pixabay.com


Kejahatan adalah kejahatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Seseorang yang melakukan kejahatan disebut kejahatan. Kejahatan yang dilakukan bermacam-macam, mulai dari pencurian, pembunuhan, penculikan, dan sebagainya.

Alasan di balik perilaku negatif ini biasanya karena motif ekonomi. Kesulitan mendapatkan pekerjaan, atau kebutuhan yang mendesak akan urgensi akan mendorong seseorang untuk mencari jalan pintas sehingga mereka dapat dengan cepat mendapatkan uang. Indonesia, yang kekurangan lapangan kerja, memiliki kemungkinan meningkatnya angka kejahatan yang cukup tinggi.

Untuk membentengi diri dari godaan perilaku negatif ini, dapat dilakukan penanaman ilmu agama. Sehingga anak-anak paham bahwa tindakan merugikan orang lain adalah sebuah dosa yang harus dihindari. Segala hal yang bertentangan dengan agama biasanya juga bertentangan dengan norma masyarakat. Maka hal-hal yang termasuk dosa, tidak hanya dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan, namun juga mendapatkan sanksi sosial dari masyarakat.

3. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Fotosintesis
11+ Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Peristiwa dan Lengkap Strukturnya
Sumber: pixabay.com

Fotosintesis adalah proses pembentukan nutrisi pada tanaman. Hasil fotosintesis adalah karbohidrat atau gula dan oksigen. Bahan untuk melakukan fotosintesis adalah nutrisi, karbon dioksida, sinar matahari, dan daun hijau atau yang biasa disebut klorofil.

Organisme yang melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan mereka disebut fotoautotrof. Karena tanaman tidak aktif bergerak, bahan untuk melakukan fotosintesis ditangkap oleh semua bagian tanaman seperti akar, batang, dan daun tanaman.

Nutrisi yang berasal dari tanah diserap oleh akar tanaman dan dikirim ke daun melalui jaringan tanaman. Sinar matahari ditangkap oleh klorofil di daun. Sedangkan karbon dioksida diambil dari udara melalui permukaan daun dan batang tanaman.

Proses fotosintesis terjadi dalam dua tahap yaitu reaksi terang dan reaksi gelap atau siklus Calvin. Reaksi cerah terjadi pada siang hari ketika masih ada sinar matahari. Reaksi ini bertugas mengubah air dan karbon dioksida menjadi oksigen.

Kemudian siklus Calvin akan mengubah karbon dioksida menjadi gula yang disimpan oleh tanaman sebagai cadangan makanan. Reaksi terang dan gelap juga di tempat yang berbeda. Reaksi terang ada di grana, sedangkan reaksi gelap terjadi di stroma. Kedua siklus fotosintesis ini terjadi pada organisme autotrof sebagai mekanisme bertahan hidup.

Tumbuhan yang melakukan proses ini tidak hanya tanaman di darat. Tumbuhan alga yang hidup di air juga melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan. Berdasarkan penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa fotosintesis terjadi pada tanaman yang termasuk dalam fotoautotrof. Bahan utama fotosintesis adalah nutrisi, air, karbon dioksida dan sinar matahari.

Ada reaksi terang dan gelap dalam fotosintesis. Tanaman hanya akan melakukan reaksi terang ketika ada cukup cahaya, jika cahaya kurang maka proses alami ini akan berhenti. Ini adalah alasan mengapa siang hari berlindung di bawah pohon akan terasa sangat menyegarkan.

Karena semakin banyak cahaya, jumlah oksigen yang dihasilkan oleh tanaman akan semakin banyak. Apalagi jika ada manusia yang berada di dekat pohon. Manusia menghasilkan karbon dioksida dari pembuangan proses pernapasan. Sedangkan pohon akan menangkap karbon dioksida untuk memicu fotosintesis.

4. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Mengenai Musik Dangdut
11+ Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Peristiwa dan Lengkap Strukturnya
Sumber: Pixabay.com

Dangdut adalah salah satu musik asli Indonesia, yang dinikmati oleh semua umur. Musik ini berkembang sejak jaman orde lama hingga sekarang. Jenis musik dangdut sering dikombinasikan dengan jenis musik lain sehingga lagu dangdut semakin bervariasi.

Karakteristik utama dari lagu-lagu dangdut adalah kehadiran seruling bambu dan drum. Selain itu, penyanyi dangdut harus mampu menguasai teknik curling yang hampir mirip dengan curling Melayu. Musik dangdut berkembang hampir di seluruh pelosok nusantara, tetapi sayangnya masih ada beberapa pertunjukan dangdut yang tidak mengedepankan seni musik, dan malah menonjolkan penyanyi yang hanya dibalut sedikit tarian yang berlebihan.

Masalahnya adalah bahwa musik dangdut yang salah arah ini dapat dengan mudah ditonton oleh publik baik secara langsung maupun di dunia maya. Juga sering ditemui, anak-anak menonton pertunjukan dengan bebas. Acara ini akan berdampak negatif pada psikologi anak-anak, dan akan merusak citra dangdut itu sendiri.

Jika dangdut yang tidak sesuai dengan tujuan asli penciptaan musik terus berkembang ke arah negatif, lambat laun dangdut akan kehilangan identitas. Musik yang bertujuan menyatukan negara terlebih dahulu menjadi musik yang sarat dengan elemen negatif yang menjual penampilan penyanyi.

Sekarang, musisi dangdut papan atas sedang mencoba memperbaiki citra dangdut yang rusak. Penampilan penyanyi dangdut kini lebih berkelas dan modern. Getaran yang tidak perlu juga dihindari, terutama ketika disiarkan di televisi nasional. Lagipula dangdut adalah identitas nasional. Bagaimana dangdut berkembang, sehingga itulah gambaran pribadi bangsa karena pada kenyataannya apa yang ditampilkan oleh seniman itu sesuai dengan permintaan pasar.

Contoh teks eksplansi di atas telah menjelaskan bahwa ada banyak jenis topik yang dapat digunakan sebagai bahan untuk menulis teks penjelasan. Mulai dari fenomena alam, sosial hingga budaya. Penulis dapat menggali informasi tentang topik-topik yang akan diatur dalam teks sehingga pembaca mendapat manfaat yang lebih besar.

Selain memperhatikan sumber informasi yang valid, gaya penulisan juga perlu diperhatikan. Contoh teks penjelasan yang sesuai tidak akan memengaruhi pembaca untuk percaya dan tidak ada unsur undangan untuk membenci atau bentuk persuasi lainnya.

Hindari kata-kata undangan seperti mari, mari, mari, mari, dan lainnya. Jika Anda ingin menggunakan kata kerja, gunakan awalan pasif, misalnya di, tar, dan di-an. Dengan mengikuti gaya bahasa dengan kalimat pasif, persiapan contoh teks penjelasan akan lebih efektif.

Teks penjelasan perlu diajarkan kepada anak-anak usia sekolah. Sehingga di masa depan mereka dapat menyusun teks yang bermanfaat bagi pembaca. Semakin banyak informasi disebarluaskan melalui teks penjelasan, semakin mudah bagi orang untuk mengakses pengetahuan baru setiap hari.

Baca juga: pengertian kurikulku 13
Share This Article :
Candra fitriyanto

Pemuda dari desa yang ingin menjadi pebisnis, yang saat ini masi bekuliah di IAIN Metro Lampung Tandris Matematika (alamat: Mujirahayu kecamatan; seputih agung Kab: lam-teng)

5606159572399492275

Subscribe