Skip to main content

Memahami Struktur dan kaidah pantun

A. Struktur dan Kaidah Pantun

Memahami Struktur dan kaidah pantun

Pantun termasuk jenis puisi lama yang ciri umumnya adalah rerikat oleh bcrbagai kctcntuan. Kctcntuan tcrsebut adalah banyaknya larik di setiap bait, banyaknya suku kata di sctiap larik, dan pola rima yang tcratur. Ketcntuan tcrscbut berbcda antara jenis puisi yang satu dcngan puisi lainnya. Misalnya, amara pantun dcngan syair. Keduanya merupakan jenis puisi lama, tetapi memiliki karakteristik yang berbeda.

Bacalah puisi berikut dengan cermat.

Gunung Daik timang-timangan
Tempat kera berulang kali
Budi yang baik kenang-kenangan
Budi yang jahat buang sekali 
Kalau ada kembang yang baru
Bunga kenanga dikupas jangan
Kalau ada sahabat yang baru
sahabat lama dibuang jangan
Obat-obatan dijual di Perigi
Berjual beii harus di kedokteran
Persahabatan biaI betjalan abadi
Silaturahmi terns kita jalankan
Puisi tersebut memiliki keteraturan dalam banyak hal. Jumlah baris di tiap baitnya sama. Rima akhirnya pun berpola tetap. Begitu pula dengan jumlah suku kata untuk setiap lariknya yang hampir seimbang Dalam puisi di atas juga terdapat sampiran dan isi. Demikian kcteraturan yang dimiliki oleh puisi yang disebut pantun.

Pantun merupakan salah satu bentuk puisi lama. Pantun dibentuk oleh bait-bait dan setiap bait terdiri atas baris-baris. Hanya saja, pantun lebih terikat oleh aturan-aturan baku. Jumlah baris dalam setiap baitnya telah ditentukan, jumlah suku kata dalam setiap barisnya pun tclah ditentukan. Pantun juga memiliki pola bunyi akhir dalam setiap baris.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pantun memiliki struktur dan kaidah scbagai berikut .

1) Terdiri atas empat baris.
2) Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.
3) Dua baris pertama disebut sampiran dan dua baris berikutnya disebut isi pantun.
4) Pantun mementingkan rima/bunyi akhir dcngan pola a-b a-b. Bunyi akhir baris pertama sama dengan bunyi akhir baris ketiga , sedangkan baris kedua sama dengan baris keempat.

Sumber:Buku Bahasa Indonesia Kelas XI SMK/MK jilid 2 "KREATIF BERBAHASA INDONESIA" BAB 3 HALAMAN 68-69
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar