MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Definisi Ekosistem Laut, Karakteristik dan Zona-Zonanya

Definisi Ekosistem Laut, Karakteristik dan Zona-Zonanya

Definisi Ekosistem Laut, Karakteristik dan Zona-Zonanya

Ekosistem laut atau bisa juga disebut ekosistem laut adalah ekosistem yang ada di perairan laut, terdiri dari ekosistem perairan dalam, ekosistem laut pasang surut, dan ekosistem pantai pasir dangkal / dangkal.

Karakteristik Ekosistem Laut

Ekosistem air laut memiliki karakteristik umum, yaitu.

  1. Memiliki salinitas tinggi, jika Anda semakin dekat dengan garis katulistiwa, semakin tinggi.
  2. NaCl mendominasi mineral ekosistem laut, mencapai 75%.
  3. Cuaca dan iklim tidak banyak berpengaruh pada ekosistem laut.
  4. Memiliki variasi perbedaan suhu pada permukaan dengan kedalaman.


Ekosistem Laut


Ekosistem laut juga memiliki peran penting bagi lingkungan di darat. 50% oksigen tersedot oleh organisme di darat yang berasal dari fitoplankton di lautan. Habitat pesisir (bakau, estuari, dll.) Adalah daerah yang sangat produktif di bumi. Ekosistem terumbu karang menyediakan sumber makanan dan tempat tinggal untuk berbagai jenis organisme dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi di lautan.

Ekosistem laut biasanya memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi sampai mereka dianggap memiliki ketahanan yang baik terhadap spesies invasif. Tetapi sejumlah kasus yang melibatkan spesies invasif telah ditemukan dan mekanisme yang ditentukan untuk membuat spesies invasif ini berhasil belum dipahami.

Zonasi Ekosistem Laut

Laut adalah wilayah yang luas, sekitar dua pertiga dari permukaan bumi adalah samudera. Daerah ekosistem laut sangat terbuka sehingga pengaruh sinar matahari sangat besar. Daya tembus matahari ke laut terbatas, sehingga ekosistem laut terbagi menjadi dua wilayah, yaitu laut yang masih terpapar sinar matahari, yaitu fotik, wilayah laut yang gelap, yang merupakan afotik. Di antara mereka ada area cahaya redup yang disebut disfotik.

Berdasarkan jarak dari pantai dan kedalaman ekosistem laut, ia dapat dibagi menjadi zona litoral, samudera, dan neritic. Kedalaman secara vertikal dapat dibagi menjadi epipagis, pelagis, mesopelagis, hadis pelagis, dan abisal pelagis.

Zona litoral / ekosistem perairan dalam

Komunitas ekosistem perairan dalam di Indonesia belum diketahui secara pasti. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penguasaan perangkat teknologi untuk meneliti perairan dalam, tetapi secara umum keanekaragaman kehidupan masyarakat di perairan dalam tidak setinggi ekosistem di tempat lain. Masyarakat hanya konsumen dan pengurai, bukan produsen karena di daerah ini cahaya matahari tidak dapat ditembus. Makanan konsumen berasal dari endapan plankton dan vactors yang mati.

Jadi, di laut ini acara makan dan dimakan. Hewan-hewan yang hidup di perairan berwarna gelap dan memiliki mata yang indah yang sensitif dan memancarkan cahaya. Siklus mineral terjadi karena pergerakan air di pantai ke tengah laut di lapisan atas. Perpindahan air digantikan oleh air di daerah yang terkena cahaya, sehingga ada transfer air dari lapisan bawah ke atas.

Baca juga: Ekosistem Sawah
 
Zona Neritik / ekosistem pantai pasir dangkal


Komunitas ekosistem pantai pasir dangkal berada di sepanjang pantai saat air pasang. Area ini mencakup wilayah pantai terbuka yang tidak terpapar air sungai besar atau di antara dinding batu curam / curam. Komunitas ini didominasi oleh berbagai jenis tanaman rumput dan alga.

Ada tiga jenis ekosistem pantai pasir dangkal, yaitu sebagai berikut.

  • Ekosistem terumbu karang
  • Ekosistem pantai lumpur
  • Ekosistem pantai batu

Zona Kelautan

Zona samudera adalah wilayah ekosistem laut terbuka yang kedalamannya tidak dapat ditembus oleh cahaya matahari ke dasar, sehingga bagian dasarnya adalah yang paling gelap. Akibatnya bagian air di permukaan tidak dapat dicampur dengan air di bagian bawah, karena ada perbedaan suhu. batas dari dua lapisan air disebut wilayah Thermocline, daerah tersebut adalah daerah dengan banyak ikan.
Share This Article :
Candra fitriyanto

saya adalah mahasiswa tadris matematika IAIN Metro Lampung

5606159572399492275

Subscribe