MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Ruang Lingkup Studi Islam


Ruang Lingkup Studi Islam


   Pendidikan merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak dapat dipisahkan, pendidikan dapat menentukan masa depan seseorang, tanpa pendidikan maka seseorang dan negara tidak akan berkembang maju, sehingga didalam pendidikan terdiri dari satu kesatuan antara pendidik, metode, anak didik, meteri dan evaluasi, dan lingkungan ikut serta dalam pendidikan, pendidikan yang ideal yaitu pendidikan yang memadukan antara pendidikan dunia dan pendidikan ahirat secara seimbang.[1]
 
Di dalam pendidikan terdiri dari satu kesatuan antara pendidik dengan anak didik, didalam pendidikan juga terdapat materi-materi yang mengaarkan anak, mendidik anak, mengarahkan anak, supaya anak mendapatkn jalan menuju kesuksesan, menuju sesuatu yang diinginkan . Guru atau pendidik harus mengajarkan kepada anak didiknya. Ilmu pendidikan dunia dan ilmu pendidikan ahirat, ilmu pendidikan ahirat yaitu ilmu yang mengajarkan anak didiknya agar taat, tunduk patuh kepada Allah, dan perintahnya dan menjauhi segala laranganya berdasarkan syariat islam,dan pembentukan ahlatul karimah (ahlak mulia), jadi bukan hanya ilmu pendidikan saja yang penting ilmu pendidikan dunia untuk mengarahkan atau memberikan jalan, petunjuk, menuju kesuksesan dunia.

Sedangkan ilmu ahirat untuk bekal umat manusia dikehidupan yang akan datang datang. Ruang lingkup studi islam adalah mencakup semua bidang kehidupan manusia, apakah manusia bisa memanfaatkan sebagai tempat-tempat untuk menanam benih-benih kebaikan(amaliah) yang akan dipetik di aherat kelak, maka dari itu pembentukan sikapnilai-nilai amaliah dalam diri manusia akan berjalan efektif apabila dilakukan melalui proses pendidikan yang berjalan sesuai dengan syariat islam.[2]
 
Manusia hidup didunia hanyalah sementara, hidup didunia untuk mencari, menanam dan mengumpulkan amalan-amalan kebaikan, sesunguhnya manusia akan sirna dan akan dikembalikan kedalam ahirat, jika seseorang didalam dunia menanam kebaikan amaliah maka kebaikanya akan dipetik atau dipanen ketika diahirat kelak, dan Allah akan membalas perbuatan itu dengan cara, dimasukkan kedalam surganya Allah SWT. dan apabila manusia melalakukan sebaliknya hidup didunia hanya santai-santai tidak mencari, mengumpulkan kebaikan (amaliah), membangkang kepada perintah Allah dan tidak melaksanakan perintahnya akan tetapi manusia tersebut menanamkan benih-benih keburukan (dosa), dan selalu mematuhi larangan Allah SWT, maka manusia tersebut telah mendustakan Allah, dan apabila manusia melakukan itu, maka Allah akan membalas perbuatan yang dilakukan manusia dunia dangan cara dimasukkan kedalam nerakanya Allah SWT.

Ilmu pengetahuan Islam adalah ilmu yang dilandaskan kepada iman, kepada ajaran-ajaran Allah SWT, dan dikembangkan dengan mengambil keseluruhan warisan setelah dipisahkan mana yang benar dan mana yang salah atau yang haq dan yang batil.[3] Umat islam yaitu manusia yang menyebarluaskan pendidikan islam, menyebarluaskan pendidikan islam bisa dilakukan dengan cara berdakwah, berdakwah bisa dilakukan dengan cara langsung, maupun tertulis. 

Allah menciptakan manusia agar menjadi khalifah dibumi, setiap manusia diwajibkan berdakwah walaupun hanya satu ayat. Nabi Muhammad SAW, pertama menyampaikan dakwahnya disampaikan kepada kerbat dekatnya atau kepada keluarga dekatnya, kemudia beransur-ansur menyebarluaskan kepada masyarakat dan pada akhirnya kepada seluruh umat manusia. Pendidikan islam disebarluaskan oleh nabi Muhammad SAW, dan sahabat-sahabatnya, dai kiyai, ustad-usdzah hingga saat ini.

Islam datang dengan membawa sistem yang menyeluruh dan sempurna yang mengatur seluruh aktifitas manusia yang dibutuhkan, untuk pemenuhan berbagai naluri dan jasmaniyah, dengan pemenuhan yang sesuai dengan fitrah sebagai seseorang muslim dengan tuhanya dengan berbagai aqidah dan ibadah.[4] Didalam agama islam terdapat aturan-aturan tentang kehidupan dan aktifitas yang dilakukkan manusia, baik dari aturan atau adab makan, minum, masuk dan keluar rumah, wc, duduk dan semua hal yang dilakukan manusia, itu semua ada didalam agama islam.islam merupakan agama yang diwahyukan Allah untuk seluruh umat manusia, melalui nabi Muhammad SAW, sebagai rosul, yang ajaranya dari al-qur’an dan hadist, di dalam al-qur’an dan hadist sudah diajarkan tentang ajaran-ajaran yang baik, perilaku yang baik dan pembentukan ahlatul karimah, dan lain sebagainya didalam al-qur’an terdapat semua masalah yang manusia hadapi, Alquran sebagai hakim untuk memutuskan sesuatu. agar manusia tidak  menyimpang dan untuk kebahagiaan dunia dan ahirat.

