MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Arti Kata Barakallah dan Penjelasannya

Arti Kata Barakallah dan Penjelasannya-Seorang muslim sering sekali mengucapkan kata Barakallah, Seperti pada saat seseorang berulang tahun kata Barakallah fii umrik sering sekali di ucapkan dan juga ketika kita menghadiri undangan sebuah pernikahan umat muslim sering mengatakan barakallahu lakuma seringkali kita dengar.

Kata Barakallah semakin terkenal ketika kata Barakallah di jadikan sebuah lirik lagu oleh penyanyi internasional yakni Maher Zain. Yang lagu tersebut berisikan sebuah doa dari kumpulan hadist nabi untuk mendoakan pasangan pengantin.
Arti Kata Barakallah dan Penjelasannya

Kata Barakallah sendrmiri memiliki makna ' semoga mendapat berkah dari allah swt'  dan ada juga yang memaknainya seperti 'semoga di berkahi allah swt'. Sedangkan contoh kata barakallahu pada seseorang yang berulang tahun seperti barakallahu fii umrik  memikiki makna 'semoga mendapat berkah dari allah dengan bertambahnya usiamu'.

Pada dasarnya kata Barakallah di berikan sebagai doa kepada seseorang agar selalu mendapat limpahan berkah dan rahmat dari allah swt.

Seperti contoh Barakallahu lakuma wa baaraka' alaikum wa jama'a bainakumaa fi khoir, ucapan tersebut merupakan sebuah doa yang di contohkan olah rasulullah Muhammad saw ketika beliau menghadiri sebuah pernikahan sauada beliau. Doa tersebut memiliki makna semoga allah memberkahi kedua penganti pada saat mudah mauoun sulit, serta mengumpulkan kalian dalam kebaikan.

Namun ucapan Barakallah tidak hanya di ucapkan pada saat ada yang ulang tahun atau pernikahan saja, karena kata Barakallah bisa di ucapkan kepada saudara kita yang menpata rizki, keturunan, ataupun kebaikan yang lainnya. Kita sebagai umat muslim di subahakan untuk mengucapkan doa bagi mereka yang mendapatkan berkah tersebut.

Seperti contoh ketika ada seseorang yang mendaoatkan sebuah keturunan yang baru lahir maka kita di subahkan mengucapkan:

' Barakallahu laka fill mauhub, wa syakarta al wahib, wa bagha asyuddahu, wa ruzikta birrahu'.

Yang berarti:

Semoga allah memberikan berkah kepadami dari anak yang di karuniakan kepadamu, dan semiga kamu mensyukuri oemberian tuhanmu, dan semoga di panjang kan umurnya dan di berikan kemudahan rizki yang berkah.

Nah dengan telah mengetahui apa arti dari kata Barakallah yang sangat mulia itu, mari kita mulai perbanyak mengucapkan doa kepada sanak saudara kita. Karena dengan kita mendoakan orang lain maka kita akan di doakan oleh para malaikat dan orang tersebut.

Selain perbuatan mulia, mebgucaokan dia kepada orang lain merupakan sunah dari rasulullah saw, jika kita terus mengucapkan nya maka kita akan mendapatkan syafaat daru nabu Muhammad saw.
Share This Article :
Candra fitriyanto

Pemuda dari desa yang ingin menjadi pebisnis, yang saat ini masi bekuliah di IAIN Metro Lampung Tandris Matematika (alamat: Mujirahayu kecamatan; seputih agung Kab: lam-teng)

5606159572399492275

Subscribe