MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tips Sukses Tes dan Wawancara Posisi Staff Accounting

Tips Sukses Tes dan Wawancara Posisi Staff Accounting

Dalam posting sebelumnya saya membagikan sekitar 20 pertanyaan yang umumnya ditanyakan selama wawancara. Tidak jauh tentang pekerjaan, kali ini saya akan berbagi lagi tentang tips menjalani tes dan wawancara sebagai staff Akuntansi

Tips Sukses Tes dan Wawancara Posisi Staff Accounting

Yap, saya telah berjuang dalam posisi ini selama 6 tahun dan saya sudah mengalami 5 perusahaan Yang saya rasakan. Karena itu saya pikir sudah cukup untuk berbagi dengan saya tentang hal ini.

Faktanya, tidak semua lulusan akuntansi mampu dan mengetahui prinsip akuntansi apa. Bukankah itu menyedihkan? Ya, sangat sedih. Mungkin terlalu sepele apa yang dia dapatkan selama kuliah. Atau bisa juga karena satu atau banyak alasan lain. Bahkan, untuk menjadi atau menerapkan akuntansi, kita setidaknya harus tahu apa prinsip akuntansi itu.

Tidak perlu berbicara tentang ekonomi mikro, ekonomi makro, akuntansi biaya dan sebagainya. Hanya akuntansi dasar sudah cukup. Sudahkah Anda menguasainya.

Saya pintar? Tidak !! untuk mendaftar sebagai akuntansi pertama, saya juga harus meninjau banyak materi lama dan menjelajah banyak di internet.

Untuk menempati posisi akuntansi, Anda biasanya akan menjalani 2 ujian, yaitu tertulis dan wawancara. Sekarang kita harus siap untuk keduanya. Pertanyaan tentang akuntansi juga terkadang ditanyakan secara verbal. Itu tergantung pada perusahaan yang menggunakan metode apa saat wawancara.

Jadi, kali ini saya akan merangkum beberapa hal yang harus disiapkan dan Tips Sukses Tes dan Wawancara Posisi Staff Accounting



Tips Sukses Tes dan Wawancara Posisi Staff Accounting

Tips Sukses Tes dan Wawancara Posisi Staff Accounting

1. PERTANYAAN UMUM

Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum tentang profil Anda.

2. PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Persamaan ini adalah persamaan dasar akuntansi. Tentunya semua orang yang telah mempelajari akuntansi harus mengetahui persamaan berikut dengan benar.
Konsep:

Ada 2 sisi, yaitu sisi kanan dan sisi kiri. Sisi kanan adalah liabilitas dan modal, sedangkan sisi kiri adalah kekayaan. Kedua sisi ini harus seimbang dan harus sama.

  • Aset = semua aset perusahaan
  • Kewajiban = utang kepada pihak lain
  • Ekuitas = modal / hak perusahaan
Penambahan / pengurangan di sisi kiri harus disertai dengan penambahan / pengurangan di sisi kanan.

3. SIKLUS AKUNTANSI


Siklus akuntansi ini harus benar-benar dipahami karena merupakan arus dan tahapan yang tidak dapat dipisahkan dari akuntansi perusahaan. Meskipun tidak selalu ketika kita diterima, kita akan mendapatkan semua jobdesk, tetapi untuk sesi wawancara pertanyaan ini sering ditanyakan. Ini bertujuan untuk menentukan pemahaman pelamar akuntansi.

4. JURNAL AKUNTANSI DASAR


Untuk membuat jurnal kunci utama adalah memahami tentang debit dan kredit atau debit dan kredit pertama.

JENIS JURNAL AKUNTANSI:
  • Jenderal Jurmal
  • Jurnal Khusus
  • Jurnal penjualan
  • Beli jurnal
  • Jurnal pengeluaran kas
  • Jurnal penerimaan kas
  • Jurnal umum
  • Pembalikan jurnal
  • jurnal penutup

5. JURNAL PENYESUAIAN

Pertanyaan tentang jurnal penyesuaian sering muncul selama tes atau wawancara kerja untuk posisi akuntansi. Pastikan Anda mengerti dan dapat membuat jurnal penyesuaian sederhana.

Jurnal penyesuaian dibuat pada akhir periode untuk menyesuaikan akun atau perkiraan saldo untuk menunjukkan situasi aktual.

Jenis akun yang membutuhkan penyesuaian:
- Penyusutan aset tetap
- Uang dibayarkan di muka
- Pendapatan diterima dimuka
- Penggunaan peralatan
- Biaya yang masih harus dibayar
- Penghasilan yang akan diterima

6. DEPRESIASI

Pertanyaan tentang depresiasi / depresiasi aset juga sering muncul selama tes atau wawancara kerja untuk posisi akuntansi. Depresiasi atau dikenal sebagai depresiasi adalah alokasi jumlah atau nominal yang dapat disusutkan dari suatu aset selama masa manfaatnya.