Studi Islam, pada zaman dahulu, terutama masa Nabi dan sahabat, dilakukan di Masjid. Studi islam saat ini berkembang pesat baik dinegara musli maupun non-muslim seperti contohnya India , karena dinegara non-muslim ada warganya yang menganut agama islam, studi islam dinegara non-muslim sudah diakui oleh pemerintahnya. Studi islam di Indonesia dilakukan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga keperguruan tinggi, karena pendidikan islam merupan pendidikan yang sangat penting. Tanpa pendidikan islam apa yang akan terjadi di Indonesia khususnya umat muslim, apakah masyarakat akan tetap menganut agama islam, apakah akan berpaling mendustakan Allah, terutama pada anak-anak  karena anak belum tahu siapa tuhanya. Studi islam ini mengarahkan, mengajarkan, anak didiknya agar senantiasa patut, patuh, tanduk, kepada Allah SWT dan Rosulnya. Studi islam diperguruan tinggi dilaksanaakan baik di Universitas Negeri maupun Swasta. Seperti contohnya (UIN, IAIN, STAIN) dan yang Swasta ( Unisela Semarang dan lain-lain). 

Manusia adalah mahluk Allah, karena manusia merupakan ciptaan Allah SWT, maka manusia mempunyai perbedaan dengan Allah SWT (sang kholiq artinya yang menciptakan) manusia diciptakan untuk mematuhi perintah Allah.[5] Manusia diciptakan hanya untuk menyembah Allah, patuh kepada perintah Allah, mengabdi kepada Allah SWT, berakti dan beribadah kepadanya. 

Oleh karena itu Allah menciptakan manusia. Manusia tidak ada yang sempurna, semua manusia dihadapan Allah sama yang membedakan yaitu Amal, taqwa umatnya kepada Allah SWT. Manusia adalah mahluk sosial, didalam kehidupanya memerlukan hubungan, baik berhubungan dengan Allah maupun dengan sesama manusia . Agama memiliki dua dimensi yaitu kolektif dan individual artinya pandangan yang kebenaranya diterima secara kolektif, dan individu yaitu mengenai dunia gaib dan impiris, maksunya mempercayai adanyai alam gaib, adanya hidup dan mati.[6] 

Sesunguhnya manusia, hewan dan seluruh benda yang hidup pasti akan mati, akan sirna, dalam dunia Islam, dari sekian banyak pola pemikiran Islam yang bercorak pembaruan tentu berimplikasi pada aspek hukum Islam, baik secara metodologis maupun wacana.[7]

Al-qur’an merupakan sumber pokok hukum islam, yang mengatur segala kehidupan manusia didunia ini, supaya umat manusia mendaatkan hidup yang damai, sejahtera dan bahagia, adil dan makmur, supaya umat manusia selamat dunia ahirat, didalam al-qur’an terdapat hukum-hukum islam diantaranya: hukum pernikahan, perceraian, membunuh, pembagiann warisan, mencuri, berhijab, sholat, puasa, zakat, haji, dan lain sebagainya, hukum-hukum itu semua terdapat di kitab Al-quran.


[1]Asmawi, “Peluang Dan Tantangan Formulasi Metode Studi Islam,” Islamica 5, no. 1 (2010).
[2]Ainisyifa Hilda, “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam.”
[3] Asmawi Asmawi, “Peluang dan Tantangan Formulasi Metode Studi Islam,” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (22 Januari 2014): 1, https://doi.org/10.15642/islamica.2010.5.1.77-87.
[4] Ismah Tita Ruslin, “EKSISTENSI NEGARA DALAM ISLAM” 6 (2015): 3.
[5] Ganjar Widhiyoga, “NORMATIVITAS PERANG DALAM ISLAM” 2 (2013): 2.
[6] Heddy Shri Ahimsa-Putra, “FENOMENOLOGI AGAMA: PENDEKATAN FENOMENOLOGI UNTUK MEMAHAMI AGAMA,” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 20, no. 2 (26 Februari 2016): 2, https://doi.org/10.21580/ws.2012.20.2.200.
[7] Moh Lutfi Nurcahyono, “METODOLOGI PENEMUAN HUKUM ISLAM,” t.t., 1.
Share This Article :
Candra fitriyanto

Pemuda dari desa yang ingin menjadi pebisnis, yang saat ini masi bekuliah di IAIN Metro Lampung Tandris Matematika (alamat: Mujirahayu kecamatan; seputih agung Kab: lam-teng)

5606159572399492275