Skip to main content

Informasi Hari Libur Nasional Tahun 2020

Hari Libur Nasional Tahun 2020

Pejuangspd.com-hai sahabatat pejuang spd di seluruh indonesia bahakan dunia, pada kesempatan ini kami alan memberikan Info mengenai Hari Libur Nasional Tahun 2020 yang di kutip dari situs resmi Liburnasional.com.
Hari Libur Nasional Tahun 2020

Kami meberikan informasi tentang kalender Hari Libur Nasional Tahun 2020 ini agar sahabat tidak kebingungan dan bisa mengatur semua jadwal yang akan anda buat pada tahun 2020 esok agar tidak terbentur dengan hari libur.

Dengan adanya Informasi Hari Libur Nasional Tahun 2020 maka anda bisa menyusun jadwal sedemikian rupa agar lebuh efektif karena telah mengetahui kapan saja si hari libur pada tahun 2020.

Hari Libur Nasional Tahun 2020

Hari libur nasional 2020 adalah sebuah masa dimana semua orang terbebas dari suatu pekerjaan baik perkantoran maupun sdi dunia persekolahan. dan berikut adalah jadwal hari libur nasional 2020;

Hari Libur Nasional Tahun 2020

Keterangan:

1.Tahun Baru Masehi
Tahun baru 2020 tiba pada hari Rabu, 1 Januari 2020. Tahun baru adalah tahun baru berdasarkan kalender Gregorian yang merupakan kalender yang paling banyak digunakan oleh negara-negara di seluruh dunia. Kalender ini, dibuat pada akhir abad ke-15, menggunakan rotasi matahari sebagai titik referensi.

2.Tahun Baru Imlek
Menurut kalender Cina, Tahun Baru Cina 2571 menandai awal tahun tikus. Kalender Cina adalah kalender yang menggunakan rotasi matahari dan lunisolar. Jika dihitung berdasarkan kalender, Tahun Baru Cina harus tiba antara Januari dan Februari. Tahun ini perayaan Tahun Baru Cina tiba pada hari Selasa, 25 Februari 2020.

Tahun Baru Imlek biasanya dirayakan dengan makan malam bersama keluarga, kegiatan pembersihan untuk menghilangkan "takdir" tahun lalu dan sambutan "benar" di tahun baru. Selain itu, perayaan Tahun Baru Cina tidak berbeda dengan hiasan atau amplop merah. Angpao biasanya diberikan kepada orang yang sudah menikah yang belum menikah.

Di Indonesia, Tahun Baru Cina ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Pameran No. 19/2002 dan telah dirayakan sebagai hari libur nasional sejak tahun 2003. Selain Indonesia, Tahun Baru Cina juga merupakan hari libur nasional di Brunei, Filipina, Korea, Malaysia, Mauritius, Singapura, Cina, Thailand dan Vietnam.

3. Isra Mi'raj
Isra Miraj adalah pengingat dua peristiwa yang sangat berbeda dalam pengajaran Islam. Dalam kasus Israel dikatakan bahwa Muhammad pergi dari Mekah ke Yerusalem semalam. Mekah dan Yerusalem, dipisahkan oleh lebih dari 1.200 km, hanya bisa dilakukan pada satu malam oleh Buraq yang dikirim oleh Allah kepada Nabi. Malam itu juga, Nabi Muhammad SAW juga diangkat ke surga untuk meminta shalat lima waktu. Acara ini ditulis di acara Miraj.

Acara Isra Miraj dirayakan setiap tanggal 27 Rajab pada kalender Scrabble. Menurut kalender Kristen, tahun ini Miraj Isra tiba pada 22 Maret 2020.

4. Hari Raya Nyepi
Nyepi adalah perayaan Tahun Baru berdasarkan kalender Bali. Kalender ini adalah kalender yang dimodifikasi dari kalender asal India dengan elemen tambahan dari komunitas lokal. Dalam kalender Kristen, Nyepi seharusnya turun antara Maret dan April. Untuk tahun ini, Nyepi dirayakan pada hari Rabu, 25 Maret 2020 (1 Dari 1942).

