MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

9+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

 9+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pancasila memiliki lima poin dasar untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Nama Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua kata, yaitu, panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau prinsip. Pancasila menjadi formula dan standar hidup bagi seluruh rakyat Indonesia di bangsa dan negara sehingga tidak menjadi penyebab tindakan penyalahgunaan wewenang. Lima unsur pokok Pancasila meliputi:



  1. Percaya pada satu-satunya Tuhan.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Tujuan Pancasila

Apasi tujuan pancasila itu? 
  • Sila pertama: ingin menjadi bangsa yang religius atau religius yang taat kepada Tuhan.
  • Sila kedua: ingin menjadi bangsa yang menghormati hak asasi manusia.
  • Sila ketiga: ingin menjadi bangsa nasionalis dan bersatu yang mencintai tanah air Indonesia.
  • Sila keempat: ingin menjadi negara yang demokratis dalam sistem pemerintahannya sebagai bangsa dan negara.
  • Sila kelima: ingin menjadi bangsa yang adil secara sosial dan ekonomi untuk seluruh rakyat Indonesia.
Kelima poin tersebut tercantum dalam paragraf keempat pembukaan Konstitusi 1945. Seperti yang diketahui hampir semua warga negara Indonesia, fungsi utama Pancasila adalah Dasae Negara, walaupun pada kenyataannya ada banyak fungsi lain yang tidak kalah pentingnya dan Mereka memiliki nilai sakral bagi rakyat Indonesia dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.

baca juga:

Karena itu, inilah penjelasan fungsi Pancasila:

Apasi fungsi pancasila itu? 

1. Sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

9+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dasar Negara di sini juga dapat diartikan sebagai dasar filsafat atau filsafat Negara. Jadi Pancasila dalam hal ini digunakan sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan Negara. Dengan kata lain, Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur administrasi Negara sesuai dengan suara dan konten yang terkandung dalam pembukaan Konstitusi 1945.

2. Sebagai visi kehidupan bangsa Indonesia
.
9+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dalam hal ini, Pancasila bertindak sebagai panduan untuk kehidupan sehari-hari, yang juga merupakan unit yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Itu berarti bergabung di suatu negara, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

3. Sebagai kepribadian nasional Indonesia
9+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Fungsi ini dapat memanifestasikan dirinya dalam berbagai bentuk sikap atau perilaku mental atau perilaku dan tindakan sikap mental. Kepribadian yang dicari adalah karakteristik. Ini berarti sikap dan perilaku mental yang memiliki karakteristik sendiri sehingga dapat dibedakan dari bangsa lain di seluruh dunia. Itulah yang disebut kepribadian.

4. Sebagai jiwa bangsa Indonesia.
9+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dalam fungsi ini, Pancasila dijelaskan berdasarkan teori Von Savigny, yang berarti bahwa setiap bangsa memiliki jiwa sendiri yang disebut Volkgeist, yang berarti jiwa bangsa atau jiwa rakyat. Itu berarti bahwa Pancasila adalah jiwa bangsa yang dilahirkan bersama dengan eksistensi atau formasi bangsa Indonesia, yaitu di era kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Prof. Mr. A. G. Pringgodigdo dalam makalahnya berjudul Pancasila. Dalam artikel tersebut, ia juga menyebutkan bahwa hari itu lahir dengan istilah Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945. Menimbang bahwa Pancasila sudah ada sejak keberadaan bangsa Indonesia. Meskipun istilah atau nama Pancasila hanya diketahui pada 1 Juni 1945.

5. Sebagai sumber dari semua upaya hukum
9+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Ini berarti bahwa Pancasila adalah sumber hukum yang diperintahkan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sumber hukum tertib Indonesia adalah pandangan hidup, hati nurani, cita-cita hukum, bersama dengan cita-cita moral yang meliputi suasana mental dan karakteristik bangsa Indonesia. Cita-cita tersebut ideal untuk kemerdekaan individu, kemerdekaan nasional atau negara, kemanusiaan, keadilan sosial dan perdamaian nasional, yang merupakan hak dan kewajiban warga negara. Sedangkan cita-cita hukum / politik merujuk pada sifat, bentuk dan tujuan Negara. Dan cita-cita moral adalah tentang kehidupan orang-orang yang terkait dengan agama dan masyarakat.

6. Sebagai Perjanjian Mulia Bangsa Indonesia.

9+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Kesepakatan mulia di sini adalah tentang janji-janji yang telah dibuat dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Ini berarti ketika rakyat Indonesia memutuskan untuk menjadi negara merdeka pada 17 Agustus 1945. Walaupun pada saat itu rakyat Indonesia tidak memiliki konstitusi tertulis. Tetapi hanya pada hari berikutnya, yaitu, pada 18 Agustus 1945, pembukaan dan badan Konstitusi 1945 disetujui oleh Komite Persiapan untuk Kemerdekaan Indonesia (PPKI). PPKI pada waktu itu adalah perwakilan dari seluruh rakyat Indonesia yang meratifikasi perjanjian tertulis bangsawan (UUD 1945) untuk mempertahankan Pancasila sebagai basis Negara selamanya.

7. Sebagai filosofi hidup yang menyatukan bangsa.
9+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Peran Pancasila di sini adalah alat atau alat yang sangat kuat untuk menyatukan orang Indonesia agar tidak menyebabkan terciptanya masyarakat majemuk dan multikultural. Ini karena Pancasila adalah filosofi dan kepribadian kehidupan bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai luhur dan norma-norma dan diyakini sebagai yang paling benar, adil, bijaksana dan tepat bagi bangsa Indonesia untuk menyatukan seluruh rakyat Indonesia. Indonesia

8. Sebagai hadiah dan tujuan bangsa Indonesia
9+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Seperti kita ketahui, cita-cita luhur bangsa Indonesia mapan dalam pembukaan UUD 1945. Hal ini karena pembukaan UUD 1945 merupakan sarana untuk mencurahkan jiwa proklamasi, yaitu jiwa para Pancasila tertulis di situ, tepatnya di paragraf keempat. Sehingga bisa dikatakan bahwa Pancasila adalah cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia. Cita-cita luhur ini akan dicapai oleh bangsa Indonesia sebagai bangsa atau negara. (baca: manfaat Konstitusi Republik Indonesia).

Suara paragraf keempat adalah "Jadi, untuk membentuk pemerintah negara Indonesia yang melindungi seluruh bangsa Indonesia dan semua pertumpahan darah Indonesia dan untuk mempromosikan kesejahteraan masyarakat, mendidik kehidupan bangsa dan berpartisipasi dalam realisasi ketertiban dunia. "

Sehingga Anda bisa menyimpulkan beberapa poin tentang cita-cita dan tujuan bangsa yang dimaksud, yang meliputi:

Membentuk pemerintahan Republik Indonesia (NKRI) yang melindungi seluruh bangsa Indonesia dan semua pertumpahan darah Indonesia. Melindungi seluruh bangsa Indonesia berarti bahwa pemerintah akan berusaha untuk melindungi semua rakyatnya, baik secara internal maupun eksternal.
Mempromosikan kesejahteraan umum. Jenderal tentu saja berarti bersama atau segalanya. Ini berarti bahwa Negara Indonesia menginginkan kondisi dan situasi semua orang yang adil, bahagia, makmur dan sentimental.

Perkaya kehidupan suatu bangsa. Ini berarti bahwa orang Indonesia akan berusaha untuk membuat semua orang mereka cerdas, yaitu memiliki pengetahuan, kecerdasan dan intelektual tinggi. Karena kemajuan suatu bangsa dapat tercapai jika orang menjadi cerdas seperti yang dijelaskan.

Melaksanakan tatanan dunia. Ini berarti bahwa orang Indonesia akan berpartisipasi dan memainkan peran aktif dalam mewujudkan tatanan dunia yang memiliki dasar untuk kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial di antara bangsa-bangsa dan negara-negara di seluruh dunia.

9. Fungsi Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.
 9+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Ideologi yang berarti ide atau ide adalah seperangkat nilai yang diyakini benar bagi suatu bangsa dan digunakan untuk mengatur masyarakat di dalamnya. Oleh karena itu, Pancasila, sebagai ideologi bangsa Indonesia, adalah kumpulan ide atau ide yang memiliki nilai dan yang diyakini masyarakat Indonesia adalah benar dan digunakan untuk mengorganisir masyarakat di dalamnya. Contohnya adalah sektor hubungan budaya yang ada. (baca: tipe ideologi).

Fungsi ini sebagai ideologi memiliki beberapa titik fungsi, termasuk:

  1. Memperkuat atau memperkuat persatuan orang Indonesia. Ini karena bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk, yang terdiri dari beberapa kelompok etnis, budaya dan bahasa.
  2. Arahkan orang Indonesia untuk mencapai tujuan mereka, pindahkan dan bimbing bangsa Indonesia untuk melaksanakan pembangunan negara.
  3. Menjaga dan mengembangkan identitas nasional sebagai negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan juga sebagai stimulus untuk pembentukan karakter nasional berdasarkan fondasi Negara, yaitu Pancasila.

Menjadi standar nilai dengan membuat kritik dan saran mengenai keadaan, situasi dan kondisi bangsa dan negara.

NAh itu tadi merupakan Sembilan fungsi pokok secara umum dari Pancasila yang merupakan dasar atau wajah dari bimi pertiwi Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).

Kata kunci yang sering di cari:
  • fungsi pancasila
  • fungsi pancasila sebagai dasar negara
  • pengertian pancasila 
  • isi pancasila
Share This Article :

Click here for comments 2 comments:

  1. Yapss betul mas...apalagi kita sbg warna NKRI harus mengingat juga yg nama.x sejarah lahir.x Pancasila

    ReplyDelete
  2. siap mas kita harus menjunjung tinggi nilai nasionalisme

    ReplyDelete
5606159572399492275

Subscribe