MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pengertian Agama dan Unsur Karakteristik Agama



 Agama dan Unsur Karakteristik Agama

 

ketika agama menjadi unsur karakteristik maka Terdapat 4 unsur yang berperan sebagai karakteristik agama sebagai berikut :
  •  Pertama, unsur kepercayaan terhadap kekuatan yang berawal dari sesuatu tak kasat mata.
  • Kedua, unsur keyakinan bahwasannya tingkat kebahagiaan dan puncak kesejahteraan hidup di alam dunia dan akhirat, tergantung pada adanya jalinan yang baik dengan kekuatan yang dimaksudkan.
  •  Ketiga, unsur respon efek balik yang bersifat emosional dari diri manusia.
  • Keempat, unsur paham akan keberadaan yang kudus (sacred) dan suci, dalam bentuk kekuatan gaib, dalam wujud kitab suci yang mengandung ilmu-ilmu agama yang berkaitan, tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat, perlengkapan untuk menyelenggarakan upacara-upacara, dan sebagai macamnya.

Berdasarkan uraian tersebut, kita dapat memutuskan suatu kesimpulan bahwa agama adalah pendidikan yang bermula dari Tuhan atau hasil resapan manusia yang terdapat dalam kitab suci yang diturunkan ke generasi berikutnya bersamaan dengan tujuannya untuk menyajikan tuntunan ajaran dan pedoman untuk manusia agar dapat mencapai puncak kebahagiaan baik di dunia ataupun alam setelahnya.

Dan dari kesimpulan tersebut dapat dijumpai adanya 5 aspek yang terdapat dalam agama.

  • Pertama, aspek asal-usulnya. Terdapat beberapa agama yang bermula dari Tuhan seperti agama samawi dan ada pula yang asal mula penciptaannya dari penalaran manusia seperti agama ardli atau agama kebudayaan.
  • Kedua, aspek tujuannya yang bertujuan untuk membagikan tuntunan hidup agar bahagia di kedua alam (dunia dan akhirat). 
  • Ketiga, aspek bentang lingkupnya, yaitu keteguhan hati akan adanya kekuatan di luar alam nyata, kepercayaan manusia tentang kesejahteraan dan kemakmurannya di dunia dan akhirat tetapi harus bersangkut paut pada adanya jalinan yang baik dengan kekuatan gaib, respon yang bersifat emosional, dan hadirnya sesuatu yang dianggap suci. 
  • Keempat, aspek kemasyarakatannya, yaitu bagaimana agama disampaikan secara turun temurun dan diwariskan dari generasi ke generasi. 
  • Kelima, aspek sumbernya, yaitu kitab suci.
Share This Article :
Candra fitriyanto

Pemuda dari desa yang ingin menjadi pebisnis, yang saat ini masi bekuliah di IAIN Metro Lampung Tandris Matematika (alamat: Mujirahayu kecamatan; seputih agung Kab: lam-teng)

5606159572399492275