Penyusutan ini melekat pada aset tetap selain tanah, seperti bangunan, kendaraan, mesin dan lainnya. Anda juga harus tahu bahwa metode perhitungannya adalah beberapa metode, yaitu garis lurus, saldo menurun dan metode rata-rata.

7. JURNAL PERUSAHAAN AKUNTANSI TEMPAT ANDA BERLAKU

Anak-anak akuntansi juga perlu tahu bahwa perusahaan yang berbeda atau kegiatan perusahaan yang berbeda berbeda dari jurnal atau laporan keuangan mereka. Misalnya distributor / perusahaan dagang, produsen, perusahaan jasa dan bahkan bank harus memiliki kegiatan yang berbeda.
Aktivitas yang berbeda ini tentunya berdampak pada jurnal-jurnalnya. Untuk ini, memahami dan memahami bentuk perusahaan dan kegiatannya sangat diperlukan.

8. MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA


Dapat membuat laporan keuangan adalah suatu keharusan bagi orang yang telah mempelajari akuntansi. Tetapi untuk mempersiapkan diri untuk menerapkan dalam posisi akuntansi kita setidaknya dapat membuat dan bekerja pada laporan keuangan secara sederhana.

JENIS LAPORAN KEUANGAN:
  • Laporan laba rugi
  • Laporan perubahan modal
  • Laporan posisi keuangan / neraca
  • Laporan arus kas

Baca Juga 10 Pertanyaan Wawancara Akuntansi Di Bawah ini karena Bisa saja di Tanyakan Setiap Saat

Tips Sukses Tes dan Wawancara Posisi Staff Accounting

Mengetahui pertanyaan wawancara akuntansi yang tepat untuk ditanyakan kepada kandidat pekerjaan dapat berarti perbedaan antara mempekerjakan seorang superstar dan membawa orang yang salah dalam bisnis kecil Anda. Kami telah mengidentifikasi 10 pertanyaan yang baik untuk diajukan kepada kandidat pekerjaan ketika Anda memiliki peran akuntansi atau keuangan dengan staf.

Menilai Keterampilan Pemohon

Ketika Anda mencoba mengukur keterampilan teknis kandidat, Anda harus mengajukan pertanyaan wawancara akuntansi langsung. Tetapi Anda juga dapat mempelajari sesuatu tentang soft skill pelamar dengan jenis pertanyaan ini.

Berikut adalah empat pertanyaan wawancara untuk diajukan yang akan membantu Anda mengevaluasi kompetensi inti seseorang:

1. Bagaimana Anda tetap mendapatkan informasi terbaru tentang undang-undang dan peraturan akuntansi saat ini?

"Mengingat tingkat perubahan dalam industri akuntansi dan keuangan, sangat penting untuk mempekerjakan para profesional akuntansi dan keuangan yang membuat poin tinggal informasi. Kandidat teratas akan dapat memberi tahu Anda bagaimana mereka memantau perkembangan terbaru, baik melalui berlangganan publikasi industri, keanggotaan dalam organisasi profesional, atau kehadiran di konferensi akuntansi dan webinar"


2. Apa tiga keterampilan utama yang dimiliki setiap akuntan yang baik?

"Menanggapi pertanyaan wawancara ini, pelamar biasanya akan menyebutkan apa yang mereka anggap sebagai tiga atribut terbaik mereka. Cari kandidat yang fokus pada kombinasi hard skill, seperti pengetahuan tentang konsep big data, dan atribut yang lebih lembut seperti ketajaman bisnis, keterampilan komunikasi, dan keterampilan layanan pelanggan. Pelamar teratas akan memasukkan contoh bagaimana mereka telah menunjukkan dan mengembangkan keterampilan ini dalam pekerjaan sebelumnya"

3. Apa jenis perangkat lunak akuntansi yang Anda gunakan dalam pekerjaan sebelumnya?

Masukkan ini dalam daftar pertanyaan wawancara akuntansi untuk ditanyakan karena Anda akan mengetahui apakah seorang kandidat sudah mengetahui sistem yang Anda gunakan di perusahaan Anda atau apakah pelatihan selama hari-hari pertama kerja akan diperlukan.

Tentu saja, lebih baik bagi calon karyawan untuk mengenal perangkat lunak Anda. Tetapi jangan otomatis mengabaikan mereka yang tidak; alih-alih, tanyakan pada mereka pertanyaan lanjutan tentang betapa mudahnya bagi mereka untuk mempelajari teknologi baru sehingga Anda akan merasakan kemampuan mereka untuk meningkat dengan cepat.

