Skip to main content

7 Tips agar lulus ujian pretest PPG Terbaru



Tips agar lulus ujian pretest PPG Terbaru – apakah kalian pernah mendengar tentang PPG? Secara singkatnya PPG adalah Pendidikan Profesi Guru, yaitu suatiu program dari pemerintah yang  di tujukan untuk para guru yang mengajar di sekolah dasar sampai sekolah menengah atas untuk upaya meningkatkan kempetensi para guru dalam bidang studinya masing-masing.

7 Tips agar lulus ujian pratest PPG Terbaru 

Adapun syarat agar bisa mengikuti PPG adalah para guru telah berhasil lulus tahap prtest nya. Dan ijiannya selalu di selenggarakan setiap tahun oleh pemerintah. Sebenarnya, ujian prastes ini di maksudkan untuk melihat dan memberikan sebuah gambaran apakah guru yang bersangkutan layak atau tidaknya.

Ketika para guru sudah lulus pratestnya, masih ada banyak sekali tahapan yang meti di lewati oleh para guru. Namun bagaimanapun, para guru harus melalui ijian pratest ini terlebih dahulu. Oleh karena itu, para guru harus mengetahui sebuah tips yang akan admin berikan kalia ini, agar para guru bisalulus PPG.

Sebelum mebahas lebih lanjut, disini saya ingin menyampaikan bahwasan nya saya bukan lah seorang  guru namun insyaallah saya  esok akan menjadi guru . karena saat ini saya msi menempuh pendidikan di IAIN Metro Tadris Matematika dan jika ada salah dalam penulisan nya saya mohon maaf kepada bapak/ibu semua. Nah berikut ini adalah   7 tips agar lolos ujian pretest PPG 2019.

 7 tips agar lolos ujian pretest PPG

1.Niat

Niat merupakan sebuah langkah awal yan bisa menentukan apakah para guru akan bersungguh-sungguh atau tidak, karena jika kalian memiliki sebuah niat yang kuat maka secara psikologis akan mampu menghadapi semua ujian dengan sepenuh hati .

Dan jika kalian sudah berusaha sekuat tenaga namun hasil yang di terima tidak sesuai dengan harapan, jangan dulu berkecil hati. Mungkin ini adalah langkah awal untuk menguji keseriusan kalian semua, jadi bersemangatlah untuk mencoba di kemudian hari.

Karena kesempatan tidak hanya datang satu kali, mak a dari itu kalian harus menggunakan kesempatan dengn sebaik baiknya, toh kalian kan sudah tahu tentang apa saja yang harus di lakukan ketika ujian PPG sebleumnya sehingga dapat memudahkan kalian untuk melakukan tes untuk yang kedua kalinya.

2.mencari informasi sebanyak banyaknya

Kalian pelu mencari informasi sebanyak mungin yang terkait dengn ujian PPG pada tahun ini, karena banyak sekali informasi yang bisa kalian dapatkan entah itu di media sosial ataupun website instansi-instasi terkait agar kaian selalu mengetahui informasi terbaru tentang ujian PPG.

3.belajar kisi kisi PPG

Salah satu kunci sukses seseorang dalam melakukan ujian adalah denganb  belajar, maka kalian perlu mempelajari kisi materi-materi yang kemungkina akan keluar pada saat ujuan PPG. Bila perlu kalian memelajari soal” soal UKG , karena kemungkinan besar tidak akan jauh berbeda dengan soal-soal UKG. Dan jika kalian lebih giat belajar untuk menghadapi ujian PPG akan memudahkan kalian dalam mengerjakan apa yang di berikan pada saat ujianPPG.

4.teliti ketika mengerjakan soal ujian PPG

Sebelum melakukan ujian PPG biasanya panitia akan memberikan arahan dalam tatacara mengerjakan soall-soal ujian PPG. Karena ujan PPG di lakukan dengan berbasis komputer jadi kalian harus teliti agar tidak salah dalam mengerjakan soal  ujian yang di berikan.

5.memahami jenis soal yang di berikan

Sepintas informasi yang pernah saya dengar, soal soal ujian PPG mempunya 4 buah jenis soal yaitu:

  • Tes potensi akademik
  • Tes pedagogik
  • Tes bidang studi
  • Tes bakat dan minat

Jika kalian bisa menguasai ke empat jenis soal di atas maka kalian akan sangat mudah memahami setiap soal yang di berikan pada saat ujian PPG.

6.menggunakan waktu sebaik mungkin

Pada saat melakukan ujian PPG kalian akan di berikan waktu untuk mengerjakan soal soal Ujian PPG tersebut, oleh karena itu sebisa mungkin kalian harus memanfaatkan waktu drengan baik. Jika kalian sudah menyeesaikannsemuasoal namunwaktu masi ada, maka teliti lah kembali jawaban yang sudah kalian kerjakan agar siapa tau ada kesalahan yang bisa kalian benarkan ketika menemukan jawaban yang kurang tepat.

7. berdoa kepada allah SWT

Berdoa merupakan hal yang tidak boleh kalian lupakan, karena dengan berdoalah kalian bis mendapatkan apa yang kalian inginkan agar di beri ridhooleh allah  swt, agar di beri kemudahan dalam mengerjakan soal yang di berikan pada saat ujian PPG.

Nah itu tadi adalah 7 tips agar lulus ujian pratest  PPG terbaru, semoga artkel yang saya berikan ini bisa membantu kalian semua, dengan semangat yang menggebu setelah membaca artikel ini saya yakin kalian para guru akan mampu mengerjakan soal-soal yang di berikan amin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar