Skip to main content

Pendaftaran Universitas Gadjah Mada 2019/2020



um.ugm.ac.id 2019, Pendaftaran Universitas Gadjah Mada 2019/2020 - penerimaan mahasiswa baru UGM, pendaftaran mahasiswa baru UGM, Seleksi mahasiswa baru UGM, Pendaftaran online UGM, Info Pendaftaran UGM, Cara pendaftaran UGM,Seleksi Jalur SPAN-PTKIN UGM, Seleksi Jalur SBMPTN UGM, Seleksi Jalur UM UGM,PPs UGM

Pendaftaran Universitas Gadjah Mada 2019/2020-Pada kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Univesitas Gadjah Mada 2019/2020. Informasi ini cukup penting bagi kalian yang berniatan untuk masuk kuliah di UGM, dan berkut informasi selengkapnya.

Pendaftaran Universitas Gadjah Mada 2019/2020 (UGM)

Sekilas Info Tentang Universitas Gajah Mada

Tidak bisa di pungkiri laki bahwasannya dengan di berikannya sebutan kota pelajar bagi Yogyakarta. Karena, di Yogyakarta memiliki banyak sekali Universitas baik yang Negeri maupun yang suasta dan Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu Universitas yang ada di dalamnya.

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan Universitas Negri ternama yang ada di negri ini tercinta yaitu Indonesia yang tepatnya berada di Daerah Istimewa Yogyakarta letaknya pada Jl. Pancasila(Boulevard), Bulaksumur,Yogyakarta,indonesia.

Universitas Gadjah Mada (UGM) didirikan pada 19 desember 1949 setelah indonesia merdeka, krena UGM mengusung moto ingin menjdi pemimpin peradaban bangsa.

Banyak sekali program pendidikan yang di adakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM),di antaranya adalah diploma sekolah vokasi, Program Sarjana, Program Profesi, Program Pascasarjana, dan Program Internasional.

Dengan banayakny program pendidikan yang di berikan oleh Universitas Gadjah Mada, Maka calon mahasiswa tidak perlu bingung untuk memilih program pendidikan man yang ingin merekaambil karena dengan banyaknya program pendidikan yang ada di sana calon mahasiswa tinggal memilih sesuai dengan keinginan mereka.

Dengan banyaknya program pendidikan yang ada di univesitas Gadjah Mada sehingga menjadikan pembagian Jumlah Fakultas dan ptogram studi menjadi sangatlah banyak.

Dan birikut fakultas dan program studi yang ada di Universitas Gadjah Mada untuk jenjang Diploma, Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana;

  1. Fakultas Biologi Dengan Program Studi Biologi
  2. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Dengan Program Studi Ilmu Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi.
  3. Fakultas Farmasi Dengan Program Studi Farmasi
  4. Fakultas Filsafah Dengan Program Studi Filsafat
  5. Fakultas Geografi Dengan Program Studi Geografi Dan Ilmu Lingkungan, Kartografi Dan Penginderaan Jauh, Dan Pembangunan Wilayah.
  6. Fakultas Hukum Dengan Program Studi Hukum
  7. Fakultas Ilmmu Budaya Dengan Program Studi Pariwisata, Antropologi, Arkeologi, Sastra Asia Barat, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Bahasa Korea, Sastra Jepang, Sastra Nusantara, Dan Sastra Parancis.
  8. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Dengan Program Studi Politik Dan Pemerintahan, Hubungan Internasional, Manajemen Dan Kebijakan Publik, Komunikasi, Sosiologi, Dan Pembangunan Sosial Dan Kesejah Teraan.
  9. Fakultas Kedokteran Dengan Program Studi Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Dan Gizi Kesehatan.
  10. Fakultas Kedokteran Gigi Dangan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi, Dan Ilmu Keperawatan Gigi.
  11. Fakultas Kedoktean Hewan Dengan Program Studi Kedokteran Hewan
  12. Fakultas Kehutanan Dengan Program Studi Manajemen Hutan, Budidaya Hutan, Tenologi Hasil Hutan, Dan Konservasi Sumberdaya Hutan.
  13. Fakultas Mipa Dengan Program Studi Fisika, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer Dan Elektronika.
  14. Fakultas Pertanian Dengan Program Studi Budi Daya Pertanian, Perlindungan Tanaman, Tanah, Sosial Ekonomi Prtanian, Mikrologi Pertanian, Dan Perikanan.
  15. Fakualtas Peternakan Dengan Program Studi Nutrisi Dan Makanan Ternak, Produksi Ternak, Sosial Ekonomi Peternakan, Dan Teknologi Hasil Peernakan.
  16. Fakultas Psikologi Dengan Program Studi Psikologi.
  17. Fakultas Teknik Dengan Program Studi Arsitektur, Teknik Fisika, Perencanaan Wilayah Dan Tata Kota, Teknik Elektro, Teknik Informasi,Teknik Geologi, Teknik Geodesi Geomatika, Teknik Mesin, Teknik Nuklir, Teknik Industri Teknik Kimia, Dan Teknik Sipil.
  18. Fakultas Teknologi Pertanian Dengan Program Studi  Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, Dan Teknologi Industri  Pertanian.
  19. Sekolah Vokasi Dengan Program Studi Komputer Dan Informasi, Teknologi Jaringan, Rekam Medis, Bidan Pendidik, Agro Industri, Pengelolaan Hutan, Kesehatan Hewan, Elektronika Dan Instrumentasi, Metrologi Dan Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Geomatika, Sistem Informasi Geografi Dan Penginderaan Jauh, Ekonomika Terapan, Akuntansi, Manjemen, Kearsipan, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Inggris, Bahasa Prancis Dan Pariwisata.
Dari sekian banyak studi yang ada di UGM pasti akan aada salah satu yang kalian minati, untuk itu jika kalian bersungguh sungguh maka daftarkan lah diri kalian untuk menjadi Mahasiswa Baru di UGM.

Sebelum anda mendaftarkan diri anda pad Universitas Gadjah Mada (UGM). Tentunya kalaian harus mengetahui terlebih dahulu jalaur apa saja yang di berikan olehPnitia Penerimaan Mahasiswa Baru UGM.

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas gadjah mada (UGM)

Pada thaun ini UGM membuka beberapa jalur masuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional.namun pembukaan jalur nasional hanya di peruntukan untuk menerima mahasiswa baru untuk jenjang sarjana. Sedangkan untuk jalur mandiri di peruntukan untuk semua jenjang mulai dari diploma,sarjana,profesi,pascasarjan, dan  program internasional.

Dan untuk lebih memperjelas informasi yang adminberikan berikut ini adalah jalur penerimaan mahasiswa baru UGM ;

Jalaur Penerimaan mahasiswa baru jenjang diploma sekolah vokasi


1) Pendaftaran PBUTM SV UGM

jalur PBUTM adalah jalur seleksi program diploma yangf di peruntukan bagi siswa berprestesai  yang ingin masuk menjadi mahasiswa UGM namun terkendala dengan biaya, maka siswa tersebut bisa mendaftar melalu jalaur PBUTM SV UGM.

Bagi siswa yang berhasil lolos melalaui jalur PBUTM maka akan mendpatakan kuliah tanpa biaya atau gratis selama 6 semester namun mereka harus menjaganilaiakademik mereka karena akan di evaluasi prestasinta pada setiap tahun nya.

Jika kalian ingin mengambil jalur PBUTM SVUGM ini minimal kalaian harus memiliki prestasi setidaknya kalain menjadi bagian dari 40% siswa terbaik di kelasmu selama semsester satu sampai dengan semester 5 atau samapai semester empat untuk siswa kelas akselerasi(exel)

2) Pendaftaran PBUK SV UGM

PBUK SV UGM merupakan jalur kemitraan antara daerah dan UGM, dengan syarat bahawasananya siswa –siwi yang menerimanya berkomitmen untuk membangun daerahnya dan mereka akan kuliah dengan biaya yang di tanggung oleh pemerintah. Begitu pula dengan kemitran dengan perusahaan sistim hampir sama dengan pemda.

3) Pendaftaran PBUSMAK SV UGM

PBUSMAK SV UGM merupakan jalur seleksi untuk siswa-siswi SMA,MA dan SMK yang diseleksi melalui jalur akademik yang di peroleh oleh siswa siswi selama di sekaolah.

Jika kalian ingin mengambil jalur PBUSMAK SV UGM ini minimal kalaian harus memiliki prestasi setidaknya kalain menjadi bagian dari 40% siswa terbaik di kelasmu selama semsester satu sampai dengan semester 5 atau samapai semester empat untuk siswa kelas akselerasi(exel)

4) Pendaftaran PBUB SV UGM

PBUB SV UGM merupakan jalur masuk UGM dengan prestasi akademik yang di dukung oleh prestai IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi,olahraga dan seni) seusai program studi yang ia pilih dengan melampirkan serifikat juara yang pernah ia raih.

5) Pendaftaran UTUL UGM

UTUL UGM merupakan ujian masuk universitas dengan jalur tulis, seleksi ini bisa di ikuti oleh seluruh peserta dan untuk jenjang diploma dilakukan denga sitem 2 glombang. Dan peserta yang dapat mendaftar UTUL UGM jenjang di ploma hanyalah siswa dan siswi yang sudah lulus SLTA dan lulusan slta 3 tahun ke belakan di hitung dari tahun ini.

jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang sarjana 


1) Pendftaran SNMPTN

SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negri) merupakan jalur  seleksi nasional yang di peruntukan bagi sekolah sekolah yang di undang untuk mengikuti seleksi masu ke PTN se-indonesia.
Jalur ini din peruntukan bagi siswa dan siswi yang berprestasi di dalam sekolah nya secara stabil pad setiap semster nya.

Siswa-siswi yang berprestasi yang akan mendaftar jalaur SNMPTN haruslah siswa yang di rekomendasikan dari kepala sekolah dengan mengisi data di pdss.snmpt.ac.id setelah siswa tersebut endapat kan rekomendasi barulah mereka bisa mendaftar di alamat www.snmptn.ac.id

Untuk siswa-siswi yang kurang mamapu bisa mendaftar seleksi bidik misi jalur snmptn namun kalian harus mendapatkan kode akses dari sekolah agar bisa melakukan pendaftara, setelajh itu kalian bisa melakkan pendaftaran bidik mkisi jalur snmptn secara mandiri.

2) pendaftaran SBMPTN

SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi nasional) merupakan jalur seleksi yang di tujukan bagi calon mahasiswa yang bekompeten agar mndapatkan mahasiswa yang berkualita, yang di harapkan bisa menyelesaikan pendidikan nya tepat waktu.

Sleksi SBMPTN sendiri di lakukan dengan cara melalui ujian tertulis dan ujian keterampilan (menggunakan komputer) dan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi olahraga dan seni diharuskan mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Sedangkan untuk pendaftaran SBMPTN bisa di lakukan scara online melalui alamt website www.sbmptn.ac.id dan bagi calon peserta SBMPTN yang kurang mapu dapat mengajukan diri unruk mendapatkan bidikmisi dna bidikmisi yang di ikuti adalah bidikmisi jalur SBMPTN.

3) pendaftaran PBUTM UGM

Penelusuran bibit unggul tidak mampu (PBUTM) adalah jalur seleksi untuk siswa-siswi yang tidak mampu namun berprestasi dan dilihat dari gabungan pendapatan orang tua/wali di bagi jumlah anggota keluarga sebesar-besaranya Rp. 750.000,- perbulan nya.

Jika peserta memenuhi syarat yang telah di tentukan maka pesrta tersebuta akankuliah gratis di UGM karena biaya pekuliahan nya akan di tanggung oleh UGM. Dengan catatan akan di evaluasi setiap tahun nya.

