MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

PENGERTIAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

PENGERTIAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Pejuangspd.com-Seperti yang kita ketahui, setiap bangsa memiliki sejarah perjuangan orang-orang sebelumnya yang mana memiliki banyak nilai-nilai kebangsaan, patriotime dan lainnya yang pada saat itu terkait erat dengan setiap jiwa warganya. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin cepat, nilai-nilai ini semakin menghilang dari seseorang di suatu negara, oleh karena itu, ada kebutuhan untuk belajar mempertahankan nilai-nilai ini sehingga mereka terus bersatu dalam setiap warga negara untuk bahwa semua warga negara mengetahui hak dan kewajiban dalam mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan yang mengingatkan kita akan pentingnya hak dan kerajinan seorang warga negara sehingga segala sesuatu yang dilakukan sesuai dengan tujuan dan cita-cita bangsa dan tidak menyimpang dari apa yang diharapkan. Karena nilai pentingnya, pendidikan ini telah diimplementasikan sejak usia dini di semua bidang pendidikan, dari lembaga pendidikan tinggi hingga yang paling awal, untuk menghasilkan penerus yang kompeten dan siap untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

TUJUAN


Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan persepsi dan kesadaran negara, sikap dan perilaku yang mencintai negara dan didasarkan pada budaya nasional, persepsi nusantara dan ketahanan nasional dalam kandidat masa depan bangsa. yang mempelajari dan mendominasi pengetahuan, teknologi, dan Seni.

Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia yang berbudi luhur, menyenangkan, mandiri, maju, keras, profesional, bertanggung jawab dan produktif, serta sehat jasmani dan rohani.

Pendidikan untuk kewarganegaraan yang sukses akan menghasilkan sikap mental yang cerdas, penuh dengan rasa tanggung jawab di pihak siswa. Sikap ini disertai dengan perilaku yang:

  • Percaya dan takut akan Tuhan Yang Mahakuasa dan hidupilah nilai-nilai filosofi bangsa.
  • Berkarakter luhur, disiplin dalam berbangsa dan bernegara.
  • Rasional, dinamis dan sabar dengan hak dan kewajiban warga negara.
  • Profesional di alam, terinspirasi oleh hati nurani membela negara.
  • Secara aktif menggunakan sains, teknologi, dan seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan negara.

Melalui pendidikan kewarganegaraan, warga negara Republik Indonesia diharapkan dapat "memahami", menganalisis dan menanggapi masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa mereka dan negara mereka secara konstan dan terus menerus dalam cita-cita. dan tujuan nasional yang dirinci dalam pembukaan UUD 1945.

KESIMPULAN


Dari penjelasan di atas, kita dapat menarik kesimpulan tentang pentingnya pendidikan suatu negara dan negara untuk menciptakan keseimbangan antara hak dan kewajiban semua warga negara untuk menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan itu menjadi penjelasan, bahwa sesuatu yang oleh kebanyakan orang dianggap tidak penting pada dasarnya memiliki peran yang menentukan kelangsungan hidup kita di masa depan. Dan kita perlu tahu dan memahami kapan itu terjadi, jadi kita harus tahu bahwa nilai-nilai yang dikandungnya sudah mulai menghilang dari kita dan kita harus belajar lagi.

Kami berharap penjelasan di atas dapat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi kami untuk menjadi warga negara yang baik dan berbudi luhur.


Share This Article :
Candra fitriyanto

Pemuda dari desa yang ingin menjadi pebisnis, yang saat ini masi bekuliah di IAIN Metro Lampung Tandris Matematika (alamat: Mujirahayu kecamatan; seputih agung Kab: lam-teng)

5606159572399492275

Subscribe