MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Teks Anekdot Adalah : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Aturan Kebahasaan Teks Anekdot

Teks Anekdot Adalah : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Aturan Kebahasaan Teks Anekdot-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi mengenai teks anekdot. Dalam teks anekdot memiliki beberapa pembahasan yakni ciri-ciri teks anekdot, tujuan teks anekdot, serta tat cara kebahasaan dari teks anekdot itu sendiri. Hala tersebut akan di berikan dalam bentuk sebagai berikut:

Teks Anekdot Adalah : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Aturan Kebahasaan Teks Anekdot

Pada bagian petama akan di bahas perihal pengertian teks anekdot, kenapa hal yang pertama kali akan saya sampaikan tentang pengertian teks anekdot? Karena para pembaca sebelum mempelajari apa itu teks anekdot di harapkan para pembaca telah mengetahui terlebih dahulu pengertian dari teks anekdot, sbelum berlanjut pada bagian ciri-ciri teks anekdot, struktur teks anekdot, tujuan teks anekdot dan tata car bahasa pada teks anekdot.

Pengertian, ciri-ciri,strktur, tujuan, dan Aturan kebahasaan pada teks anekdot

Bagi anda yang baru pertama kali mempelajari ttentang teks anekdo, maka kalian harus mempelajari tentang teks anekdot secara lebih rincitentang apa itu teks anekdot. Oleh karena itu saya akan memberikan utuk kamu tentang pengertian,struktu, tujuan, dan tata cara kebahasaan pada teks anekdot.

Pengertian teks anekdot

Teks anekdot adalah sebuah karangan cerita tau sebuah kisah yang biasanya berupa pengalaman diri dari seorang penulis atau menceritakan kejadian yang di lihat oleh si penulis yang di tulis secara singkat dan sesuai fakta. Dan teks anekdot tersebut harus ditulis secara lucu meliputi pendidikan,politik,hukum, atupun sindiran. Namun tak selamanya teks hanya berisi hal-hal lucu saja, karena teks anekdot juga bisa berisi tentang sebuah pesan, amanat ataupun unkapan sesuatu tentang kebenaran.

Ciri-ciri teks anekdot

Setaelah membahsa mengenai pengertian teks anekdot, maka kita akan berlanjut mengenai apa saja ciri-0ciri teks anekdot. Karena jika akmu tidak mengetahui apa sih ciri-ciri teks anekdot, kemungkinan besar kamu akanm menganggap semua teks itu sama. Dan berikut adalah ciri-ciri teks anekdot:
  1. Teks ankedot haruslah bersifat humor atau sebuah lawakan, yang artinnya teks anekdot adalah cerita yang berisi tentang hal-hal lucu yang telah terjadi.
  2. Menggelitik maksudnya sebuah teks anekdot harus bisa menghibur si pembaca karena kelucuan isi dari cerita tersebut.
  3. Menyindir
  4. Memiliki tujuan tertentu
  5. Bercerita tentang karakter hewan tau manusia yang terhubung secara realitas.

Struktur teks anekdot

Teks anekdot juga memiliki struktur dalam pembentukannya. Struktur teks anekdotal meliputi abstraksi, orientasi, peristiwa, krisis, reaksi, kode, dan reorientasi. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang masing-masing struktur, Anda dapat melihat yang berikut:
  1. Abstraksi, bagian ini adalah di awal paragraf, di bagian ini berisi ikhtisar awal dari isi teks anekdot.
  2. Orientasi, di bagian ini berisi permulaan, latar belakang peristiwa atau peristiwa yang terjadi dalam teks.
  3. Acara tersebut, berisi serangkaian peristiwa yang terjadi dalam teks.
  4. Krisis, bagian ini berisi munculnya masalah yang terjadi dalam teks anekdotal.
  5. Reaksi, bagian ini berisi langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah yang muncul di bagian krisis.
Kode, di bagian ini akan terjadi perubahan karakter dalam teks.
Reassociation, bagian ini adalah bagian terakhir dari teks dan menutup teks itu sendiri.

Tujuan Teks Anekdot

Seperti kita ketahui teks anekdot juga memiliki tujuan yang ditujukan untuk pembaca di setiap cerita tertulis. Tujuan ini adalah latar belakang bagi penulis atau penulis untuk menulis teks anekdot. Berikut adalah beberapa tujuan penulisan teks anekdotal.
  1. Untuk menghasilkan tawa bagi pembaca.
  2. Sebagai saran penghibur.
  3. Sebagai saran kritikus.

Aturan kebahasaan Teks Anekdot

Teks anekdotal juga memiliki aturan kebahasaan sendiri yang berbeda dari teks lainnya. Anda dapat melihat aturan bahasa di bawah ini.
  1. Gunakan pepatah masa lalu
  2. Gunakan konjungsi
  3. Ada penggunaan kata kerja
  4. Urutan peristiwa berdasarkan waktu
  5. Menggunakan tipe pertanyaan retoris, yang merupakan pertanyaan tentang hukuman yang tidak perlu.

Munkin cukup tiu untuk posting kali ini tentang Teks Anekdot: Pengertian,Ciri ciri, Struktur, Tujuan, dan Aturan Bahasa Teks. Semoga pembahasan dalam posting ini akan membantu Anda memperdalam materi mengenai teks anekdot.
Share This Article :
Candra fitriyanto

saya adalah mahasiswa tadris matematika IAIN Metro Lampung

5606159572399492275

Subscribe