4) Pendaftaran PBUK UGM

PBUK UGM merupakan jalur kemitraan antara daerah dan UGM, dengan syarat bahawasananya siswa –siwi yang menerimanya berkomitmen untuk membangun daerahnya dan mereka akan kuliah dengan biaya yang di tanggung oleh pemerintah. Begitu pula dengan kemitran dengan perusahaan sistim hampir sama dengan pemda.

5) Pendaftaran PBUB UGM

PBUB UGM merupakan jalur masuk UGM dengan prestasi akademik yang di dukung oleh prestai IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi,olahraga dan seni) seusai program studi yang ia pilih dengan melampirkan serifikat juara yang pernah ia raih.

6) pendaftaran PBOS UGM

Penelusuran bakat olah raga seni(PBOS) merupakan jalur seleksi yang dio peruntukan bagi siswa-siswi yang pernah menjuarai suatu lomba di bidang olahraga maupun seni di kanca provinsi, nasional, internasional, atau finalis internasional.

7) Pendaftaran UTUL UGM

UTUL UGM merupakan ujian masuk universitas dengan jalur tulis untuk diploma dan sarjana, seleksi ini bisa di ikuti oleh seluruh peserta dan untuk jenjang diploma dilakukan denga sitem 2 glombang. Dan peserta yang dapat mendaftar UTUL UGM jenjang di ploma hanyalah siswa dan siswi yang sudah lulus SLTA dan lulusan slta 3 tahun ke belakan di hitung dari tahun ini.


Jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang profesi

Jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang profesi di buka untuk lulusan sarjana atu minimal ada surat keterangan lulus yudisium dari fakultas.program profesi yang  di buka di UGM hanya dilaksanakan oleh programs tudi tertentu yaitu: Apoteker, Dokter, Dokter Heewan, Dokter Gigi, dan perawat. Dan pendaftaran di lakukan dua kali setahun yaitu pada awal semster ganjil dan awal semester genap.

Jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang pasca sarjana

1) pendaftaran jalur reguler UGM

Seleksi jalue ini di buka untuk menerima mahasiswa baru dengan biaya sendiri dan calon mahasiswa dari masyaraka umung yang sedang mngajukan beasiswa dari berbagai macam beasiswa kementrian RI, dan pelamar BPPDN termasuk kategori di dalam nya.

2) pendaftaran jalur kerjasama UGM
Jalur ini di peruntukan bagi calon mahaiswa yang telah menjadi pegawai yang bekerja pada institusi mitra UGM dan biaya kuliah sudah di tanggung oleh institusi itu sendiri, di buktikan dengan adanya perjanjian (MoU) yang masi berlaku.

3) pendaftaran Jalur internasional UGM
Jalur ini di peruntukan untuk warga negara asing (WNA)

Jalur penerimaan mahasiswa baru program internasional

Jalur penerimaan mahasiswa baru program internasional hanay khusus untuk fakultas serta jenjang progeram berikut:


  • Indonesia student.
  • International undergraduet program (IUP); Faculty of Econimics and Buisness, Faculty of Law (IUP), Faculty of Mtehematics and Natural Sciences, Faculty of Social And Political sciences.
  • International Postgrduate Program(IPP); Faculty of Law(IPP).
  • Foreign Student :Foreign
Catatan!!!
Untuk informasi lebih rinci mengenai penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Diploma, Sarjana, Profesi, Pascasarjana, dan Program internasional bisa lansung kalian akses melalui alamat website um.ugm.ac.id

Dan itu tadi adalah informasi tentang Pendaftaran Universitas Gadjah Mada 2019/2020 yang bisa admin sampaikan, dan admin berharap semoga informasi yang admin berikan dapat membantu dan memecahkan ke bingungan shabat semua agar tidak lagi mengalami kesulitan tentang pendaftaran di UGM.

Semoga apa yang kalian inginkan admin di sisni hanya bisa mendoakan semoga sukses dan di terima di Universitas Gadjah Mada yang sahabat semua dambakan.
 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar