MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pengertian Pemanasan global, Penyebab, Dampak Dan Cara Mengatasinya

Apa yang di Maksud pemanasan global? Pemanasan global adalah kondisi dimana peningkatan suhu rata rata pada permukaan bumi akibat konsentrasi gas rumah kaca yang berlebih, baik itu pada lapisan atmosfer, daratan, dan lautan.

Pengertian Pemanasan global, Penyebab, Dampak Dan Cara Mengatasinya

Pemanasan global begitu erat kaitannya dengan pencemaran udara di alam semesta. Meningkatnya jumlah karbon dioksida,  gas akibat pembakaran bahan bakar fosil, efek rumah kaca, dan aktivitas manusia lainnya, menjadi penyebab utama akan terjadinya pemanasan global hingga bertahun-tahun.

Menurut hasil penelitian yang di lakukan oleh para ahli menyatakan  bahwa suhu bumi mengalami peningkatan drastis selama kurang lebih satu abad terakhir, yakni hingga mencapai suhu 0,6°C. Mungkin terlihat kecil, akan tetapi pemanasan global tersebut sangat berpengaruh besar pada kehidupan di bumi.

Faktor Penyebab Terjadinya Pemanasan Global

Faktor Penyebab Pemanasan Global adalah:

Pengertian Pemanasan global, Penyebab, Dampak Dan Cara Mengatasinya

Pemanasan Global bisa terjadi akibat dari cara hidup manusia, penggunaan bahan konsumsi, dan teknologi yang di gunakan oleh para negara berkembang. Beberapa negara berkembang yang paling banyak menyumbangkan global warming ini seperti Amerika Serikat, Rusia, Inggris, China dan beberapa negara berkembang lainnya.

Seperti yang telah saya bahas tentang pengertian pemanasan global di atas, Maka berikut ini merupakan Faktor-faktor penyebab terjadinya global warming:

1. Polusi Karbon Dioksida

Karbon dioksida berasal akibat dari sebuah aktivitas manusia, mualai dari aktivitas ketika manusia menggunakan kendaraan, pembangkit listrik berbahan bakar fosil, mesin pabrik dan industri dan lain-lain.

Bisa di bilang polusi yang di sebabkan oleh karon di oksida merupakan penyumbang terjadinya globalk warming terbesar hingga saat ini. dan hingga saat ini polusi yang di sebabkan oleh karbon dioksida sudah semakin memburuk,karena banyaknya pengguna kendaraan bermotor di seluruh penjuru duni termasuk indonesia.

2. Penggunaan Bahan Kimia

Ada banyak produk dan kebutuhan yang di pakai manusia yang menggunakan bahan kimia, seperti contoh pupuk tanaman. Meski sudah di ketahui memberikan efek yang berbahaya,akan tetapi untuk penggunaan puuk kimia masi di gunakan hingga saat ini.

Pupuk kimia banyak mengandung gas nitrogen oksida yang memiliki kapasitas 300 kali lebih panas dibandingkan dengan zat karbon dioksida. Maka dari itu, kalian bisa membayangkan bagaimana dampak yang di timbulkan terhadap pemanasan global jika pupuk kimia terus saja digunakan secara berlebihan.

3. Penebangan dan Pembakaran Hutan

Prilaku penebangan dan pembakaran hutan secara liar yang tidak mempedulikan ke stabilan lingkungan  juga menjadi penyebab terbesar akan terjadinya global warming. Seperti kita talah ketahui, pepohonan di hutan merupakan penyumbang oksigen terbesar bagi mahluk hidup yang ada di bumi.

Dampak dari Penebangan dan pembakaran pepohona tidak hanya menyebabkan polusi udara, namun juga akan mengakibatkan hilangnya sebagian ‘paru-paru’ dunia untuk memproses karbon dioksida agar kembaliemjadi oksigen bersih.

