Skip to main content

Download buku pedoman angka kredit guru terbaru

Download Buku Pedoman Angka Kredit Guru Terbaru 

Pejuangspd.com- Guru adalah tenaga didik profesiaonal yang bertugas untuk mendidik, membimbing, mengajar, melatih, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi peserta didik.
Download buku pedoman angka kredit guru terbaru

Guru juga sebagai tenaga profesional yang menjalankan fungsi sebagai peranan utama dalam mewujudkan tercapainya suatu pendidikan nasional yang baik.

Adapun tugasnya guru di bedakan menjadi tiga kategori yaitu guru kelas(wali kelas) , guru mata pelajaran dan guru BK(bimbingan konseling)

Seorang guru haruslah di hargai karena martabat seorang guru telah di amanatkan pada UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Tuntutan ketika menjadi seorang guru adalah harus di adakan nya sebuah pelatihan keprofesian secara berkelanjutan yang sistematis untuk mewujudkan profesi guru yang bermartabat.

Pentingnya Angka Kredit Guru

Guru adalah seorang yang bertugas sebagai pelaksana yang di tujukan untuk melaksanakn sebuah pendidikan di tingkat dasar maupun menengah.

Adapun ruang lingkup jabatan fungsional seorang guru memiliki ruang lingkup sebagai berikut.
  1. tugas
  2. tanggung jawab
  3. dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik
  4. melatih
  5. mengajar
  6. membimbing
  7. mengevaluasi peserta didik
Semua itu sesui dengan peraturan perundang undangan yang di duduki oleh pegawai negeri sipil(PNS).

Sedangkan tingkatan jabatan seorang guru dari yang terndah samapi yang tertinggi sebagai berikut:

  1. Guru Pertam
  2. Guru Muda 
  3. Guru Madya 
  4. Guru Utama
Selanjutnya tingkatan profesi guru untuk setiap jabatan sebagai berikut:

  • Pertama, Guru Pertama, pangkat Penata Muda, golongan ruang III/a dan pangkat Penata Muda Tingkat I, golongan ruang IIl/b.
  • Kedua, Guru Muda, pangkat Penata, golongan ruang III/c dan pangkat Penata Tingkat golongan ruang III/d.
  • Ketiga, Guru Madya, pangkat Pembina, golongan ruang IV/a, pangkat Pembino Tingkat I, golongan ruang IV/b, don pangkat Pembina Utama Muda, golongcm rucmglV/c.
  • Ke empat, Guru Utama, pangkat Pembina Utama Madya, golongan ruang IV/d dcm pangkat Pembina Utama, golongan ruang IV/e.
Semua tingkatan pada setiap masing masing jabatan di tentukan dari jumlah angka kredit yang di miliki oleh guru tersebut pada masing masing jabatan.

Angka kredit adalah sebuah satuan nilai yang di peroleh dari setiap kegiatan atau akumulasi nilai butir setiap kegiatan yang harus di kumpulkan oleh seorang guru sebagai pembinaan kenaikan pangkat atau jabatan.

Penilaian kinerja Guru adalah sebuah penilaian yang di lakukan dari setiap  butir kegiatan  yang di berikan untuk guru dalam rangka pembinaan guna kepangkatan dan jabatan.

Dan yang menjadi unsur penilaian  kegiatan dalam memberikan angka kredit terdiri atas unsur utama dan juga unsur pendukung.

Unsur utama, terdiri atas:

  1. pendidikan
  2. Pembelajaran dan tugas tambahan yang sejalan dengan fungsi sekolah atau madrasah.
  3. pengembangan profesi berkelanjutan.
Sedangkan unsur pendukung adalah sebuah kegiatan yang mampu mendukung sebagai guru terdiri dari:

  1. Mendapatkan ijazah yang berbeda dari bidang yang di ampunya / pegang nya.
  2. Mendapatkan penghargaan
  3. Melakukan kegiatan yang mendukung profesinya sebagai seorang guru antara lain:
  • membimbing siswa dalam praktik kerja nyata/praktik 
  • industri/ekstrakurikuler don sejenisnya; 
  • menjadi organisasi profesi/kepramukaan; 
  • menjadi tim penilai angka kredit; dan/atou menjadi tutor/pelatih/instruktur.

Angka Kredit dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah sebuah pengembangan keprofeaian guru yang dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kebutuhan,  dan berkelanjutan guna meningkatkam ke profesionalitasan seorang guru.

Dengan adanya PKB maka para guru mampu memelihara, meningkatkan dan memeperluas pengetahuannya juga keterampilanya guna melaksanakan proses belajar mengajar dengan profesional dan berkualitas.

Adanya sebuah pembelajaran yang berkualitas di haraokan agar dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan para peserta didik.

Pengembangan keprofeaian berkelanjutan meruoakam bagian terpenting dari proses pengembangan keprofesian para guru yang menjadi tanggung jawab guru secara mandiri sebagai pelaksana masyarakat belajar.

Sebuah kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan haruslah mampu mendukung kegiatan dalam melatih individu agar dapat meningkatkan keprofesionalan seorang guru dan fokus pada pemenuhan dan pengembangan ke profesian seorang guru untuk mendukung pengembangan karirnya. Kegiatan pkb bisa menjlcaku tentang pengembangan diri, publikasi ilmia dan juga karya inovatif.

Oleh karena itu para guru yang mau menaikan jabatan nya melaui pengembangan keprofesian harus lah mengetahui dan memahami atur-aturan yang tekait dengan angka kredit guru.

Sebuah penerapan kenaikan jabatan bisa di pertimbangkan apabila

  1. paling singkot 1 (satu) tahun dalam jabatcm terakhir;
  2. memenuhi ongka kredit yang dipersyaratkan; don
  3. setiap unsur penilaian pelaksanaan pekerjaan dalam Daftar Penilaicm Pelaksanacm Pekerjaan (DP-3) paling kurang bernilai baik dalam 1 (satu)tc1hun terakhir.


Kenaikan jabatan ditetapkan oleh pejabat yang berwenang. Kenaikan pongkat dapat dipertimban kcm apabila:

  • Pertama, paling singkat 2 (duo) tahun dolom pangkat terakhir;
  • Kedua, memenuhi angka kredit yang dipersyaratkan; dun
  • Ketiga, setiap unsur penilaiom pelaksanacm pekerjoan dalam Daftar Penilaion Pelakscmaom Pekerjaan (DP-3) paling kurcmg bernilai baik dalam 2 (duo) tahun terakhir.


Jika dilihat berdasarkan pasal 17, PermenPANRB Nomor 16 Tahun 2009, di tentikan bahwa jumlah minimum angka kredit agar dapat memenuhi persyaratan kenoikan pangkat/jabatan guru dari unsur pengembangan keprofesian guru sebagai berikut:
.
Download buku pedoman angka kredit guru terbaru

Penting : Bagi Guru Madya, golongan ruang lV/c,yang akan menduduki jabatan sebagai guru utama wajib wajib melakukan presentasi ilmiah (Golongan ruang IV/d).

Dan besar angka kredit melakukan pempublikasian kegiatan ilmiah atau sebuah karya inovatif yang di lakukan bersama adalah sebagai berikut:

Download buku pedoman angka kredit guru terbaru

Nah itu tadi adalah pembahasan mengenai buku pedoman angka kredit guru terbaru. dan untuk melihat klebih jelasnya mengenai angka kredit guru pada Pengembangan Keprofesian Berkelonjutan (PKB), Bapak dan ibu guru dapat Mengunfuh Buku Pedoman Angka Kredit Guru terbaru pada link Download di bawah ini: [Download Pedoman Angka Kredit Guru]
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar