MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pengertian Akhlaq menurut Buku Drs. H. Yunahar Ilyas, Lc., M. A.

Pejuangspd.com- pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah review Buku Kuliah Ahlak dari Drs. H. Yunahar Ilyas, Lc, M. A. Kami mereview buku ini bertujan untuk mebantu saudara-saudara semua agar mudah dalam mencari referensi dalam pengerjaan laporan, makalah, dan skripsi. 

A. PENGERTIAN AKHLAK

Secara etimologis (lughatan)  akhlaq (bahasa arab) adalah bentuk jamak dari khuluq yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atu tabiat. Berakar dari kata kjalaqa yang bermakna menciptakan. Seakar dengan kata khaliq (pencipta), makhluk(yang di ciptakan)  dan khalaq(penciptaan). 

Kesamaan akar kata di atas mngisyaratkan bahwa dalam akhlaq tercakup pengertian akan terciptanya keterpaduan antara kehendak sang khaliq (tuhan), dengan perilaku mahkluq(manusia). Atau dengan kata lain, tata perilaku seseorang terhadap orang lain di lingkungannya baru mengandung ahklak yang hakiki manakala tindakan atau perilaku tersebut didasarkan terhadap kehendak sang khaliq(tuhan). 

Dari pengertian etimologi seperti ini, akhlak bukam saja merupakan tata aturan ataupun norma prilaku yang mengatur hubungan antata sesama manusia, akan tetapi merupakan sebuah norma yang mengatur hubungan antara manusia dan tuhan bahakan alam semesta sekalipun

Secara terminologis(isbtbilahan) dan beberapa definisi tentang akhlaq. Penulis pihak 3 di antaranya:
1.Imam al-ghazali
"akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan gampang dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan."

2.Ibrahim Anis
Mengatakan bahwa "akhlaq adalah sifat yang tertanan dalam jiwa, yang dengan lagiriyah macam-macam perbuatan, baik atau buruk, tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan." 

3. Abdul Karim Zaidan
Mengatakan bahwa "akhlaq adalah nilai-nilai dan sifat-sifat yang tetanam dalam jiwa, yang dengan sorotan dan timbangannya seseorang dapat menilai perbuatannya baik atau buruk, yang kemudian akan menenrukan akan melakukan atau meninggalkan nya." 

Definisi akhlaq menurut ke tiga pendapat di atas sepakat berpendapat bahwa akhlaq atau khuluk adalah sifat yanb tertanam di dalam jiwa manusia,  sehingga akan muncul secara sepontan bilamana diperlukan, tanpa melakukan pemikiran dan pertimbangan terlebih dahulu, serta tidak memerlukan dorongan dari luar.
Share This Article :
Candra fitriyanto

Pemuda dari desa yang ingin menjadi pebisnis, yang saat ini masi bekuliah di IAIN Metro Lampung Tandris Matematika (alamat: Mujirahayu kecamatan; seputih agung Kab: lam-teng)

5606159572399492275

Subscribe