4. Efek Rumah Kaca


Gedung bertingkat yang tinggi  tidak dapat menyerap panas matahari dan bangunan dengan banyak kaca akan  memantulkan cahaya matahari ke atmosfir. Yang mengakibatkan panas tersebut tertahan atau terperangkap di atmosfir oleh polusi udara dari karbon dioksida, sulfur dioksida,metana dan uap air.
Sehingga panas yang tak bisa diserap tersebut kembali ke mengarah ke permukaan bumi dan akan  tersimpan di sana. Proses ini terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama dan akan berdampak terhadap miningkatnya suhu rata-rata di permukaan bumi terus meningkat.

Dapak Dari Pemanasan Global

Berikut ini adalah beberapa dampak pemanasan global:

Pengertian Pemanasan global, Penyebab, Dampak Dan Cara Mengatasinya

1. Perubahan Iklim dan Cuaca

Pemanasan Global akan mengakibatkan terjadinya perubahan iklim dan cuaca di seluruh penjuru alam semesta. Hal ini terjadi karena kondisi atmosfir yang berubah di berbagai lokasi yang di sebabkan oleh efek pemanasan global tersebut.

2. Hujan Asam

Hujan asam yang di sebabkan oleh Asap hasil pembakaran batubara dan minyak menyebabkan terbentuknya emisi SO dan nitrogen oksida. Ketika emisi SO dan nitrogen oksida tersebut bereaksi di udara maka akan menciptakan asam nitrat, asam sulfat. Dan itulah yang akan mengakibatkan terjadinya hujan asam.

Hujan asam ini juga dapat mengakibatkan kerusakan pada benda seperti benda logam, merusak tanaman, sulit bernafas, dan lain sebagainya.

3. Es Kutub Utara dan Selatan Mencair

Akivbat pantulan sinar matahari yang terjadi akibat global warming akan meneyebabkan kutub utara dan selatan akan mencair, dengan panas yang di pantulkan olah atmosfir yang kembali ke bumi.

Apabila es di kutub utara dan selatan terus saja mencair maka sinar matahari akan semakin banyak terserap dan menimbulkan panas yang ber lebih. Selain itu, dengan di ercepatnya proses pencairan es  akan membuat  binatang yang hidup di habitat dingin seperti  di kutub utara dan selatan kehilangan habitatnya.

4. Permukaan Laut Naik


Dampak dari mencainya es di katub utara dan selatan maka hasil dari pencairan es tersebut  akan mengalir menuju laut. Sehingga menyebabkan  permukaan air laut akan semakin bertambah  debitnya dan air laut akan semakin tinggi secara perlahan-lahan.

Beberapa ilmuwan berkata, Di sepanjang abad 20 permukaan air laut sudah naik hingga 25 cm. Dan  para ilmuan memperkirakan permukaan bahwa,air laut akan terus naik hingga mencapai ketinggian 88 cm. Sehingga akan membuat area daratan di permukaan bumi semakin berkurang karena semakin tingginya air laut.

5. Ekologis Terganggu

Global warming sangat berdampak besar bagi semua mahluk hidup yang ada di bumi, termasuk hewan dan tumbuhan. Aktivitas manusia yang sering menyebabkan global warming akan menyebabkan para hewan  melakukan migrasi ke tempat lain.

Serta beberapa tumbuhan pada suatu daerah bisa hilang bahkan mati karena iklimnya sudah tidak sesuai dengan kondisi habitat aslinya.

6. Lapisan Ozon Menipis


Lapisan ozon adalah lapisan yang menyelimuti bumi sehingga dapat memfilter radiasi langsung yang di peroleh dari sinar matahari. Akibat dari terjadi nya Global warming mengakibatkan lapisan ozon ini semakin menipis bahkan sudah mengalami kerusakan rusak.

Akibat rusak nya lapisan ozon ini adalah apabila atmosfer tidak lagi memfilter sinar matahari, naka sinar matahari akan langsung terpapar pad kulit manusia ataupun mahluk hidu yang ada di bumi. Sinar ultraviolet yang langsung mengenai kulit ataupun mahluk hidup yang ada di bumi akan mengakibatkan penyakit kulit hingga kanker kulit dan bagi tumbuhan akan membat tumbuhan tersebut mengering.

