MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pengertian Pancasila: Arti, Tujuan, dan Fungsi Pancasila Bagi Indonesia




Pengertian Pancasila: Arti, Tujuan, dan Fungsi Pancasila Bagi Indonesia

Pengertian Pancasila: Arti, Tujuan, dan Fungsi Pancasila Bagi Indonesia

Pengertian Pancasila adalah
Sebenarnya, apa maksud Pancasila? Pancasila adalah ideologi dan landasan negara Indonesia yang merupakan dasar dari semua keputusan nasional dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Dengan kata lain, Pancasila adalah dasar untuk mengatur pemerintah Indonesia yang memprioritaskan semua komponen di seluruh wilayah Indonesia.
Dalam Etimologi, kata "Pancasila" berasal dari bahasa Sansekerta India (Brahmana Caste), yaitu kata "Panca" yang berarti Lima, dan "Sila" yang berarti Dasar. Jadi makna Pancasila secara harfiah adalah Lima Yayasan.
Pancasila diinisiasi oleh para pendiri bangsa Indonesia sehingga kita memiliki fondasi yang kuat dalam menjalankan pemerintahan. Artinya, dengan adanya Pancasila, Indonesia memiliki dasar atau fondasi dalam negara sehingga tidak mudah dipengaruhi dan dijajah oleh bangsa lain.
Fondasi negara Indonesia dilambangkan oleh Garuda di mana ada gambar bintang, rantai, pohon beringain, kepala banteng, beras dan kapas, yang mencerminkan makna dari 5 prinsip Pancasila. Maka lambang negara Indonesia ini disebut Garuda Pancasila.
Berikut ini adalah bunyi Pancasila:

  1. ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Di Pimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan.
  5. Keadilan sosial Bagi semua rakyat Indonesia

Memahami Pancasila Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami makna Pancasila, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut:
1. Ir. Soekarno
Menurut Bung Karno, pengertian Pancasila adalah isi jiwa rakyat Indonesia yang telah diturunkan selama berabad-abad oleh budaya Barat. Dengan demikian, Pancasila bukan hanya filsafat negara, tetapi lebih luas lagi, yaitu filsafat bangsa Indonesia.
2. Notonegoro
Menurut Notonegoro, pengertian Pancasila adalah dasar dari filosofi dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan bangsa Indonesia sebagai landasan pemersatu, lambang persatuan dan persatuan, serta pertahanan bangsa dan negara Indonesia.
3. Muhammad Yamin
Menurut Muhammad Yamin, Pancasila berasal dari kata Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti gabungan, di atas, aturan-aturan dasar atau penting dari perilaku. Dengan demikian Pancasila adalah lima pangkalan yang berisi pedoman atau aturan tentang perilaku penting dan baik.

Sejarah Singkat Pancasila

Menurut berbagai sumber, istilah Pancasila mulai dikenal sejak kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Meskipun belum dirumuskan secara konkret, pada waktu itu sila-sila di Pancasila telah diterapkan dalam kehidupan rakyat dan kerajaan.
Berdasarkan buku Sutasoma yang ditulis oleh Mpu Tantular, makna Pancasila adalah "Berbatu dalam Lima Sendi" atau dapat diartikan sebagai "Implementasi Lima Kesopanan."
Selain itu, Pancasila juga ditulis dalam buku Buddhis yang ditulis dalam bahasa Pali (Pancha Sila). Pancha Sila adalah ajaran dasar moral agama Buddha yang dianut oleh para pengikut Siddharta Gautama. Berikut ini adalah isi Pancha Sila dalam ajaran Buddha:
Saya bertekad untuk melatih diri untuk menghindari pembunuhan.
Saya bertekad untuk melatih diri untuk tidak mengambil barang-barang yang tidak diberikan.
Saya bertekad untuk melatih diri agar tidak melakukan tindakan amoral.
Saya bertekad untuk melatih diri saya untuk menghindari ucapan yang salah (berbohong, berbohong, memfitnah, omong kosong).
Saya bertekad untuk melatih diri untuk menghindari semua minuman dan makanan yang dapat menyebabkan lemahnya kewaspadaan.

