Skip to main content

Cara Menginterpretasi Teks Ulasan Pada Film

Menginterpretasi Teks ulasan Film

A. Menginterpretasi Teks ulasan Film

Dalam pelajaran sebelumnya, Anda sudah memahami bahwa ulasan film/drama merupakan tanggapan seseorang terhadap jalannya suatu tayangan film atau pementasan drama. Tanggapan tersebut biasanya bersifat subjektif jika tidak didasari oleh teori tertentu atau alasan-alasan yang tidak didasarkan pada fakta. Oleh karena itu, kemungkinan munculnya pernyataan-pernyataan yang tidak dipahami dalam ulasan tersebut bisa saja terjadi. Demikian pula dengan penggunaan istilah-istilah teknis bidang perfilman/ drama yang dapat menghambat pemahaman pembacanya. Alasanalasan itulah yang membuat proses interpretasi diperlukan agar teks ulasan dapat dipahami dengan baik.

Interpretasi bertujuan untuk memaknai kembali maksud dan arti penting sebuah teks ulasan.
1. Maksud dalam hal ini berkaitan dengan arti suatu kata, kelompok kata, kalimat, paragraf, atau keseluruhan teks. Perhatikan cuplikan teks berikut.
Ketegaran, kerja keras, dan keindahan tempat khas Korea juga sangat menonjol dalam serial ini. Kisah yang indah dan dipadu dengan pemandangan alam yang indah menambah nilai lebih serial ini. Tidak heran jika teman saya tidak bosan menonton serial ini berkali-kali. Lagu dalam serial drama ini juga bagus. Musik dan liriknya indah. Aktor dan aktrisnya pun berpenampilan menarik. Drama ini memiliki kriteria lengkap untuk menjadi serial drama favorit.
Dalam teks tersebut ada beberapa kata atau istilah yang memerlukan penjelasan. Kata-kata tersebut adalah serial. lirik, aktor; dan aktris. Agar kita dapat lebih paham dengan cuplikan tersebut, kita perlu mengartikan istilah-istilah terlebihdahulu. Misalnya, dengan bertanya kepada ahlinya atau dengan membuka kamus.

Maksud keseluruhan cuplikan di atas adalah penulis (pengulas) menyatakan sisi positif dari film tersebut, yakni mengandung pesan moral, seperti ketegaran dan kerja keras. Selain itu, ditampilkan pula keindahan alam sebagai latar film, lagu pengiringnya yang bagus, serta aktor/aktrisnya yang menawan.

Dengan demikian, kata-kata kunci yang dapat kita gunakan untuk menginterpretasi ulasan film/drama adalah sebagai berikut.

a. Ulasan itu menyatakan .....
b. Ulasan itu menjelaskan .....
c. Ulasan itu mengungkapkan.... 
d. Ulasan itu menggambarkan..

2. Arti panting dari teks ulasan adalah memberikan penjelasan tentang isi dan kualitas suatu film atau drama kepada masyarakat luas. Melaiui teks ulasan, masyarakat mengetahui dan mendapat pencerahan tentang isi keseluruhan suatu film/drama beserta kualitasnya. Bahkan, mereka dapat pula memperoleh panduan untuk menikmati tontonan tersebut dengan benar.

Sumber:Buku Bahasa Indonesia Kelas XI SMK/MK jilid 2 "KREATIF BERBAHASA INDONESIA" BAB 10 HALAMAN 224-225
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar