MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pengertian, Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam

Pengertian, Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam

Pengertian Pendidikan Islam

Pendidikan Islam merupakan sebuah usaha  seorang muslim yang sudah dewasa dan sadar akan pentingya untukmengarahkan dan membimbing  anak didik dengan dasar  ajaran  yang ada dalam Islam menuju di mana pertumbuhan dan perkembangannya agar terjadi sejaramaksimal dengan landasan agama.

Pendidika islam adalah suatu upaya agar kelak mampu menjadikan anak keturunan kita  dapat menguasai ilmu pengetahuan yang berlandaskan islam.suatu usaha jugayang dilakukan dengan sengaja untuk tujuan yang tercapai, maka harus mepunyai dasar-dasar landasan yang yang kuat.

Dasar Pendidikan Islam

Dari segi sudut pandang umat islam, suatu agama adalah sebuah dasar utama untuk berlangsungnya pendidikan. Karena ajaran islammemiliki sifat yang universal yaitu islam mengatur segala atauran aspek kehidupan, baik itu kepada sesama manusi ataupun manusia kepada tuhan nya. Semua itu di atur oleh agama kalian bisa membacany dibuku (Zuhairini, 1993:153), dan dasar dasar yang ada pada islam sebagai berikut:

a. Al-Qur’an
di kutip dari salah satu buku karangan (Atang Abd. Hakim dkk, 2000:69) bahwa pendapat yang paling kuat, bahwa  Subhi Shaleh mengatakan bahwa sannya  al-Qur’an berarti bacaan, yang merupakan kata turunan (masdar) dari fiil madhi qara’a dengan arti ism al-maful yaitu maqru’ yang artinya dibaca seperti dalam arti surah al-alak ayat 1-5 di bawah ini yang berisi:
  1. Bacalah dengan (menyebut) Nama Tuhanmu Yang menciptakan
  2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah
  3. Bacalah, dan Tuhanmu lah Yang Maha Pemurah
  4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam
  5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Q.s al-alaq menerangkan pada setiapayat yang ada di dalam nya merupakan perintah kepada manusia untuk belajar dalam rangka menambah  ilmu pengetahuan dan kemampuannya termasuk didalam mempelajari, mencari, serta mengamalkan ajaran yang terdapat dalam al-qur’an i yang mengandung tentang berbagai aspek kehidupan untuk manusia. Jadi dapat di simpulkan bawa ala-qur’an merupakan dasa utama dalam pendidikan islam.

b. As-Sunnah
sesudah  al-Qur’an ads dasar yang ke dua dalam pendidikan islam yaitu  as-Sunnah, sunah merupakan segala sesuatu yang di lakukan oleh nabi muhamad SAW, baik perkatan, perbuatan yang  di lakukan oleh rosululah SAW,dan semua yang di lakukan rosululullah haruslah mendapat sebuah pengakuanyang kegiatan itu di lihat oleh rosulullah namunbliau membiarkan kegiatan itu tetap berlanjut. Dikutip dari buku bliau (Daradjat, 2006:20-21). Bahawasan nya yang di maksud dengansunah adalah sumbura atau dasar ajaran kedua sesudah al-quran , sunah berisi tentang akidah, syariah dan pedoman hidup untuk manusia agar bisa berdiri sesuai ajaran agama melalui teladan rosulnya. 

Tujuan Pendidikan Islam
 
Dikutipdari buku bliau (Toha, 1996:102) yang menjelaskan bahwa Tujuan pendidikan Islam adalah untuk menciptakan seorang pemimpin yang baik dan amanah yang mampu di percaya dan berlandaskan syariat isalam (amar ma’ruf nahi munkar). Allah berfirman dalam Q,s Al- baqarah ayat 30 yaitu: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat, sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi" (QS. al- Baqarah: 30).

Tujuan pendidikan mampu di lihat dari bebrapa faktor.yang pertma di lihat dari faktor gradisnya, bahwa untukmelihat  tujuan akhir dan tujuan sementara. Yang ke dua di lihat dari fsktor sifatnya apakah ada tujuan umum dan khusus, ysng ke tika dilihat dari faktor penyelenggaraannya terbagi atas normal formal dan formal, dilihat dari faktor tujuan intusional dan nasional.

dikutip dari buku bliau (Achmadi, 2005: 95-98)bahwasanya terdapat bebera tujuan pendidikan islam sebagai mana penerapan nya sebagai hamba allah adapun sebagai berikut di baah ini: 

1.    Agar menjadi hamba allah yang patuh dan bertaqwa. Karena tujuan yang pertama ini sejalan dengan apa yang di terangkan dalam al-quran  agar manusia hidupsejalan dengan apa yang di perintahkan oleh allah SWT, yaitu agar manusia bisa  untuk beribadah kepada Allah. Dengan melihat pengertian dari ibadah, maka bia di simpulkan bahwasan nya implikasi atau penerapan dalam pendidikan bisa di bagi menjadi dua macam:

  •  Pendidikan memungkinkan manusia mengerti tuhannya secara benar, sehingga semua perbuatan terbingkai ibadah yang penuh dengan penghayatan kepada ke Esaan-Nya.
  •  Pendidikan harus menggerakkan seluruh potensi manusia (sumber daya manusia), untuk memahami sunnah Allah diatas bumi. 

2.    Mengantarkan subjek didik menjadi khalifatullah fil ard (wakil Tuhan diatas bumi) yang mampu memakmurkannya (membudayakan alam sekitarnya). 

3.    Memperoleh kesejahteraan, kebahagiaan hidup di dunia sampai akhirat.

Dari Ketiga tujuan ke tiga teratas tersebut berlandaskan  pengalaman sejarah hidup manusia dan melihat dari perjalanan aktivitas dari jaman ke jaman, ketiga tersub belum mampu di jalankan dengan baik, baik itu secara manusia sebagai suatu individu maupun manusia sebagai makhluk sosial.

dikutip dari buku bliau (Marimba, 1989:46). Bliau mengungunggkapkan bahwaan nya tujuan akhir suatu pendidikan islam adalah agar terciptnya umat manusia yang berlandasakan agama islam. Dan bliau Muhammad athiyah al-barbasy mengemukakan bahwa tujuan akhir sebuah pendidikan Islam adalah agar terciptanya  akhlak yang sempurna dan penuh keutamaan.

Pernah di kemukakan dari seorang pemikir dalam islam yaitu Omar Muhammad al-Taumy al-Syaibani. Menurut pendapatbliau tujuan pendidikan islamterdapat 3 bidang asasi yaitu:

1.    Tujuan seseorang yang berkaitan dengan individu dengan  pelajaran , dan dengan terkait pribadi  mereka, dan apa-apa yang berkaitan dengan individu-individu tersebut pada perubahan yang diinginkan pada tingkah laku, aktivitas, dan pencapaiannya, dan pertumbuhan yang diingini pada diri mereka, dan dan persiapan yang harus melreka lakukan untuk kehidupan dunia akhirat

2.    Tujuan sosial yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat secara keseluruhan dengan perbuatan yang di lakukan masyarakat umumnya, dengan apa yang berkaitan dengan kehidupan, memperkaya pengalaman dan kemajuan yang di inginkan.

3.    Dan untuk tujuan profesional dengan pendidikan dan pengajaran sebagai ilmusaling berkait, sebagai profesii, sebagai sebagai seni dan sebagai aktivits di dalam lingkunagan masyarakat.


Share This Article :
5606159572399492275