MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pengertian Negara Serikat (Pengertian,Ciri dan Contoh)

Pengertian Negara Serikat (Pengertian,Ciri dan Contoh)- ketika kita menmepuh pendidikan di sekolah tentusaja kita akan mendapatkan mata pelajaran PKN atu pendidikan kewarganegaraa. DI dala m pelajaran PPKN atau Ppendidikan kewarganegaraan, pasti kalian pernah mendengar akan adanya bentuk bentuk negara bukan?terdapat 2 bentuk negara yaitu negara kesatuan dan juga negara serikat.
pengertian negara serikat ciri dan contoh nya

Nah kali ini kami akan membahas tentang Negara serikat dan untuk materi nekara kesatuan akan kamu bahas pad artikel berikutnya,

Apa itu Negara Serikat?


Pasti dari kalian ada yang sudah tahu apa itu negara serikat dan ada yang belum mengetahui apa itu ngara serikat? Bagi kalian yang belum tahu dapat menyimak penjelasan dari kami tentang apa itu ngera serikat,dan bagi yang sudah mengetahui jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini bisa memberikan saran pada kolom komnetar di bawah.

Tujuan Memberikan Materi Negara Serikat


Kami memberikan materi  mengenai Pengertian Negara serikat ini dengan harapan kalian bisa memahami apa itu Negara  Serikat dengan baik dan dapat menjawab semua pertanyaan kalian semua mengenai Negara serikat.

Pengertian Negara Serikat

Negara serikat (Federal) adalah suatu negara  yang berasal dari beberapa negara yang di bentuk menjadi negara-negara bagian.

secara umum Pengertian Negara Serikat yaitu suatu negara yang di buat dari pengelompokan atau gabungan negara-negara atau negara yang berdiri sendiri dan memiliki pemimpin sendiri namun negara tersebut bergabung degan negara lain sehinga itu di sebut sebagi negara serikat.

selain itu, Ngera Serikat jua biasa di kkenal dengan sebutan negara bersusun banyak, karena terdiri dari beberapa negara bagian. pada negara serikat memiliki beberapa negara di dalam nya sehingga negara negara tersebut di sebut dengan negara bagian.

Pada awal mulanya Negara Negara tersebut berdiri sendiri, namun setelah negara tersebut menjalin kerja sama lalu kemudian negara-negara tersebut bergabung ke dalam pemerintahan serikat.

Dalam ikatan negara serikat negara negara tersebut tida bisa seenaknya sendiri dengan keluar masuk. karena negara serikat telah membuat pouvoir coristituant dan memiliki sebuah wewenag dengan membentuk undang undang pusat oleh negara serikat yang terperinci dalam konstitusi.


pemerintahan dalam negara serikat:

  1. pemerintahan serikat adalah pemerintahan ikatan atau pemerintahan gabungan pada pemerintahan pusatnya.
  2. pemerinth negara negara bagian yang sudah begabung menjadi satu ikatan bertujuan untuk menjalin kerjasama untuk kepentingan bersama.

Ciri-Ciri Negara serikat

Sebuah negara serikat biasanya memimiliki ciri-ciri sebagai berikut:



Contoh Negara Serikat

  1. Amerika Serikat
  2. Canada 
  3. Swis
  4. Mexsiko
  5. India
  6. Malaysia
  7. Islandia
  8. Irlandia
  9. New Zeland
  10. Skotlandia
Nah itu tadi merupakan pengertian Negara Srikat semoga dapat membantu kalian semua, sekian salam Sarjana Pejuangspd.com
Share This Article :
Candra fitriyanto

saya adalah mahasiswa tadris matematika IAIN Metro Lampung

5606159572399492275

Subscribe