Nyepi dirayakan oleh umat Hindu di Indonesia. Tampaknya menjadi kata hening yang berarti hening dan komunitas Hindu menghentikan semua kegiatan pada hari suci ini. Di provinsi Bali yang mayoritas beragama Hindu, semua kegiatan publik dikecualikan kecuali rumah sakit. Bahkan bandara internasional Ngurah Rai ditutup 24 jam.

5. Jum'at Agung
Jumat Agung jatuh pada hari Jumat, 10 April 2020. Jumat Agung adalah hari peringatan penyaliban Yesus Kristus di bukit Golgota. Dalam kalender Kristen, Jumat Agung selalu dirayakan setiap Jumat sebelum Minggu Paskah.

Minggu Paskah itu sendiri adalah hari yang penting untuk menghitung perayaan hari-hari suci Kristen lainnya termasuk hari Jumat. Contoh lain adalah hari Minggu merayakan hari Minggu sebelum Minggu Paskah, Bangkitnya Yesus Kristus dirayakan 40 hari setelah Minggu Paskah dan Pentakosta dirayakan 50 hari setelah Minggu Paskah. Karena hari Minggu selalu mengubah tanggal setiap tahun, Jumat Agung juga mengubah tanggal setiap tahun.

6.Hari Buruh
Hari Buruh adalah hari perayaan yang sukses dan kontribusi pekerja dan pekerja terhadap kemajuan ekonomi dan sosial di seluruh dunia. Hari Buruh juga sering disebut Hari Buruh karena dirayakan pada tanggal 1 Mei setiap tahun. Tahun ini adalah Hari Buruh pada hari Jumat, 1 Mei 2020.

Asal mula tenaga kerja berasal dari banyak perjuangan kaum buruh yang memperjuangkan hak-hak ketika kapitalisme tumbuh dan berkembang di abad ke-19. Pada abad ke-19, perkembangan industri yang pesat menyebabkan perubahan dramatis, terutama di negara-negara Eropa Barat dan Amerika Serikat. Disiplin yang ketat dan jam kerja yang sangat sulit serta upah yang rendah dan kondisi kerja yang buruk telah menimbulkan perlawanan dari pekerja. Pada saat itu, tuntutan utama para pekerja adalah lebih dari delapan jam. Angka delapan jam didasarkan pada pembagian 24 jam sehari menjadi: 8 jam kerja, 8 jam istirahat dan 8 jam rekreasi.

Meskipun organisasi buruh di Amerika Serikat dan Eropa Barat meningkat, setiap organisasi buruh masih memperingati hari kerja pada tanggal yang berbeda. Misalnya, provinsi Oregon Amerika Serikat menetapkan hari kerja pada bulan September. 1 Mei dikenang sebagai buruh harian setelah bentrokan antara pasukan keamanan dan pekerja yang membunuh nyawanya pada 4 Mei 1886. Pada tahun-tahun berikutnya, 1 Mei kemudian digunakan sebagai tanggal untuk memperingati peristiwa berdarah ini.

Ini pada tahun 1889, pada tanggal 1 Mei, dipilih oleh kongres sosialis dunia sebagai hari kerja. Resolusi yang merayakan 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional disambut oleh semua negara. Ini adalah awal perayaan 1 Mei sebagai hari kerja yang juga disebut May Day yang dirayakan oleh semua pekerja di dunia.

Di Indonesia, serikat pekerja telah diperingati sejak 1 Mei 1920. Namun, selama Orde Baru, hari-hari kerja di Indonesia tidak diperingati dan 1 Mei tidak lagi didefinisikan sebagai hari kerja karena gerakan buruh dan serikat pekerja terkait dengan partai komunis.

Ketika pesanan baru selesai, bahkan pada 1 Mei tidak ada hari libur tetapi tindakan pekerja dan pekerja di berbagai kota di Indonesia kembali mekar setiap 1 Mei. Baru pada tahun 2013 pemerintah Indonesia menetapkan kembali 1 Mei sebagai hari kerja internasional dan pembentukan hari libur nasional berlangsung pada tahun 2014.