4. Berikan saya contoh jenis laporan yang Anda buat di pekerjaan terakhir Anda
.
"Seperti pertanyaan sebelumnya, pertanyaan ini akan memberikan wawasan tentang pengalaman kandidat dan apakah cocok dengan tugas kerja dari posisi terbuka. Jika Anda mencari seseorang untuk menghasilkan laporan pendapatan dan arus kas, misalnya, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana - atau jika - seorang kandidat telah menyiapkan jenis laporan ini di masa lalu"

Menentukan Kompatibilitas dengan Tim Akuntansi Anda

Calon yang memiliki semua keterampilan teknis dan lunak yang diperlukan juga harus dapat berkembang di lingkungan kerja perusahaan Anda. Pertanyaan wawancara akuntansi yang menanyakan pelamar tentang berbagai skenario potensial yang mungkin mereka hadapi di tempat kerja dapat membantu Anda menilai kesesuaian mereka dengan lebih baik untuk kantor Anda.
Berikut adalah beberapa pertanyaan wawancara yang baik untuk ditanyakan bagaimana calon cenderung menangani berbagai situasi di tempat kerja dan potensi mereka sesuai dengan tim Anda yang ada:

5. Ceritakan tentang waktu ketika Anda membuat kesalahan akuntansi dan jelaskan bagaimana Anda menanganinya.

"Cari kandidat yang mengakui bahwa kadang-kadang mereka membuat kesalahan tetapi bergerak cepat untuk mengakui kesalahan dan memperbaikinya sebaik mungkin. Hati-hati dengan kandidat yang mengatakan bahwa mereka tidak pernah melakukan kesalahan"

6. Ceritakan kepada kami tentang pengalaman Anda dalam menyajikan data keuangan kepada staf non-keuangan.

"Dewasa ini, profesional akuntansi dan keuangan harus mendiskusikan data dan laporan keuangan dengan kolega mereka di luar departemen langsung secara teratur. Jadi, penting untuk merekrut profesional yang merasa nyaman dengan tugas ini. Pertanyaan wawancara ini dapat membantu Anda lebih memahami keterampilan komunikasi dan pengalaman mereka dalam menyajikan informasi"

7. Jelaskan waktu ketika Anda memenuhi tenggat waktu yang sangat ketat dan jelaskan bagaimana Anda melakukannya.

"Profesional akuntansi dan keuangan sering harus membuat laporan penting dengan segera. Jawaban untuk pertanyaan ini akan menunjukkan bagaimana seorang kandidat merespons tekanan tenggat waktu dan stres"

8. Apa tantangan akuntansi terberat yang Anda selesaikan?

"Anda akan mendapatkan pemahaman yang baik tentang pendekatan yang berpotensi merekrut masalah jika Anda mengajukan pertanyaan wawancara akuntansi standar ini untuk diajukan kepada pelamar. Kandidat teratas akan menggunakannya sebagai batu loncatan untuk memamerkan kreativitas, keterampilan, dan pengalaman mereka saat memecahkan masalah akuntansi yang kompleks"

9. Beri tahu saya ketika Anda bekerja dengan tim untuk merevisi atau meningkatkan proses akuntansi. Peran apa yang Anda ambil, dan bagaimana tim bekerja bersama untuk menyelesaikan pekerjaan?

"Kerja tim lebih penting daripada sebelumnya bagi para profesional akuntansi dan keuangan, yang sering harus bekerja secara luas dengan kolega di dalam dan di luar departemen mereka. Ketika Anda mengajukan pertanyaan wawancara ini, dengarkan tanda-tanda bahwa kandidat akan menjadi kolaborator yang kuat - atau bahkan pemimpin masa depan."

10. Mengapa Anda memilih akuntansi dan keuangan sebagai karier?


Kami memasukkan ini dalam daftar pertanyaan wawancara akuntansi kami untuk ditanyakan setiap kali karena itu dapat mengungkapkan banyak tentang niat inti pencari kerja untuk mengejar posisi dengan perusahaan Anda. Carilah kandidat yang menunjukkan gairah untuk industri akuntansi dan keuangan, bukan hanya stabilitas atau gaji potensial dari karir di bidang keuangan sering menjanjikan. Anda akan lebih mudah mengembangkan dan mempertahankan profesional yang benar-benar menyukai apa yang mereka lakukan setiap hari.

Mempekerjakan adalah salah satu hal terpenting yang Anda lakukan sebagai manajer bisnis kecil. Tentu saja, setiap pembukaan pekerjaan dan wawancara berbeda, dan Anda harus menyesuaikan daftar pertanyaan wawancara untuk ditanyakan. Tetapi ketika Anda menggunakan pertanyaan wawancara akuntansi seperti ini sebagai titik lompatan, Anda akan mendapatkan gambaran yang baik tentang keterampilan dan bakat setiap kandidat, yang pada gilirannya akan membawa Anda selangkah lebih dekat untuk membangun tim yang ideal untuk bisnis Anda.

Nah, tentang itu, teman-teman, saya dapat merangkum persiapan untuk tes dan wawancara untuk posisi akuntansi. Semoga berhasil!

Share This Article :
Candra fitriyanto

saya adalah mahasiswa tadris matematika IAIN Metro Lampung

5606159572399492275

Subscribe