7. Pergantian Musim Berubah


Siklus musim di berbagai wilayah bumi selalu mengalami perubahan atau menjadi tidak teratur dari adanya dampak pemanasan global. Sehingga hal ini menyebabkan banyaknya berbagi masalah bagi kehidupan di muka bumi  seperti manusia misalnya perubahan musim hujan dan musim kemarau.

Dan dampak pergantian musim ini juga berpengaruh ke pada industri pertanian dan peternakan. Musim tanam dan musim panen yang tidak bisa di pastikan krena musim yang berubah-ubah, akan mengakibatkan hasil pertanian dan peternakan menjadi menurun.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Cara mengatasi adalah...? Pemanasan global dapat diatasi dengan tindakan yang dilakukan  oleh semua umat manusia di muka bumi ini. semua eksplorasi alam di bumi ini harus di kendaliakan dengan baik.
Pengertian Pemanasan global, Penyebab, Dampak Dan Cara Mengatasinya

Kita akan Mengacu pada pengertian pemanasan global di atas, Maka akan tersimpulkan bagaimana cara mengatasi pemanasan glonbal ini dan berikut ini adalah beberapa upaya sederhana yang harus di nlakukan untuk mengatasi pemanasan global:

1. Kurangi Penggunaan Motor

Kendaraan bermotor telah menjadi kebutuhan manusia sekarang sebagai alat transportasi. Namun, kita sering lupa bahwa kontribusi kendaraan bermotor berkontribusi terhadap CO2 yang menyebabkan pemanasan global

Untuk mencegah pemanasan global, kita dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan menggunakan transportasi massal. Jadi, polusi udara akan berkurang dan bisa mengatasi pemanasan global.

2. Menjaga Konservasi Alam

Eksploitasi produk alami yang berlebihan lebih merusak daripada keuntungan jangka panjang. Penebangan dan pembakaran hutan untuk membersihkan daratan harus dikontrol atau dihentikan.

Penanaman pohon di tanah ditebang dengan tindakan nyata yang dapat dilakukan untuk mengatasi pemanasan global.

3. Kontrol penggunaan listrik

Pemanfaatan listrik juga dapat menyebabkan pemanasan global. Ini tampaknya tidak penting tetapi dampaknya sangat besar.

Penerangan dan peralatan listrik dapat menghemat panas Anda. Bayangkan bahwa banyak panas yang dilepaskan ketika semua manusia di bumi menggunakan listrik juga. Selain membantu mengatasi pemanasan global, dengan mengendalikan penggunaan listrik, kita akan lebih efisien dan hemat biaya.

4. Mengontrol Limbah

Limbah dapat melepaskan gas berbahaya ke udara. Gas-gas berbahaya ini selama menimbulkan bau tak sedap, bisa juga menimbulkan efek gas rumah kaca yang menyebabkan panas di bumi.

Dengan mengendalikan limbah, limbah industri, dan limbah, dapat membantu mengatasi pemanasan global.

Penutup

Pemanasan global sangatlah berdampak besar bagi semua kehidupan yang ada di bumi, olaeh karena itu kita sebagai masyarakat duni harus menjaga bumi ini dengan sebaikmungkin. Kita harus bijak dalam menggunakan dan melakukan segala sesuatu agar bumi ini tidak rusak karena ulah kita.

Mungkin hanya itu yang bisa saya berikan tentang apa itu pemanasan global, penyebab kenapa pemanasan global bisa terjadi, dampak akibat terjadinya pemanasan global dan bagaiman cara kita harus mencegah pemananasan global semagin besar. semoga pembahasan di atas mampu menyadarkan kita betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup kita.
Share This Article :
Candra fitriyanto

Pemuda dari desa yang ingin menjadi pebisnis, yang saat ini masi bekuliah di IAIN Metro Lampung Tandris Matematika (alamat: Mujirahayu kecamatan; seputih agung Kab: lam-teng)

5606159572399492275

Subscribe