Fungsi Pancasila untuk Indonesia

Dalam posisinya sebagai dasar Negara, Pancasila memiliki beberapa fungsi. Mengacu pada definisi Pancasila di atas, berikut adalah beberapa fungsi dari Pancasila:
1. Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia
Semua negara memiliki jiwa. Di Indonesia, Pancasila adalah jiwa Bangsa sehingga rakyat Indonesia menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka.
2. Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia
Bangsa Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang menjadi kepribadiannya dan membedakannya dari negara lain. Keunikan tersebut diwujudkan dalam perilaku dan sikap mental masyarakat Indonesia berdasarkan Pancasila.
3. Pancasila sebagai Sumber Semua Sumber Hukum
Undang-undang yang berlaku di Indonesia berasal dari Pancasila. Dengan kata lain, semua hukum yang berlaku tidak bertentangan dengan Pancasila yang merupakan dasar negara.
4. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia
Pancasila berfungsi sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dan sebagai pedoman untuk berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Semua bentuk cita-cita moral dan budaya bangsa harus berasal dari Pancasila yang merupakan unit yang tidak terpisahkan.
5. Pancasila sebagai Ideal dan Tujuan Bangsa Indonesia
Aspirasi rakyat Indonesia adalah menciptakan masyarakat yang adil dan makmur di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dinyatakan dalam pembukaan UUD 1945 yang menjelaskan Pancasila.
6. Pancasila sebagai Falsafah Bangsa
Dalam Pancasila ada nilai-nilai kepribadian yang diyakini sebagai yang paling benar, adil, bijaksana, dan menyatukan masyarakat. Ini menjadikan Pancasila sebagai filosofi hidup bagi rakyat Indonesia.
7. Pancasila sebagai dasar Republik Indonesia
Pancasila adalah dasar untuk administrasi negara dan kehidupan negara di Indonesia. Dengan begitu, dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara dan bermasyarakat di Indonesia, harus selalu dilandaskan pada Pancasila.
8. Pancasila sebagai Perjanjian Mulia Bangsa Indonesia
Pancasila adalah hasil perjuangan dan kesepakatan dengan rakyat dengan para pendiri bangsa Indonesia. Dengan begitu, semua elemen masyarakat Indonesia harus membela, mendukung dan memperjuangkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.
Tujuan Pancasila
Dalam pembukaan UUD 1945 dinyatakan tujuan Pancasila, yaitu sebagai dasar Republik Indonesia. Dengan kata lain, Pancasila adalah dasar dalam mengatur jalannya pemerintahan di Indonesia.
Pancasila adalah pandangan hidup atau falsafah kehidupan nasional dan menjadi tujuan hidup rakyat Indonesia. Seperti yang juga dinyatakan dalam dekrit MPR No. 11 / MPR / 1978 pada 22 Maret 1978, yang berisi;
"Memang sejarah telah mengungkapkan bahwa Pancasila adalah jiwa dari semua rakyat Indonesia yang memberikan kekuatan hidup kepada rakyat Indonesia dan membimbing mereka dalam kehidupan batin yang lebih baik dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Bahwa Pancasila telah diterima dan ditetapkan sebagai dasar Negara sebagaimana telah diuji kebenarannya, kemanjurannya dan kekuatan gaibnya sehingga tidak ada satu pun kekuatan atau kemampuan untuk memisahkan Pancasila dari kehidupan bangsa Indonesia "
Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian Pancasila, sejarah Pancasila, tujuan Pancasila, dan fungsi Pancasila untuk Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Share This Article :
Candra fitriyanto

Mahasiswa matematika namun lebih suka sastra.

5606159572399492275

Subscribe