MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Apa Yang Dimaksud Wawasan Nusantara


Apa yang di maksud wawasan nusantara


Apa Yang Dimaksud Wawasan Nusantara? wawasan nusantara adalah...

Apa Yang Dimaksud Wawasan Nusantara? Wawasan nusantara adalah suatu cara pandang atau sikap bangsa inndonesia terhadap jati diri beserta bentuk geografinya berdasarkan Undang-Undang 1945 yang menjunjung tinggi kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Sedangkan secara etimologis wawasan nusantara dalam bahasa jawa yaitu wawas,nusa dan antara. Arti wawas adalah sebuah pandang, penglihatan indrawi, pandang. Kata nusa memiliki arti pulau atau kesatuan kepulauan, dan antara memiliki makna dua dan samudra dan dua benua.

Sehingga secara garis besar wawasan nusantara memiliki arti sebuah cara pandang bangsa indonesia pada kesatuan kepualuan yang berda pada dua benua dan dua samudra.

Adapanu dasar hukum wawasann nusantara yang sudah di terima sebagai konsep politik dalam kewarganegaraan tercantum dalam UU;

  • Tap MPR, No. IV/MPR/1973 Pada tanggal 22, 03, 1973
  • Tap MPR. No. IV/1978/22/maret/1978/Tentang GBHN
  • Tap MPR. No. II/MPR/1983/12/maret/1983


Adapun Pengertian wawasan Nusantara Menurut para Ahli

Untuk memperkuat argumen di atas maka kami akan memberikan pengertian wawasan nusantara menurut para ahli. kami disini akan memberikan pendapat para ahli yang paling populer yaitu ada 5 pendapat mengenai apa itu wawasan nusantara yang bisa anda lihat di bawah ini:

1. Prof. Wan Usman
Prof. Wan Usman berpendapat, pengertian dari Wawasan Nusantara adalah Suatu sudut pandang bangsa Indonesia tentang jati diri dan tanah airnya yang merupakan sebagai negara kepulauan dengan segala keragaman nya.

2. Samsul Wahidin
Samsul Wahidin berpendapat, pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang, cara memahami, cara menghayati, cara bertindak,bersikap, berpikir dan bertingkah laku bagi Bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi dari proses-proses psikologis, sosiokultural dalam arti yang luas dengan aspek-aspek kebangsaan.

3. Munadjat Danusaputro
Munadjat Danusaputro berpendapat, pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensi yang serba terhubung serta pemekarannya di tengah-tengah lingkungan tersebut berdasarkan asas nusantara.

4. Srijanti, Achmad Zubaidi, dan Kaelan
Srijanti, Achmad Zubaidi dan kaelan berpendapat Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya.

5. Sumarsono
Sumarsono Berpendapat mengenai definisi wawasan nusantara adalah nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang-undangan yang berlaku pada setiap strata di seluruh wilayah negara, sehingga menggambarkan prilaku dan sikap, susutpandan serta semangat nasionalisme yang tinggi yang menjadi jati diri dan idengtitas Bangsa Indonesia.

Mungkin itu yang bisa saya berikan mengenai apa yang di maksud wawasan nusantara, semoga dapat menambah pengetahuan anda semua dan semoga bermanfaat. Dan tidak lupa saya meminta maaf kepada sahabat Pejuangspd.com jika ada kesalahan dalam penulisan materi ini.
Share This Article :
Candra fitriyanto

saya adalah mahasiswa tadris matematika IAIN Metro Lampung

5606159572399492275

Subscribe