MGBdMqV8LGF6NqN4LGJ4NqR6MCMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Kedudukan Metodelogi Studi Islam



Kedudukan Metodelogi Studi Islam

 

Mata Pelajaran Metodelogi Studi Islam (MSI) merupan mata pelajaran yang sangat penting diadakan karena mata pelajaran Metodelogi Studi Islam (MSI) mengajaran anak didiknya untuk selalu berahlak mulia, bertaqwa kepada Allah SWT, patuh taat dan tunduk kepa perintah Allah.  Tanpa pendidikan ini tidak tahu apa yang terjadi kepada manusia tersebut, apakah ia selalu bertaqwakepada Allah, dan apakah ia mengingkarinya.

Sebagai umat muslim, kita harus memberi nasehat kepada orang-orang yang melanggar aturan agama. Pendidikan ini dikalangan SD diberi nama Pendidikan Agama Islam(PAI) anak-anak sangat memerlukan pendidikan ini karena anak belum mengerti apa itu islam dan sebagainya, pendidikan islam tidak hanya diajarkan oleh guru disekolah, akan tetapi bisa didapat dari orang tua, ustad-ustadzah, buku dan sebagainya. Ketika berbicara tentang pendidikan agama islam, yang dibahas justru pendidikan islam. Padahal secara substansial kedua hal tersebut berbeda.[1]

Hidup didunia ini bersifat sementara masih ada kehidupan yang akan datang yaitu kehidupan ahirat, kita sebagai umat muslim harus mengumpulkan bekal utuk kehidupan yang akan datang, dan jiga umat manusia mengingkari Allah, dan berjalan belok maka sesunguhnya azab Allah sangatlah pedih, dan nerakalah tempatnya.

Apalagi anak remaja sangat memerlukan pendidikan ini karena anak remaja pemikiranya masih sangat labil, masih gampang mengikuti perkataan temen dan hawa napsu walaupun itu tidak baik, sebenarnya bukan hanya anak remaja yang salah menuruti hawa nafsu, orang dewasapun banyak yang terjerumus, maka dari iitu pendidikan ini perlu diadakan, mempelajari pendidikan islam ini diharapkan agar manusia menjadikan sebagai pedoman, dan pegangan pada al-qur’an dan hadist, tidak tidak melakukan hal-hal yang dilarang Allah, dan selalu melaksanakan perintahnya, dan tidak terjerumus kedalam keburukan yang dilarang dan dibenci Allah. Oleh karena itu mata kuliah metodelogi studi islam sangatlah penting karena ilmu ini yang menerangkan tentang agama, dengan mempelajari mata kulia metodelogi studi islam ini agar mahasiswa mempunyai pegangan hidup, dan tidak berpengaruh pada perkembangan zaman modern dan era-globalisasi. Islam adalah agama yang diridoi allah dan diwahyukan kepada nabi Muhammad Saw.

Manusia yang hidup dibumi ini akan sirna dan akan dikembalikan lagi kealam ahirat, manusia hidup didunia ini dikasih kesempatan untuk megumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, islam mengajarkan supaya manusia itu tunduk, patuh, kepada allah, dan islam juga mengajarkan umat manusia untuk mencintai kedamaian agar hidupnya selamat dan sentosa, dan allah akan menjamin kebahagiaan, keselamatan umat manusia dunia dan ahirat, dan jika orang tersebut melangar peraturan allah, tidak patuh kepada perintahnya,  maka, orang tersebut telah berjalan kejalan yang salah, jika orang tersebut tidak  segera bertaubat (kembali kepada allah) maka allah akan memberikan azabnya, sesunguhnya azab Allah sanga pedih, dan jika sesorang bertaubat maka allah akan mengampuni kesalahanya, sesunguhnya allah maha pengampun, maka dari itu manusia harus dibekali ajaran-ajaran atau kaidah-kaidah islam sejak dini, supaya manusia mempunyai iman didalam dirinya,dan supaya manusia berjalan berdasarkan syariat islam. bahwa Allah itu Maha pengampun segala kesalahan manusia akam diampuni, kalau dia bener-bener bertaubat kambali kepada Allah.

Pada zaman dahulu islam diadakan dan disampaikan dimasjid-masjid, dan nabi Muhammad menyampaikanya pertama kali secara sembunyi-sembunyi, dan pada akhirnya nabi Muhhammad menyampaikan dakwahnya secara terang-terangan. Studi islam pada awalnya hanya berada diarab saudi dan sekarang  berada dimana-mana, dan studi islam berada hingga saat ini, karena studi yang sangat dibutuhkan oleh semua manusia. Jika seseorang sebelum bertaubat melakukan kejahatan maka kejahatan mereka akan dibalas dengan kebaikan, sesunguhnya Allah maha penyayang jika manusia itu patuh kepada perintah Alah dan mejauhi sagala laranganya maka orang tersebut akan disayang Allah, dan manusia tersebut akan selalu dinuangan perlindungan Allah. Sesunguhnya di dalam Al-quran itu terdapat banyak pengetahuan tentang apa saja baik yang dilarang, disunahkan diharamkan, dan sebagainya, maka dari itu pelajarilah Al-quran supaya kita tetap beriman kepada Sang Khaliq (pencipta). Ada dua sumber syariah islam yaitu diantaranya Al-quran dan as-sunah. Menurut muslim Al-quran merupakan firman Allah yang tidak bisa diubah, sebagai aturan-aturan nilai-nilai moral di dalam Al-quran untuk mengikuti dan mengikutinya, sedangkan as-sunah adalah kehidupan dan telah dilakukan Nabi Muhammad dan yang dicontohkan.[2]

Maka dapat disimpulkan bahwa kedudukan Metodelogi Studi Islam sangat penting dikarenakan metodelogi studi islam ini merupakan pendidikan yang dibutuhkan seluruh umat manusia karena didalam pendidikan islam diajarkan kebaikan, supaya berakhlak baik, tunduk, patuh kepada Allah, melaksnakan perinah Allah dan menjauhi segala larangannya.

 Islam merupakan jalan menuju surga Allah. Al-quran dan hadist merupakan pedoman seluruh umat manusia.Pada zaman dahulu islam diadakan dan disampaikan dimasjid-masjid, dan nabi Muhammad menyampaikanya pertama kali secara sembunyi-sembunyi, dan pada akhirnya nabi Muhhammad menyampaikan dakwahnya secara terang-terangan. Studi islam pada awalnya hanya berada diarab saudi dan sekarang  berada dimana-mana, dan studi islam berada hingga saat ini, karena studi yang sangat dibutuhkan oleh semua manusia. Setiap manusia membutuhkan studi islam ini di manapun. Studi islam pada awalnya hanya berada di Arab Saudi dan sekarang  berada di mana-mana, dan studi islam berada hingga saat ini, karena studi yang sangat dibutuhkan oleh semua manusia. Setiap manusia membutuhkan studi islam ini di manapun.


[1] Edi Susanto, “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM; ANTARA TEKSTUALIS NORMATIF DENGAN KONTEKSTUALIS HISTORIS” 4 (2009): 2.
[2] Mudawam, “Syariah – Fiqih – Hukum Islam,” 2012, 2.
Share This Article :
Candra fitriyanto

Pemuda dari desa yang ingin menjadi pebisnis, yang saat ini masi bekuliah di IAIN Metro Lampung Tandris Matematika (alamat: Mujirahayu kecamatan; seputih agung Kab: lam-teng)

5606159572399492275