7.Hari Raya Waisak
Waisak adalah hari suci yang seharusnya dirayakan oleh semua umat Buddha. Di India, hari Waisak disebut Visakah Puja atau Buddha Purnima, di Tibet disebut Saga Dawa. Malaysia dan Singapura dan Sri Lanka disebut Vesak, dan Thailand menyebut Visakha Bucha. Hari Waisak ini diperingati pada bulan Mei ketika bulan Sidhi atau sinar bulan memperingati 3 peristiwa penting: kelahiran Siddharta pada 623 SM, deskripsi hebat pagar Siddharta ke dalam agama Buddha pada tahun 588 SM, dan kematian Buddha Gautama pada tahun 543 SM sebagai istilah Vesak tisucis. Perayaan Waisak tahun ini tiba pada hari Kamis, 7 Mei 2020.

Peringatan Hari Waisak diadakan di Indonesia sesuai dengan keputusan WFB yang merupakan pusat dari kompleks candi Borobudur di Jawa Tengah. Serangkaian liburan Waisak di Indonesia telah mulai mengumpulkan air berkat lompat-starter yang berlokasi di Kabupaten Temanggung, disertai dengan obor menggunakan sumber api abadi Mrapen di Kabupaten Grobogan.

Di bagian kedua Vesak, upacara amal, diadakan dengan menyumbang sebagai makanan untuk para biksu yang dilakukan oleh semua umat Buddha dengan tujuan memberikan kesempatan bagi semua yang ingin melakukan perbuatan baik. Kemudian seri berikutnya yang terjadi sebelum Vesak adalah samadhi ketika bulan purnama mendekati puncaknya. Bulan purnama ini ditentukan oleh perhitungan kandang di langit tempat bulan purnama dan siang hari. Ini adalah 3 acara utama yang merupakan acara khusus untuk memperingati Hari Waisak yang juga diikuti oleh kehadiran prada, parade, dan berbagai acara seni lainnya.

Hari Waisak ini juga digunakan oleh umat Buddha untuk menghormati dan merenungkan semua kebajikan makhluk gaib buddha, dharma, dan sangha. Dia kemudian memberdayakan hati nurani atau kepercayaan sejati berdasarkan pada tekad, memaksimalkan paramita atau kualitas-kualitas baik yang berasal dari para leluhur, mengulangi dan menggambarkan khotbah-khotbah Buddha.

8.Bangkitnya Yesus Kristus
Hari kenaikan Yesus Kristus atau kenaikan Yesus Kristus adalah pengingat kenaikan Yesus ke surga. Setelah memberikan pesan terakhirnya kepada para pengikutnya di Bukit Zaitun di dekat kota Yerusalem, ia menyaksikan Yesus naik ke langit sampai benar-benar dikaburkan oleh awan. Acara ini seharusnya dirayakan pada tanggal 40 atau Kamis 6 setelah Minggu Paskah.Perayaan kenaikan isa almasihtahun ini dirayakan pada hari Kamis, 21 Mei 2020.

9.Idul Fitri 2020
Idul Fitri atau yang biasa disebut Idul Fitri di Indonesia adalah hari raya Muslim yang jatuh pada tanggal 1 bulan kalender Islam. Jika dihitung berdasarkan kalender Kristen, Shawwal pertama-tama akan memiliki tanggal yang berbeda setiap tahun. Bahkan pada tahun 2000, umat Islam merayakan Idul Fitri dua kali: pada bulan Januari dan Desember. Ini akan terjadi lagi pada tahun 2035 dan 2036. Untuk tahun ini, Idul Fitri tiba pada hari Minggu, 24 Mei 2020 pada kalender Kristen dan pada 1 Syawal 1441 pada kalender Hijriah.

Idul Fitri atau Idul Fitri adalah acara penting bagi umat Islam di Indonesia untuk berkumpul dan bertemu dengan kerabat dan keluarga. Di Indonesia, banyak tradisi lokal sekarang menjadi bagian dari program liburan Idul Fitri yang tidak ditemukan di Timur Tengah atau negara lain mana pun. Salah satunya adalah bailal atau pengampunan halal dari periode Idul Fitri yang dimulai dengan khotbah Pengawal Songo pada abad ke-15. Belum lagi bahwa berlian diyakini berasal dari bahasa Jawa Jawa atau cepat dikenali (mengakui kesalahan). Telapak tangan ditenun menjadi masalah dan dosa manusia, sedangkan berlian putih ada di dalam lambang kemurnian hati setelah semua pengampunan.

10. Hari Kemerdekaan Indonesia
Lahir Pancasila sebenarnya adalah judul pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945 selama sesi persiapan kemerdekaan Indonesia. Bung Karno mengungkapkan gagasan tentang pangkalan nasional Indonesia: Yayasan pertama yang menjadikan pangkalan nasional Indonesia sebagai pangkalan nasional adalah karena ia adalah negara yang didedikasikan untuk semua orang dari puncak Aceh hingga Irian (Papua).

Poin kunci lain yang disampaikan Bung Karno adalah bahwa internasionalisme adalah pilar fundamental pertama di mana kewarganegaraan Indonesia bukanlah kebangsaan yang terisolasi atau chauvinis, tetapi sebuah bangsa yang menghormati bangsa-bangsa lain di seluruh dunia terhadap persatuan dan kadang-kadang dunia. Kemudian Bung Karno menjelaskan dasar konsensus, dasar representasi dan dasar konsensus karena Indonesia bukan satu negara untuk satu orang atau hanya satu kelompok, tetapi sebuah negara untuk semua. Untuk memahami hal ini, perlu dan konsultasi mutlak.

Poin berikutnya adalah kesejahteraan rakyat karena bagi Bung Karno tidak perlu ada kemiskinan di Indonesia merdeka. Prinsip terakhir yang diungkapkan oleh Bung Karno adalah prinsip Ketuhanan bahwa Indonesia merdeka memberikan kesempatan bagi semua orang untuk menyembah dan menyembah Tuhan mereka dengan bebas.

Lima yayasan negara, yang sekarang dikenal sebagai Pancasila, diterima oleh semua anggota badan persiapan kemerdekaan sampai secara resmi diadopsi pada 18 Agustus 1945, tak lama setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. 1 Juni adalah peringatan kelahiran Pancasila dan ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016.

11. Hari Raya Idul Adha
Idul Adha biasanya disebut Hari Pengorbanan karena sama dengan perayaan para korban yang dirayakan oleh umat Islam pada tanggal 10 Dzulhijjah. Dalam kalender Kristen, perayaan Idul Fitri tahun ini dirayakan pada hari Jumat, 31 Juli 2020.

Perayaan Idul Adha didasarkan pada kisah Abraham yang pada waktu itu memiliki banyak pengorbanan hewan seperti domba, sapi, dan unta. Tetapi nabi Ibrahim tidak mempercayainya, tetapi dia berjanji pada dirinya sendiri bahwa dia akan membunuh anak-anaknya sendiri jika dia diberkati dengan anak-anak. Sumpah itu diucapkan karena istrinya pada saat itu, Sarah, tidak punya anak bahkan setelah menikahi Abraham. Kemudian Ibrahim mengirimnya pulang bersama Siti Hajar. Ini adalah awal dari sejarah Idul Adha.

Tidak lama setelah menikahi Hajar, dia diberkati dengan seorang putra bernama Ismail. Sampai suatu malam, Nabi Ibrahim bermimpi meminta Allah untuk mematuhi nadzar yang akan membunuh anak itu. Meskipun bingung, Abraham akhirnya mematuhinya. Ismail, yang pada usia 7, diterima dengan sungguh-sungguh. Namun, pisau yang digunakan untuk membunuh Ismail tampaknya tidak mampu membunuh. Demikian ucapan selamat Ismail. Dalam beberapa catatan, disebutkan juga bahwa Allah mengganti Ismail dengan domba hingga akhirnya pembentukan korban terlihat pada Idul Adha dengan domba atau binatang lain. Oleh karena itu, Idul Adha sering disebut sebagai Hari Pengorbanan atau Kurban karena identik dengan penyembelihan hewan korban.

Di Indonesia, Idul Fitri biasanya diingat oleh Doa Idola. Meskipun beberapa kelompok mungkin memiliki hari yang berbeda untuk menentukan tanggal pesta, tidak ada perbedaan dalam prosedur untuk melaksanakan Doa Id. Biasanya, sholat dilakukan di masjid. Namun, banyak juga yang melakukan masjid, ladang, dan bahkan alun-alun. Jika jumlah penyembahnya besar, Idol Idol biasanya dilakukan di lapangan atau persegi. Meskipun kebanyakan orang mengikuti pemerintah untuk merencanakan liburan ini, banyak yang mungkin mengingatnya lebih awal atau lebih lambat.

Setelah melakukan salat Id, mereka biasanya diikuti dengan menyembelih hewan korban. Meskipun beberapa hewan telah disembelih untuk hari itu untuk membunuh korban. Di beberapa daerah, warga mengumpulkan hewan mereka di masjid sambil berdoa untuk sholat Ied. Tetapi banyak juga yang disembelih di rumah mereka. Tidak dilupakan, takbir terus menyembah dengan suara yang manis dan nyaring.

Ada beberapa tradisi unik di Indonesia untuk peringatan liburan ini. Salah satunya adalah gua kasar yang terletak di istana Yogyakarta. Tradisi ini telah lama diikuti dan diwariskan dari generasi ke generasi ke sebuah parade gunung 3 potong yang menampilkan berbagai makanan. Tradisi ini dipercaya bisa melancarkan kekayaan. Selain itu, di Semarang ada juga tradisi banding di mana penduduk desa membuang hutan di jalan raya. Ada juga tradisi pernikahan sapi yang unik di mana tujuannya adalah untuk menghormati sapi yang bisa disembelih oleh rumah tangga.

12. Hari Kemerdekaan 
Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tiba Senin, 17 Agustus 2020.

Pada peringatan kemerdekaan ini, upacara bendera di Kerajaan Independen dipimpin oleh Presiden. Pada upacara pagi ini, penembak meriam, bendera bendera merah putih dan membaca proklamasi kemerdekaan. Semua kegiatan ini disiarkan langsung oleh semua stasiun televisi Indonesia. "

13. Tahun Baru Hijriyah
Tahun Baru Hijriah tiba pada tanggal 1 Muharram dalam kalender Islam. Dalam sejarahnya, tahun pertama Hijriah didirikan oleh Umar bin Al-Khattab untuk menandai persiapan Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah pada 622 Masehi. Untuk tahun ini, Tahun Baru Hijriah 1442 tiba pada hari Kamis, 20 Agustus 2020.

Meskipun pada zaman kuno orang-orang Arab mengetahui kalender lunar dengan bulan pertama Muharram dan Dzulhijjah pada bulan ke-12, orang-orang Arab mengenal tahun itu dengan menyebutnya sebagai peristiwa penting tahun itu. Misalnya, sejarah kelahiran Nabi Muhammad, yang dikenal sebagai "Tahun Gajah", adalah karena tahun itu ada serangan dari Ka'bah oleh pasukan yang menggunakan gajah sebagai kendaraan perang.

Penggunaan sistem Hijriah tahun baru dimulai pada masa Umar bin Al-Khattab r.a. atau 6 tahun setelah kematian Nabi. Satu sejarah memberitahu kita ketika khalifah menerima surat balasan yang mengkritik bahwa surat sebelumnya telah dikirim selama beberapa tahun. Dia kemudian berkonsultasi dengan teman-temannya dan setuju untuk beremigrasi Nabi dari Mekah ke Madinah pada awal masa tujuh tahun dalam Islam.

Di Indonesia, Tahun Baru Hijriah disambut oleh para pecinta yang luar biasa terutama orang Jawa yang juga merayakan 1 Muharram atau 1 Suro. Orang-orang Jawa mulai merayakan Tahun Baru Hijriah pada abad ke-16 ketika Sultan mengadopsi 1 Muharram sebagai tahun Jawa baru dan menggabungkan tradisi Jawa dengan Islam dalam upaya untuk memperluas ajaran Islam di kepulauan.

Di Yogyakarta, publik bersama para pejabat kerajaan menyanyikan lagu yang berisi doa dan ucapan syukur kepada Allah SWT. Selain itu, ritual Lampah Mubeng juga dilakukan di sekitar kompleks kerajaan tanpa berbicara, minum atau merokok sebagai bentuk refleksi dan refleksi diri. Di daerah lain, malam pertama Muharram juga dirayakan dengan kehadiran obor bergerak sambil menawarkan doa dan doa. Obor adalah untuk pindah dari kegelapan ke kehidupan yang cerah.

14. Nabi Muhammad 
Ulang tahun Nabi akan datang pada hari Kamis, 29 Oktober 2020. Kata maulid dalam bahasa Arab berarti hari ulang tahun Nabi dan Ulang Tahun Nabi adalah hari peringatan kelahiran Nabi Muhammad. Umat ​​Muslim di berbagai negara merayakan ulang tahun Nabi setiap tanggal 12 Rabiul Pertama dalam kalender Islam.

Di Indonesia, perayaan ulang tahun Nabi dilakukan dengan tradisi yang berbeda di setiap wilayah. Di daerah Solo dan Yogyakarta, perayaan ulang tahun Nabi dilakukan oleh keluarga kerajaan dalam bentuk tradisi Yunani Maulud. Istana mendistribusikan gunung yang berisi berbagai jenis pertanian dan makanan pasar untuk umum.

Di Mojokerto, tradisi Keresan identik dengan ulang tahun Nabi. Dalam tradisi Keresan, saingan menemukan berbagai pertanian yang ditanami pohon. Pohon berlimpah dengan berbagai tanaman sebagai simbol kelahiran Nabi Muhammad, yang membawa berkah bagi umat Islam di seluruh dunia.

Seperti di daerah Banten, penduduk setempat merayakan Ulang Tahun Nabi dengan pameran Maulud yang panjang. Pada acara ini, puluhan kendaraan hias dan jembatan penuh dengan berbagai makanan, pertanian, pakaian dan barang-barang lainnya diarak di seluruh kota dan kemudian dibagikan kepada masyarakat di sekitarnya.

15. Hari Natal 
Hari Natal adalah 25 Desember 2020.

Kata "Natal" dalam bahasa Portugis berarti kelahiran. Natal dirayakan setiap tahun oleh orang-orang Kristen sebagai hari ulang tahun Yesus. Pohon Natal, kartu Natal, Sinterklas adalah aspek budaya dari banyak negara Eropa yang kemudian menjadi bagian dari tradisi Natal di seluruh dunia.

Sama seperti di luar negeri, perayaan Natal di Indonesia juga menggabungkan budaya lokal. Sebagai contoh, perayaan Natal di Yogyakarta dihiasi dengan pertunjukan boneka yang menceritakan kelahiran Yesus Kristus. Perayaan dan penyembahan massal di gereja lokal juga dilakukan dengan menggunakan bahasa Jawa yang baik oleh para pendeta dengan tirai dan selimut (pakaian khusus lokal).

Di provinsi Bali, perayaan gereja dilakukan dengan pakaian tradisional Bali seperti sarung, "udeng" atau kebaya. Saat Natal, gereja dan kamar-kamar lokal juga didekorasi dengan dekorasi Bali (hutan). Selain dua daerah, festival Natal di Indonesia timur seperti Ambon, Flores, Papua, Toraja juga menyertakan pesta adat setempat.

Nah itu tadi adalah informasi mengenai hari libur nasional jika anda merasa kurang jelas dan ragu maka anda bisa mengunjung situs resmi hari libur nasional www.liburnasional.com
semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi anda semua terimakasi.

Sumber:www.liburnasional.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar